Mengenal Cysteamine dan Manfaatnya untuk Kulit

Mengenal Cysteamine dan Manfaatnya untuk Kulit

Cysteamine adalah kandungan dalam skincare yang terkenal untuk mencerahkan dan mengatasi hiperpigmentasi kulit. Kandungan ini mulai banyak beredar di tahun 2023. Namun apakah dia lebih baik dibanding kandungan pencerah lainnya? Baca selengkapnya di bawah ini. 

Artikel ini dipersembahkan oleh Indocare B2B, perusahaan maklon kosmetik yang berpengalaman selama lebih dari 20 tahun menciptakan dan mengembangkan produk skincare dan kosmetik lokal.

Mengenal Cysteamine

Cysteamine atau dalam bahasa Indonesia disebut juga sistein, adalah senyawa kimia yang ada dalam tubuh manusia dan juga dapat diperoleh dari berbagai sumber alami. Senyawa ini semakin dikenal di industri kecantikan di Indonesia karena beragam manfaatnya untuk kulit. 

Tetapi pada produk kecantikan seperti skincare dan kosmetik, kandungan sistein berasal dari hasil sintesis kimia dan diproduksi di laboratorium. Hal ini dilakukan untuk memastikan kemurniannya dan konsistensi dalam formulasi produk skincare. 

Kelebihan Cysteamine untuk Kulit

Cysteamine seringkali dibandingkan dengan kandungan seperti hydroquinone hingga Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA). 

Meskipun manfaatnya hampir mirip dengan eksfolian di atas, sistein tidak dianggap sebagai eksfolian atau bahan yang dapat mengeksfoliasi kulit. Oleh karena itu, sistein dianggap lebih lembut dan rendah risiko inflamasi pada kulit. 

Untuk lebih lanjut, berikut ini manfaat dan kelebihan kandungan cysteamine untuk kulit wajah:

  • Mengurangi Hiperpigmentasi

Salah satu keunggulan utama yang banyak dicari oleh konsumen adalah bahwa cysteamine dapat mengurangi hiperpigmentasi, termasuk noda hitam dan melasma. Sifat antioksidan sistein akan melindungi kulit dari bahaya radikal bebas sinar UV, yang menjadi salah satu penyebab pembentukan hiperpigmentasi. 

Riset telah membuktikan bahwa krim perawatan kulit yang mengandung cysteamine 5% efektif dalam mengurangi hiperpigmentasi seperti noda hitam dan melasma. 

  • Perawatan Antiaging

Antioksidan pada sistein juga dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang merupakan salah satu penyebab penuaan kulit. Hidrasi dan kelembapan yang diberikan oleh sistein juga dapat menjaga elastisitas kulit, mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan. 

  • Pilihan untuk Kulit Sensitif

Produk skincare yang mengandung cysteamine dapat memberikan manfaat perawatan kulit tanpa potensi iritasi dan peradangan, sehingga sangat cocok untuk kulit sensitif. 

Sistein juga membantu menjaga keseimbangan kulit dan dapat merawat semua jenis kulit tanpa khawatir tentang efek samping yang mungkin terjadi. 

  • Lebih Lembut Dibanding yang Lain

Cysteamine juga lebih lembut dibanding kandungan lainnya seperti hydroquinone dan AHA/BHA, yang seringkali menimbulkan iritasi pada kulit, terutama pada kulit sensitif. 

Sistein muncul sebagai solusi yang lebih lembut yang tetap memberikan manfaat pada kulit tanpa risiko iritasi. 

  • Penggunaan Jangka Panjang

Sistein adalah salah satu kandungan skincare yang dianggap aman untuk penggunaan jangka panjang. Ini dipengaruhi oleh sifatnya yang lebih lembut dan ringan, dan cocok untuk kulit sensitif. 

Meskipun begitu, penggunaan cysteamine perlu hati-hati pada kelompok ibu hamil dan menyusui. 

Produk Kosmetik yang Menggunakan Cysteamine

Berikut ini adalah beberapa jenis produk perawatan kulit di pasaran yang dapat menggunakan cysteamine:

  1. Masker Wajah: Masker wajah yang mengandung cysteamine dapat memberikan perawatan mendalam yang membantu menyegarkan dan meremajakan kulit.
  2. Serum Wajah: Serum yang mengandung cysteamine sering digunakan sebagai langkah awal dalam rutinitas perawatan kulit. Ini membantu menyediakan manfaat antioksidan dan pengelupasan yang bermanfaat untuk kulit.
  3. Peeling: Produk peeling atau eksfoliasi yang mengandung cysteamine membantu menghilangkan lapisan atas sel-sel kulit mati, mengungkapkan kulit yang lebih cerah di bawahnya.
  4. Pelembap: Pelembab atau moisturizer yang mengandung cysteamine dapat memberikan manfaat antipenuaan dan perlindungan sepanjang hari.
  5. Krim Malam: Produk perawatan kulit malam yang mengandung cysteamine dapat membantu memperbaiki dan meregenerasi kulit saat tidur. Ini adalah waktu yang ideal untuk perawatan kulit yang lebih intensif.

Kelebihan Bekerja Sama dengan Maklon Skincare

Keberhasilan tidak hanya terletak pada produk skincare cysteamine yang berkualitas, tetapi juga pada efisiensi proses produksi dan pemasaran.

Salah satu strategi yang semakin populer dalam bisnis skincare ini adalah bekerja sama dengan maklon skincare.

Maklon adalah perusahaan yang menyediakan layanan produksi dan formulasi produk skincare atas nama merek Anda.

Berikut ini beberapa kelebihan bekerja sama dengan maklon skincare cysteamine.

1. Efisiensi Biaya

Bekerja sama dengan maklon skincare juga dapat menghemat biaya produksi Anda.

Maklon sering memiliki skala ekonomi yang lebih besar, yang dapat mengurangi biaya pembelian bahan baku dan produksi.

2. Expert di Bidang Formulasi dan Produksi

Salah satu keuntungan utama bekerja sama dengan maklon skincare adalah Anda dapat mengakses keahlian mereka dalam formulasi dan produksi produk skincare mengandung cysteamine.

3. Risiko Kecil dalam Mengembangkan Produk

Saat bekerjasama dengan maklon, Anda memiliki fleksibilitas untuk menguji dan mengembangkan berbagai formulasi produk skincare tanpa harus menghadapi risiko yang tinggi.

Anda juga dapat mencoba berbagai inovasi produk, tanpa harus menginvestasikan banyak sumber daya untuk produksi.

4. Memudahkan Mengurus Perizinan Produk

Dengan bekerja sama dengan maklon, Anda dapat fokus pada inti bisnis, seperti pengembangan merek, pemasaran, dan distribusi.

Sebab maklon dapat membantu Anda dalam mengurus perizinan produk BPOM, dan juga hal lainnya.

Ini memungkinkan Anda untuk menghemat waktu dan sumber daya yang dapat dialokasikan untuk pertumbuhan bisnis Anda.

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.