Manfaat Benzyl Alcohol dalam Skincare serta Efek Sampingnya

Manfaat Benzyl Alcohol dalam Skincare serta Efek Sampingnya

Berbagai jenis alkohol memiliki kegunaan spesifik dalam produk skincare, salah satunya benzyl alcohol. Manfaat benzyl alcohol dalam produk perawatan kulit cukup bervariasi, mulai dari tekstur hingga daya tahan produk. 

Namun, meski benzyl alcohol tergolong bahan produk skincare yang umum, Smartpreneur sebaiknya mengetahui karakteristik dan manfaatnya sebelum menggunakannya untuk produksi.

Apa Itu Benzyl Alcohol?

Benzyl alcohol adalah alkohol aromatik yang biasanya hadir dalam bentuk cairan bening. Alkohol dengan komponen kimia C6H5CH2OH ini bisa larut di dalam air, dan ciri khasnya adalah aroma yang sedikit manis atau mirip buah.

Benzyl alcohol merupakan komponen alami dari berbagai jenis tanaman dan buah-buahan, seperti apel, aprikot, kokoa, dan aneka jamur. Alkohol ini juga bisa ditemukan dalam minyak hasil ekstraksi bunga melati dan kenanga.

Peran Benzyl Alcohol dalam Formulasi Skincare

Manfaat benzyl alcohol dalam produk skincare ada beberapa, yaitu:

  • Pengawet

Benzyl alcohol dikenal sebagai pengawet organik untuk berbagai produk skincare atau kosmetik. Alkohol ini digunakan dalam jumlah kecil untuk menjaga produk agar tahan lama dan tidak cepat merusak produk dan membuatnya memiliki aroma tidak sedap. Benzyl alcohol membunuh bakteri dan jamur yang bertanggung jawab membuat produk cepat rusak.

Benzyl alcohol biasanya ditemukan dalam produk seperti sabun wajah, lip balm, krim pelembap, dan parfum. Tergantung kebijakan produsen dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), alkohol ini mungkin ditulis dengan phenylcarbinol atau benzene methanol pada daftar komposisi di kemasan produk.

  • Pengurang Kekentalan

Manfaat benzyl alcohol juga bekerja sebagai pengurang viskositas atau kekentalan. Bahan ini ditambahkan jika suatu produk terlalu kental sehingga sulit dituang atau diaplikasikan. Hal ini membantu menciptakan tekstur produk yang tepat sesuai penggunaan dan manfaatnya.

  • Pelarut

Benzyl alcohol juga berfungsi sebagai alkohol pelarut (solvent). Manfaatnya dalam jumlah kecil adalah membantu melarutkan campuran bahan demi menjaga teksturnya. Pelarut juga memastikan agar produk tidak terpisah dan bahan aktifnya bisa meresap secara efektif ke lapisan kulit.

  • Pewangi Alami

Manfaat benzyl alcohol berikutnya datang dari aroma alaminya yang cenderung manis. Alkohol ini memberi sedikit wewangian pada produk skincare dan kosmetik. Aromanya cukup ringan dan sekilas mirip buah atau bunga sehingga cocok sebagai tambahan bagi produk perawatan kulit, tanpa perlu menggunakan parfum atau fragrance.

  • Manfaat Antioksidan

Benzyl alcohol memiliki khasiat sebagai antioksidan. Penambahan sedikit benzyl alcohol pada produk skincare bisa berkontribusi terhadap kesehatan kulit. Contohnya adalah perlindungan terhadap efek radikal bebas.

Apakah Benzyl Alcohol Aman Digunakan?

Secara umum, benzyl alcohol adalah bahan yang aman digunakan untuk skincare dan kosmetik selama penggunaannya sesuai ketentuan. Jumlah aman untuk mendapat manfaat benzyl alcohol adalah konsentrasi maksimal 5% dalam produk skincare atau kosmetik dan 10% untuk cat rambut.

Apakah ada risiko penggunaan benzyl alcohol pada kulit? Ada beberapa efek samping yang mungkin muncul pada pengguna dengan kondisi kulit tertentu, contohnya:

  • Risiko Iritasi dan Gatal-gatal

Benzyl alcohol adalah alkohol pelarut (solvent) yang sifatnya lebih keras dari alkohol lemak (fatty alcohol). Kulit yang sangat kering atau sensitif mungkin bisa menunjukkan reaksi setelah bersentuhan dengan benzyl alcohol. Contoh reaksi yang umum adalah kemerahan dan gatal-gatal.

  • Reaksi Alergi

Reaksi alergi sangat jarang terjadi pada produk dengan kandungan benzyl alcohol. Namun jika terjadi, gejala yang mungkin muncul termasuk pembengkakan dan ruam-ruam. Pengguna produk yang mengalami hal ini biasanya disarankan untuk menemui dokter dan melakukan tes alergi jika reaksi langka ini terjadi.

Meski begitu, tidak selalu benzyl alcohol yang menjadi penyebabnya. Berbagai bahan dalam produk skincare dan kosmetik juga memiliki potensi untuk menyebabkan reaksi alergi, yang bisa dipengaruhi oleh kondisi kulit pemakainya.

  • Risiko Jangka Panjang

Produk kulit biasa dengan kandungan benzyl alcohol yang wajar biasanya aman digunakan dalam jangka waktu lama. Risiko jangka panjang biasanya hanya hadir jika produk digunakan dengan cara tidak sesuai ketentuan, misalnya ditelan dalam jumlah besar dan dalam waktu lama. 

Dari segi kehalalan, benzyl alcohol telah dinyatakan sebagai komponen halal dalam industri skincare dan kosmetik di Indonesia. Benzyl alcohol tercantum dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 1360 Tahun 2021 sebagai daftar bahan kimia yang diolah dari bahan alami atau sintetik,  dan sifatnya tidak sama dengan jenis yang diminum. Syaratnya, proses pembuatannya harus aman, tidak merugikan pemakai, dan tidak ditambah bahan lain yang sifatnya haram.

Pengecualian dari semua itu adalah penggunaan benzyl alcohol yang proses pengolahannya kurang berkualitas. Produk akhir yang kurang bermutu bisa mempengaruhi komposisi dan efek produk pada kulit pemakai. Jadi, bekerja sama dengan produsen yang sudah berpengalaman dalam proses manufaktur alkohol dapat mencegah risiko yang bisa ditimbulkan oleh alkohol ini. 

Benzyl alcohol memiliki banyak kegunaan dalam industri kosmetik termasuk skincare dan personal care. Selain sebagai pengawet, manfaat benzyl alcohol meliputi tekstur dan kualitas produk. Smartpreneur, jangan ragu mempertimbangkan benzyl alcohol sebagai salah satu komponen penting dalam aktivitas produksi produksi skincare bersama Indocare B2B. 

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.