Serum Kolagen: Manfaat dan Peluang Bisnisnya di Indonesia

Serum Kolagen: Manfaat dan Peluang Bisnisnya di Indonesia

Ketika sedang mencari skincare terbaik untuk tampilan kulit yang lebih muda, konsumen mungkin akan dihadapkan pada berbagai pilihan jenis serum. Namun, di antara sekian banyak serum yang ada, banyak orang yang belum tahu serum seperti apa yang cocok untuk mereka. Salah satu opsi untuk tampilan kulit yang lebih muda adalah dengan menggunakan serum kolagen.

Apa Itu Serum Kolagen?

Kolagen sebenarnya adalah protein alami yang ada di dalam tubuh. Namun, kolagen akan mengalami penurunan produksi setelah usia 25 tahun, mempercepat proses penuaan dengan munculnya kerutan dan garis halus. Penggantian kolagen penting untuk mengurangi tanda-tanda penuaan tersebut.

Serum kolagen atau collagen serum adalah solusi karena menggabungkan bahan-bahan yang merangsang produksi kolagen. Penting untuk dicatat bahwa collagen serum tidak mengandung kolagen itu sendiri. Sebaliknya, ia akan merangsang produksi kolagen oleh kulit, membantu mengurangi tampilan tanda-tanda penuaan dan memberikan penampilan kulit yang lebih muda.

Manfaat Serum Kolagen untuk Kulit

Kolagen bisa memberikan manfaat pada kulit dengan berbagai cara. Apa saja?

Memulihkan Elastisitas Kulit

Serum kolagen merangsang produksi kolagen kulit, meningkatkan elastisitas dan membuat kulit terlihat lebih kencang serta awet muda. Selain itu, serum ini dapat membantu mengurangi kantung mata dan menghaluskan garis-garis halus.

Meningkatkan Hidrasi Kulit

Kunci lain dari kesehatan dan kecantikan kulit adalah hidrasi. Serum kolagen tidak hanya meningkatkan produksi kolagen, tetapi juga memberikan hidrasi yang optimal, menjaga kulit tetap lembap dan mencegahnya dari kekeringan dan pengelupasan.

Mencerahkan Warna Kulit 

Kolagen juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecerahan kulit dan meratakan warnanya, terutama pada kondisi hiperpigmentasi, kemerahan, dan iritasi. Serum kolagen efektif dalam memperbaiki penampilan flek hitam, bekas luka, serta bercak akibat paparan sinar matahari, memberikan perbaikan yang nyata pada kondisi kulit tersebut.

Memperbaiki Tekstur Kulit

Bagi konsumen yang masih muda dan belum memiliki banyak garis halus dan kerutan, konsumen mungkin bertanya-tanya apakah collagen serum masih bisa memberikan manfaat untuk tekstur kulit mereka. Jawabannya, ya.

Ketika seseorang sedang berusaha menurunkan berat badan, tekstur kulit mereka bisa ikut terpengaruh. Tidak hanya tubuh, kulit di wajah juga bisa ikut kendur. Kerusakan karena sinar UV juga bisa memicu masalah kulit kendur. Hal ini bisa diatasi dengan penggunaan serum kolagen yang dioleskan secara topikal. Dalam beberapa waktu, kulit akan terlihat lebih kencang dan sehat.

Memperlancar Peredaran Darah ke Kulit

Manfaat kolagen yang berikutnya adalah memperkuat struktur pembuluh darah sekaligus meningkatkan elastisitasnya. Pembuluh darah yang kuat memiliki kemampuan yang baik untuk meningkatkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam kulit. Dengan peredaran darah yang lancar, peningkatan pasokan oksigen dan zat gizi ke sel-sel kulit jadi optimal. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih cerah dan sehat.

Melindungi Kulit dari Patogen Berbahaya

Manfaat lain dari kolagen adalah melindungi kulit dari patogen. Menggunakan serum secara topikal bisa membantu mengembalikan keseimbangan pH di kulit. Mengapa menjaga pH kulit itu penting? Perlu diketahui bahwa kulit manusia sangat sensitif dengan perubahan apapun. Perubahan pH sedikit saja bisa membuat kulit jadi ladang subur bagi kuman jahat. Ini bisa dicegah dengan penggunaan collagen serum.

Peluang Bisnis Serum Kolagen di Indonesia

Bicara soal bisnis produk perawatan yang mengandung kolagen, beberapa tahun ke belakang industri kecantikan dibombardir dengan berbagai merek minuman kolagen. Diklaim memiliki manfaat untuk kecantikan, faktanya minuman kolagen ternyata tidak sepenuhnya efektif.

Manfaat minuman kolagen ternyata tidak begitu signifikan bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Kolagen yang dikonsumsi secara oral akan dipecah di usus, dan tidak selalu mencapai kulit, kuku, dan rambut secara efektif. Jadi, alih-alih meminum sesuatu yang belum pasti khasiatnya, menggunakan kolagen dalam bentuk serum dianggap lebih baik karena langsung menargetkan kulit. 

Peluang segmen produk kolagen di Indonesia sangat menjanjikan mengingat fakta bahwa minuman kolagen dinilai kurang efektif dalam memberikan manfaat kecantikan. Dengan kesadaran konsumen terhadap pentingnya perawatan kulit yang lebih terfokus, serum kolagen menjadi pilihan yang lebih optimal. 

Pemahaman ini menciptakan peluang bagi smartpreneur untuk mengembangkan dan memasarkan serum kolagen yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan konsumen, sehingga dapat menjadi tren dan mendapatkan popularitas di pasar Indonesia.

Tertarik membuat produk serum dengan kandungan kolagen namun bingung harus memulai dari mana? Indocare B2B bisa membantu Anda mewujudkannya. Dengan tim R&D yang berpengalaman, dan proses produksi terstandarisasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Halal, Indocare B2B kapabel dalam mentransformasi produk impian Anda.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya