Mengenal Manfaat Cetyl Alcohol untuk Kulit Wajah

Mengenal Manfaat Cetyl Alcohol untuk Kulit Wajah

Cetyl alcohol adalah salah satu jenis alkohol yang populer untuk berbagai produk kulit. Manfaat cetyl alcohol pun beragam sehingga penggunaannya cukup luas dalam industri skincare dan kosmetik. Memahami karakteristik cetyl alcohol serta penggunaannya akan membantu dalam merancang produk kecantikan dengan tepat dan sesuai untuk pasar serta objektif merek. 

Definisi dan Sifat Kimia Cetyl Alcohol

Cetyl alcohol merupakan jenis alkohol lemak (fatty alcohol), yaitu alkohol bermolekul panjang yang diekstrak dari lemak alami. Alkohol ini memiliki formula CH3(CH2)15OH dan namanya berasal dari kata Latin cetus (paus) karena awalnya diperoleh dari lemak paus. Kini, cetyl alcohol bisa diekstrak dari bahan organik seperti aneka tumbuhan atau diproduksi secara sintetis.

Cetyl alcohol biasanya dijual untuk bisnis dalam bentuk butiran kecil atau serbuk berwarna putih. Teksturnya mirip lilin dengan aroma serupa yang samar. Cetyl alcohol tidak bisa larut dalam air, tetapi bisa dilarutkan dengan minyak atau alkohol.

Manfaat dan Peran Cetyl Alcohol

Manfaat cetyl alcohol sangat beragam dan dimanfaatkan dalam berbagai industri, termasuk produk skincare. Inilah beberapa contoh penggunaannya:

  • Melembapkan Kulit

Menjaga kelembapan kulit merupakan salah satu fungsi utama penambahan cetyl alcohol ke produk skincare. Alkohol ini biasanya digunakan untuk membuat body lotion, krim wajah, krim tangan, dan sabun dengan kandungan melembapkan. Kandungan cetyl alcohol membentuk lapisan tipis di atas kulit yang akan mengunci kelembapan alaminya.

Cetyl alcohol juga bisa ditemukan dalam krim dan losion khusus kulit kering, gatal, dan iritasi. Selain produk kecantikan dan perawatan kulit biasa, cetyl alcohol ada dalam produk untuk ruam popok atau iritasi kulit bekas terapi radiasi.

  • Menjaga Tekstur Produk 

Manfaat cetyl alcohol dalam industri skincare dan kecantikan erat kaitannya dengan tekstur produk. Alkohol lemak ini mampu menjaga kekentalan dan tekstur produk sehingga mudah dioleskan, awet, dan tidak terpisah atau menggumpal dalam kemasannya. Cetyl alcohol juga berfungsi menjaga stabilitas busa dalam produk seperti sabun wajah dan badan serta sampo

Fungsi ini juga terlihat dalam produk kosmetik seperti bedak padat dan foundation. Cetyl alcohol membuat produk tersebut terasa lembut, mudah dioleskan, dan tidak menggumpal atau berubah warna.

  • Berfungsi sebagai Agen Pengental

Cetyl alcohol merupakan agen pengental (opacifying agent) dalam produk seperti sabun cair dan sampo. Fungsinya adalah menjaga agar produk kental tetap terlihat keruh, tidak menguning (jika warnanya putih), dan terasa lembut di kulit.

Cetyl alcohol adalah bahan yang aman untuk dicampurkan ke dalam produk seperti kosmetik dan skincare. Hal ini telah disetujui oleh berbagai badan resmi terkait makanan, produk, dan obat-obatan seperti Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat. 

Penderita eksim mungkin bisa mengalami reaksi alergi terhadap produk dengan cetyl alcohol, misalnya gatal-gatal, kemerahan, dan iritasi. Akan tetapi, hal ini lebih terkait dengan penggunaan cetyl alcohol yang tidak murni, bukan produk alkohol itu sendiri. Jadi, pastikan produk yang Smartpreneur pesan telah melalui proses pemurnian optimal.

Status Cetyl Alcohol Menurut BPJPH

Menurut Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), alkohol bisa digunakan untuk produk seperti antiseptik, kosmetik, dan perawatan kulit. Syaratnya, alkohol tersebut tidak boleh berasal dari pengolahan minuman keras. Proses pengolahannya juga harus aman dan tidak mengandung bahan haram atau berbahaya.

Penggunaan cetyl alcohol juga sudah diatur dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 1360 Tahun 2021. Dalam ketentuan ini, cetyl alcohol atau setil alkohol dikategorikan sebagai produk kimiawi yang diolah dari sumber alami atau sintetis. Statusnya termasuk boleh digunakan, tidak berbahaya, dan bisa dikecualikan dari kewajiban menyantumkan label Halal.

Pengembangan Produk Skincare dengan Cetyl Alcohol

Cetyl alcohol adalah jenis alkohol yang tepat untuk membuat produk khusus kulit kering. Smartpreneur bisa menggunakannya untuk memproduksi body lotion, pelembap wajah, sabun pembersih muka, krim tangan dan tumit, serta susu pembersih.

Gunakan pengaturan komposisi untuk menciptakan tekstur produk sesuai keinginan. Karena cetyl alcohol merupakan pengemulsi, Smartpreneur bisa mengatur komposisi alkohol, air, konsentrat surfaktan, dan bahan-bahan lainnya. Hasilnya, produk bisa menjadi kental dan keruh atau sedikit lebih bening dan cair sesuai kebutuhan.

Untuk mengurangi risiko seperti reaksi alergi, pastikan Smartpreneur menemukan distributor cetyl alcohol tepercaya. Kerja sama dengan Indocare B2B adalah contoh cara membuat produk skincare dengan bahan baku bermutu. Proses ekstraksi berstandar tinggi memastikan hasil akhirnya lebih murni dan tidak menimbulkan reaksi pada kulit sensitif.

Sebagai tipe alkohol lemak, cetyl alcohol ideal untuk membuat produk bagi kulit kering. Manfaat cetyl alcohol yang membantu melembapkan kulit kering menjadikannya salah satu bahan ideal untuk membuat produk skincare. Pertimbangkan menggunakan cetyl alcohol berkualitas dalam pembuatan produk, misalnya bekerja sama dengan Indocare B2B, agar Smartpreneur bisa memberikan jaminan mutu bagi konsumen.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.