Manfaat Cocoa Butter untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Cocoa Butter untuk Kesehatan Kulit

Bicara tentang cocoa butter, hal yang terlintas pertama kali di pikiran kemungkinan besar adalah makanan. Hal ini cukup lumrah, mengingat cocoa butter memang termasuk salah satu bahan makanan yang populer. Namun, manfaat cocoa butter tidak berhenti di situ. Pemakaiannya bisa pula memberikan manfaat berupa kulit yang sehat dan cerah.

Apa itu Cocoa Butter?

Cocoa butter merupakan jenis lemak nabati yang proses pembuatannya berasal dari biji cokelat atau kakao. Proses pembuatannya berlangsung dengan melakukan fermentasi biji, pengeringan, dan pemanggangan. Setelah itu, biji kakao akan digiling sehingga dapat dipisahkan dari massa kakao, yang populer disebut dengan bubuk kakao.

Nutrisi dalam Cocoa Butter

Cocoa butter termasuk jenis bahan yang memiliki kandungan banyak nutrisi. Beberapa jenis nutrisi yang ada di dalamnya antara lain adalah:

1. Polifenol

Biji kakao termasuk bahan alami yang mempunyai kandungan polifenol tinggi. Kandungan polifenol memiliki manfaat besar untuk kesehatan tubuh. Tidak cuma berperan besar dalam melakukan pencegahan kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Keberadaannya juga memiliki manfaat dalam menjaga imun tubuh. 

2. Asam Lemak Sehat

Cocoa butter mempunyai kandungan asam lemak yang terdiri dari 3 jenis, yakni SAFA (saturated fatty acid), MUFA (monounsaturated fatty acid), dan PUFA (polyunsaturated acid). Hampir 60% di antaranya berupa SAFA (palmitat, miristat, stearat, dan laurat). Sementara 35% berupa MUFA (asam oleat) dan 1% PUFA (asam linoleat).

3. Nutrisi lain

Selain itu, ada beberapa kandungan nutrisi lain dalam jumlah kecil yang ada pada cocoa butter. Kandungan nutrisi lainnya tersebut di antaranya adalah vitamin E, vitamin K, potassium, fosfor, zinc, dan magnesium.

Manfaat Cocoa Butter untuk Kulit

Dengan kandungan nutrisi yang begitu banyak tersebut, ada berbagai manfaat cocoa butter untuk perawatan kulit. Pemakaiannya secara khusus memberikan manfaat lebih besar bagi mereka yang punya permasalahan dengan kulit kering. 

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari cocoa butter untuk kulit, termasuk: 

1. Menjaga Hidrasi Kulit agar Tetap Lembap

Manfaat cocoa butter untuk kulit yang paling utama adalah kemampuannya dalam menjaga hidrasi kulit. Kandungan berbagai jenis asam lemak yang ada di dalamnya memberikan manfaat dalam menjaga kulit agar tetap tetap lembap.

Dengan kelembapan yang terjaga dengan baik, kulit menjadi lebih sehat. Kandungan air yang cukup dalam kulit membuatnya mampu menyerap nutrisi secara maksimal. Selain itu, kulit lembap juga memiliki elastisitas tinggi dan lebih kenyal. 

2. Membantu Proses Penyembuhan Kulit

Pemakaian cocoa butter sering dijumpai sebagai salah satu komposisi bahan produk perawatan topikal. Penggunaannya secara khusus berguna untuk penanganan masalah dermatitis dan eksim. Pemakaiannya pun bisa meringankan rasa gatal dan mempercepat proses penyembuhan sel kulit. 

3. Mencegah Munculnya Tanda-tanda Penuaan Dini

Kandungan antioksidan serta vitamin E di dalamnya, membuat manfaat cocoa butter untuk kulit sangatlah penting. Antioksidan memiliki peran penting dalam mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan. Dengan begitu, kulit terlihat lebih muda dan cantik.

4. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Sinar UV

Paparan sinar ultraviolet dapat menimbulkan berbagai kerusakan kulit. Jika terus-menerus terkena paparan sinar matahari, kulit dapat mengalami perubahan tekstur. Selain itu, sel kulit juga akan mengalami kerusakan dan bahkan berisiko terkena kanker kulit. 

Polifenol yang termasuk sebagai salah satu jenis senyawa fitokimia memiliki peran besar dalam menjaga kulit dari paparan sinar UV. Senyawa kimia ini memiliki kemampuan dalam melindungi kulit dan sekaligus menurunkan risiko terkena penyakit kulit, termasuk kanker kulit.

5. Menjaga Elastisitas Kulit

Cocoa butter mempunyai kandungan asam lemak yang sangat tinggi. Kandungan tersebut menjadikannya sebagai bahan yang efektif dalam menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Dengan begitu, kulit terlihat lebih muda. 

Bisnis Skincare dengan Cocoa Butter

Dengan segudang keuntungan yang ditawarkan bagi kesehatan kulit, tidaklah mengherankan bahwa bisnis skincare yang memanfaatkan cocoa butter sangat menonjol sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Terutama mengingat tingginya permintaan produk skincare di Indonesia. 

Fenomena pertumbuhan bisnis skincare di negeri ini menjadi hal yang tak terelakkan. Sehubungan dengan tren ini, ada tiga aspek kunci yang perlu menjadi fokus utama bagi para Smartpreneur:

  • Kecantikan adalah salah satu bentuk investasi. Oleh karena itu, banyak wanita bahkan pria Indonesia berlomba-lomba untuk bisa tampil cantik dan menarik. 
  • Bahan alami seperti cocoa butter menjadi pertimbangan utama bagi konsumen produk skincare di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari meningkatnya kesadaran konsumen terhadap produk perawatan kulit yang aman dan natural. 
  • Tak kalah penting, Smartpreneur harus mengedepankan aspek halal dalam produk perawatan kulit. Apalagi, masyarakat Indonesia sebagian besar adalah muslim.

Untuk menjawab tantangan dalam bisnis skincare, Smartpreneur dapat menggunakan solusi maklon Indocare B2B. Indocare B2B memiliki layanan profesional dalam memproduksi skincare yang sesuai dengan kebutuhan pangsa pasar di Indonesia dengan tetap memperhatikan aspek keamanannya. 

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.