6 Manfaat Argan Oil untuk Rambut

6 Manfaat Argan Oil untuk Rambut

Argan oil merupakan minyak yang diekstraksi dari biji buah pohon argan. Di negara asalnya, Maroko, minyak argan telah digunakan selama berabad-abad untuk memasak, pengobatan kesehatan, dan kecantikan. Tidak hanya itu, argan oil juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Berikut ini manfaat argan oil untuk rambut yang harus dipahami sebelum memulai pengembangannya.

Popularitas dan Nilai Pasar Argan Oil 

Melansir dari Statista, popularitas argan oil di Amerika Serikat terus naik hingga 2025 nanti. Nilai pasar minyak argan AS sebesar 144,8 juta dolar AS pada 2016 dan diperkirakan akan mencapai 819 juta dolar AS atau setara dengan 13 triliun rupiah pada tahun 2025 nanti. Pertumbuhan pasar ini didorong oleh tingginya permintaan dari produk perawatan pribadi dan kosmetik, serta industri medis.

Meningkatnya prevalensi masalah yang berhubungan dengan rambut dan kulit seperti dermatitis, penuaan dini, rambut kering dan rusak, hingga rambut rontok, diperkirakan akan terus menjadi pendorong utama permintaan argan oil. Pertumbuhan pasar ini juga didorong oleh meningkatnya penggunaan minyak argan pada sektor lain, seperti dalam makanan beku, penganan, makanan penutup, permen, dan masih banyak lagi. 

Kandungan Nutrisi Argan Oil

Minyak argan mengandung asam lemak dan berbagai senyawa fenolik, dengan  29–36% kandungan asam lemaknya berasal dari asam linoleat atau omega-6. Komposisi inilah yang menjadikan minyak argan sebagai sumber nutrisi penting yang baik.

Sementara itu, 43–49% dari komposisi asam lemak minyak argan adalah asam oleanolat. Ini merupakan lemak sehat yang juga ditemukan dalam minyak zaitun. Asam oleat ini dikenal memiliki manfaat positif terhadap kesehatan jantung.

Minyak argan juga kaya akan kandungan vitamin E, CoQ10, melatonin, dan sterol yang memiliki sifat antioksidan dan dapat meredakan inflamasi atau peradangan. Minyak ini juga penuh dengan polifenol yang dikenal sebagai flavonoid, senyawa yang bertindak sebagai antioksidan kuat dan membantu memberikan rasa unik pada minyak argan.

Manfaat Argan Oil untuk Rambut

Argan oil merupakan pilihan perawatan rambut yang tepat untuk membuat rambut menjadi sehat dan mudah diatur. Berikut beberapa manfaat argan oil untuk rambut, terutama membantu melindungi dari kerontokan rambut.

  • Melembabkan dan melembutkan rambut

Minyak argan kaya akan asam lemak oleat dan linoleat yang dapat melumasi batang rambut dan membantu menjaga kelembapan rambut. Selain itu,  vitamin E yang terdapat pada minyak argan juga dapat membantu mencegah kekeringan pada rambut.

  • Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Apabila diaplikasikan pada kulit kepala, minyak argan dapat membantu merawat dan memperbaiki kulit kepala, mengurangi rontok yang disebabkan oleh psoriasis dan dermatitis seboroik, serta mengatasi masalah ketombe sebab argan oil memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. 

  • Mencegah kerusakan rambut

Asam lemak linoleat, oleat, dan palmitat dalam argan oil memiliki efek perlindungan yang kuat. Kombinasi ketiganya dapat membantu mencegah kerusakan rambut seperti rambut bercabang dan kering, akibat penataan, pewarnaan, serta penggunaan alat pengering dan pengeriting rambut yang dilakukan berulang kali. 

  • Melindungi dari sinar matahari

Antioksidan dalam minyak argan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar matahari. Manfaat ini juga berlaku untuk kesehatan rambut. Minyak argan membantu melindungi folikel rambut sehingga mencegah kekeringan dan kerusakan lain pada rambut akibat paparan sinar ultraviolet.

  • Meningkatkan elastisitas rambut

Kandungan antioksidan, asam lemak esensial, dan vitamin E yang tinggi dalam minyak argan secara alami membantu meningkatkan elastisitas rambut. Manfaat ini secara tidak langsung dapat membuat rambut yang tadinya kusam dan rusak bisa berkilau kembali.

  • Argan oil untuk rambut rontok

Kadar vitamin E yang tinggi dalam minyak argan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, antioksidan kuat dan asam lemak dalam minyak argan membantu menjaga kelembapan rambut serta melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas maupun penataan gaya rambut. Hal ini secara tidak langsung dapat mencegah kerontokan dan menstimulasi pertumbuhan rambut.

Pengembangan Produk Hair Care dengan Argan Oil

Ada beberapa cara mengaplikasikan manfaat argan oil untuk rambut secara maksimal, seperti  membuat sampo, masker rambut, kondisioner tanpa bilas, maupun produk penataan gaya rambut yang mengandung argan oil. Untuk menciptakan produk perawatan rambut mengandung argan oil yang berkualitas, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Gunakan 100 persen minyak argan organik murni
  • Beri label untuk penggunaan kosmetik
  • Distribusikan dalam botol kaca berwarna gelap untuk menjaga khasiatnya
  • Minyak argan murni untuk keperluan kosmetik seharusnya tidak berbau

Dengan segala aturan tersebut, Smartpreneur perlu mencari maklon skincare tepercaya yang dapat memproduksi minyak argan secara aman, berkualitas, dan sesuai aturan pembuatan yang tepat. Indocare B2B adalah pilihan yang tepat untuk maklon hair care terbaik dengan mengoptimalkan manfaat argan oil. Proses produksi Indocare B2B menggunakan fasilitas yang sesuai standar Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.