Definisi, Mekanisme, dan Manfaat Avobenzone

Definisi, Mekanisme, dan Manfaat Avobenzone

Manfaat avobenzone paling utama adalah melindungi kulit dari efek negatif sinar ultraviolet. Tak heran apabila sering ditemukan kandungan avobenzone dalam sunscreen. Pada dasarnya, avobenzone sendiri tergolong sebagai kandungan sunscreen yang aman. Kendati demikian, penggunaannya dalam pembuatan produk skincare tak lepas dari sejumlah risiko, terutama jika proses manufakturnya tidak sesuai aturan.

Mengenal Avobenzone

Avobenzone adalah molekul organik dan bahan larut minyak yang digunakan dalam produk tabir surya untuk menyerap spektrum penuh sinar UVA. Avobenzone yang memiliki rumus kimia C20 H22 O3 ini stabil pada pH 4.5 hingga 6.5.

Biasanya, bentuk avobenzone murni berupa bubuk kristal keputihan atau kekuningan dengan bau samar. Sifat avobenzone adalah larut dalam minyak, seperti isopropanol, desil oleat, dimetil sulfoksida, trigliserida, asam kaprat/kaprilat, dan minyak lainnya. Namun, avobenzone tidak larut dalam air.

Avobenzone adalah turunan dibenzoylmethane yang memiliki kemampuan menyerap sinar ultraviolet hingga rentang panjang gelombang dengan spektrum lebih luas. Dibandingkan bahan pembuatan tabir surya lainnya, avobenzone jelas lebih unggul. Inilah yang membuat banyak produsen menggunakannya untuk produk komersial, yakni tabir surya. 

Amankah Avobenzone?

Avobenzone adalah bahan aktif tabir surya berbahan dasar minyak bumi yang diciptakan pada 1973. Kandungan ini baru disetujui dan dinyatakan aman sebagai filter UVA oleh US Food and Drug Administration (FDA) pada tahun 1988 dengan batas konsentrasi maksimal hingga 3%. Khusus di wilayah Uni Eropa, batas konsentrasi maksimal avobenzone dalam sunscreen yang diperbolehkan adalah 5%. 

Mekanisme Avobenzone dalam Melindungi Kulit dari Sinar UV

Avobenzone dikenal luas sebagai bahan tabir surya kimia yang membantu melindungi kulit dari sinar berbahaya dengan cara menyerap sinar UVA. Mengingat avobenzone sangat sensitif terhadap cahaya diperlukan tambahan photostabilizer untuk meningkatkan stabilitas dan durasi pakainya. 

Lantaran memiliki penyerapan maksimal mencapai 357 nm, avobenzone dapat memblokir ultraviolet tipe UVA I, UVA II, hingga UVB. Artinya, avobenzone mampu memberikan perlindungan penuh pada wajah.

Mekanisme tersebut tidak hanya membatasi dampak sinar UV pada kulit, melainkan juga mengurangi masuknya sinar ultraviolet melalui jaringan epidermis dengan menyerap radiasi UV kemudian mengubahnya menjadi energi panas yang aman untuk kulit.

Manfaat Avobenzone untuk Kulit

Kandungan avobenzone dalam sunscreen berguna untuk mencegah kulit terpapar langsung dengan sinar ultraviolet. Meskipun demikian, terdapat beberapa manfaat avobenzone lainnya yang tak kalah bagus, yakni:

  • Melindungi Kulit: avobenzone berfungsi sebagai filter sinar UV. Penggunaan avobenzone efektif melindungi kulit. 
  • Mengurangi Kerusakan Kulit: selain membatasi paparan sinar ultraviolet, penggunaan avobenzone dapat membantu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari jangka panjang, seperti penuaan dini dan kanker kulit.
  • Mencegah Hiperpigmentasi: sebagai filter UVA, avobenzone dapat mencegah masalah hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih.

Pertimbangan Penggunaan Avobenzone

Sebelum menggunakan avobenzone pada produk skincare, perlu dipahami bahwa penggunaannya juga memiliki risiko dan efek samping bagi kesehatan kulit. Untuk mencegah hal ini, gunakan avobenzone dalam batas wajar sesuai anjuran.

Penggunaan avobenzone melebihi batas maksimal konsentrasi dapat menyebabkan alergi, iritasi kulit, kulit kering, pusing, mual, hingga muntah. Perlu dipahami juga bahwa avobenzone akan kehilangan kemampuan menyerap sinar UV ketika berada di bawah sinar UV. Oleh karena itu, diperlukan penambahan foto stabilisator dan antioksidan untuk mempertahankan struktur kimianya. 

Avobenzone dinilai lebih unggul dari bahan pembuatan sunscreen lainnya karena mampu memberikan perlindungan selama beberapa jam dari bahaya sinar UV. Dengan begitu, pengaplikasian produk tidak perlu dilakukan secara terus-menerus. 

Lantaran tetap stabil pada rentang pH yang cukup luas, avobenzone cocok digunakan untuk berbagai produk kecantikan dan perawatan wajah. Untuk mengoptimalkan manfaat avobenzone, bahan ini harus dikombinasikan dengan filter UV lainnya. 

Salah satunya adalah oxybenzone. Tujuannya untuk meningkatkan nilai SPF dan memberikan perlindungan dengan spektrum lebih luas terhadap sinar UVA dan UVB. Adapun beberapa bahan yang aman dikombinasikan dengan avobenzone, antara lain:

  • Oxybenzone
  • Octinoxate
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Niacinamide
  • Hyaluronic acid 
  • Glycerin 
  • Dimethicone 

Bahan yang tidak boleh dicampur dengan avobenzone, antara lain:

  • Benzophenone
  • Benzoyl peroxide
  • Homosalate 
  • Retinol 
  • Cinoxate

Adapun jenis produk cocok diproduksi menggunakan avobenzone, antara lain:

  • Tabir surya
  • Pelembap
  • Foundation
  • Lip balm
  • Krim mata

Demikianlah informasi mengenai manfaat avobenzone yang perlu dipahami sebelum mulai mengembangkan produk. Lantaran tergolong sebagai kandungan sunscreen yang aman, Smartpreneur bisa memanfaatkan avobenzone untuk menciptakan produk skincare, mulai dari sunscreen, pelembap, hingga krim mata. 

Untuk menghasilkan produk skincare terbaik, tersedia layanan maklon skincare Indocare B2B. Tak hanya menyediakan bahan pilihan terbaik, Smartpreneur juga akan mendapat dukungan dari R&D komprehensif. Dengan begitu, Smartpreneur akan mendapatkan produk berkualitas tinggi, termasuk produk yang mengandalkan manfaat avobenzone

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.