Manfaat BHA untuk Kulit, Eksfolian yang Lembut dan Efektif

Manfaat BHA untuk Kulit, Eksfolian yang Lembut dan Efektif

Eksfoliasi menjadi solusi dalam upaya menjaga kulit agar terlihat lebih muda dan sehat. Ada banyak jenis kandungan bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai eksfolian. Salah satunya melalui manfaat BHA untuk kulit.

Apa Itu BHA

BHA (Beta Hydroxy Acid) merupakan senyawa asam larut lemak yang sering digunakan sebagai kandungan eksfolian dalam produk perawatan kulit. Pemakaiannya pun dapat ditemukan dalam berbagai produk, termasuk di antaranya adalah masker wajah, toner, pelembap, serta pembersih wajah.

BHA termasuk dalam kategori bahan eksfolian kimia yang relatif memiliki sifat lebih lembut dibandingkan eksfolian fisik. Penggunaan BHA juga menawarkan kelebihan lain dibandingkan eksfolian kimia lain karena dapat menyerap masuk sampai ke folikel kulit, mengurangi kadar minyak berlebih dan mengatasi masalah penyumbatan pori-pori kulit.

Dengan kemampuannya tersebut, BHA mampu membuat kulit jadi lebih bersih. Pemakaiannya memberikan manfaat dalam menjaga kulit lebih sehat dan membantu dalam mencegah munculnya jerawat. 

Di pasar, manfaat BHA untuk kulit berbeda tergantung jenisnya. Beberapa jenis BHA yang umum digunakan untuk produk perawatan kulit di antaranya adalah:

  • Salicylic acid
  • Tropic acid
  • Trethocanic acid
  • Beta hydroxybutyric acid

Hanya saja, jenis senyawa BHA yang paling sering digunakan dalam produk kecantikan adalah salicylic acid. Penggunaannya dalam produk kecantikan pun sudah mendapatkan persetujuan dari FDA Amerika Serikat, aman serta tidak menimbulkan efek samping.

Di Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menetapkan pemakaian kadar salicylic acid dalam produk kecantikan tak boleh lebih dari 0,5%. Penggunaannya pun tak diperbolehkan untuk produk anak-anak di bawah usia 3 tahun. 

Selain itu, pemakaian produk perawatan kulit dengan kandungan BHA sangat sesuai untuk jenis kulit berminyak dan sensitif. Untuk konsumen yang mempunyai masalah kulit kering, tidak disarankan untuk memakai kandungan bahan ini, karena akan membuat kulit jadi lebih kering. 

Manfaat BHA untuk Kulit 

Penggunaan produk perawatan kulit yang mempunyai kandungan BHA bisa memberikan berbagai manfaat, termasuk: 

1. Membantu Proses Peremajaan Kulit

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari kandungan BHA adalah kulit yang terlihat lebih muda. Bahan eksfolian BHA membantu terjadinya proses eksfoliasi dengan membersihkan sel kulit mati serta kotoran di kulit secara menyeluruh. Hal ini akan membantu proses regenerasi kulit. 

2. Menyamarkan Kerutan 

Manfaat BHA untuk kulit yang berikutnya adalah mengatasi masalah penuaan dini. Penggunaan kandungan BHA dalam produk skincare dapat membantu memperbaiki tekstur serta mengencangkannya. Dengan begitu, kerutan serta garis-garis halus pada kulit dapat tersamarkan.

3. Mencegah Munculnya Jerawat

BHA dapat pula membantu dalam melakukan pencegahan terhadap kemunculan jerawat. Manfaat ini bisa didapatkan karena peran BHA sebagai eksfolian membantu dalam membersihkan kotoran serta sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit. 

Selain itu, manfaat BHA dalam mencegah munculnya jerawat juga berkaitan erat dengan kemampuannya dalam mengurangi produksi sebum. Oleh karena itu, tak heran kalau pemakaian BHA sangat disarankan bagi mereka yang punya kulit berminyak. 

4. Mengecilkan Ukuran Pori-pori Kulit

Kandungan BHA bisa memberikan manfaat bagi konsumen yang punya masalah pori-pori kulit besar. BHA membantu menyamarkan ukuran pori-pori kulit. Hal ini terjadi karena BHA mampu membersihkan sampai ke bagian dalam pori-pori sehingga membuatnya terlihat lebih kecil.

5. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat BHA untuk kulit yang tidak kalah penting adalah membantu dalam mengatasi masalah hiperpigmentasi, khususnya yang disebabkan oleh jerawat atau paparan sinar matahari. Dengan begitu, warna kulit terlihat lebih cerah dan merata. 

Skincare dengan Kandungan BHA

Penggunaan produk skincare dengan mengoptimalkan manfaat BHA untuk kulit bisa ditemukan hampir segala jenis produk perawatan kulit. Termasuk di antaranya adalah toner, cleanser, serum, krim mata serta moisturizer

Hanya saja, Anda perlu mencantumkan cara pakai yang tepat dalam produk skincare dengan kandungan BHA. Sarankan kepada konsumen untuk menghindari pemakaian eksfolian BHA secara bersamaan dengan produk yang memiliki efek serupa. Cara penggunaan seperti itu berisiko menimbulkan iritasi pada kulit.

Peluang Bisnis Skincare BHA

Mengingat begitu besarnya manfaat BHA untuk kulit, tak heran jika banyak Smartpreneur yang tertarik untuk memanfaatkan peluang bisnis ini. Dengan kandungan BHA, Smartpreneur bisa menyediakan produk dengan manfaat nyata dan tanpa efek samping berbahaya. 

Pemakaian bahan-bahan alami yang aman dan tanpa efek samping saat ini memang sangat penting. Apalagi, konsumen memiliki kebiasaan cermat dalam menentukan pilihan. Konsumen pun mempunyai kecenderungan untuk menghindari kandungan bahan-bahan berbahaya seperti merkuri, paraben, maupun phthalates.

Indocare B2B menyediakan solusi untuk membantu Smartpreneur yang ingin memiliki bisnis skincare dengan kandungan BHA yang aman untuk kulit. Indocare B2B mempunyai layanan maklon produk skincare yang membantu Smartpreneur dalam menjalankan proses pengembangan produk, produksi, dan sekaligus pengemasan. 

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.