Manfaat Dimethicone untuk Kulit dan Cara Menggunakannya

Manfaat Dimethicone untuk Kulit dan Cara Menggunakannya

Penggunaan dimethicone untuk kulit dalam produk skincare maupun kosmetik telah lama menjadi perdebatan. Ini karena tidak sedikit orang meyakini bahwa kandungan tersebut dapat memicu munculnya berbagai masalah pada kulit. Akan tetapi, benarkah demikian?

Merupakan salah satu bentuk dari silikon, dimethicone memiliki peran penting dalam membuat tekstur skincare maupun kosmetik terasa halus dan lembut. Lantas, apakah fungsi dimethicone di skincare hanya sebatas itu?

Apa Itu Dimethicone?

Lantas, apa itu dimethicone? Jadi, dimethicone atau dikenal sebagai polydimethylsiloxane, adalah zat kimia yang berasal dari silikon. Silikon sendiri berasal dari silika, yaitu senyawa alami yang terdapat pada pasir, batu pasir, granit, dan kuarsa. Produksi atau pembuatan silikon dilakukan dengan cara memanaskan pasir dengan karbon pada suhu yang sangat tinggi, mencapai 2.200° Celsius.

Manfaat Dimethicone untuk Kulit

Salah satu alasan pemakaian silikon, tidak terkecuali dimethicone dalam produk perawatan kulit adalah karena sifat sensoriknya. Produk ini memberikan hasil akhir yang halus seperti sutra pada krim dan losion malam topikal, teksturnya ringan, tidak berminyak yang menyebar dengan cepat dan mudah.

Sementara itu, para ahli menyebutkan bahwa ada banyak manfaat dimethicone untuk kulit. Berikut ini beberapa di antaranya: 

  • Mengunci hidrasi 

Dimethicone mempunyai karakteristik oklusif yang dapat menyegel hidrasi sekaligus menjaga kelembapan eksternal pada kulit.

  • Tidak menyebabkan jerawat

Meski oklusif, dimethicone untuk kulit bersifat non-acnegenic dan non-komedogenik. Karena sifat ini, dimethicone kerap digunakan dalam formulasi bebas minyak untuk memberikan kelembapan yang tahan lama tanpa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

  • Mengontrol kilau berlebihan

Dimethicone juga sering digunakan dalam produk kecantikan karena dapat mencegah minyak berlebih, terutama pada kulit berminyak. 

  • Melindungi kulit

Manfaat dimethicone lainnya adalah mencegah terjadinya iritasi dengan membentuk lapisan kedap air pada kulit. Zat ini membentuk penghalang pada kulit sekaligus melindungi terhadap kehilangan air transepidermal yang menyebabkan peradangan serta dermatitis

  • Menciptakan tekstur halus

Dimethicone dapat mengisi garis-garis halus atau kerutan di wajah yang berkontribusi pada tekstur kulit. Selain itu, bahan ini menciptakan permukaan halus untuk pemakaian riasan yang lebih merata yang membuatnya kerap digunakan pada primer.

  • Menawarkan hasil akhir matte

Hasil akhir dimethicone yang halus dan matte membuat bahan ini menjadi pilihan tepat untuk digunakan selama rutinitas pra-riasan.

  • Melembutkan dan menenangkan kulit

Dimethicone untuk kulit juga memiliki fungsi untuk melembutkan dan menenangkan dengan hasil akhir yang lebih ringan dan tidak berminyak dibandingkan dengan bahan lainnya.

Tren Penggunaan Dimethicone

Penggunaan dimethicone untuk kulit terdapat pada produk skincare dan kosmetik, seperti krim, alas bedak, losion, tabir surya, pelembap, dan primer. Kandungan ini cukup ideal digunakan karena dapat membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit untuk menahan air dan melindungi dari iritan agar tidak menyebabkan iritasi. Dengan begitu, kulit tetap terhidrasi, terasa lembut, dan kenyal.

Selain itu, bahan ini juga tidak larut dalam air maupun minyak sehingga pembuat kosmetik harus menemukan pengemulsi dan bahan yang dapat membantu memasukkan zat tersebut ke dalam produk mereka. 

Smartpreneur juga perlu mengetahui bahwa dimethicone berwarna bening dan tidak berbau, dan dapat digunakan dengan bahan lain untuk meningkatkan manfaat dan efektivitasnya pada kulit, termasuk: 

  • Asam hialuronat: merupakan humektan yang membantu menarik air ke dalam kulit, menjadi pasangan yang ideal bagi dimethicone. Asam hialuronat dapat membantu menghidrasi kulit, sedangkan dimethicone akan mempertahankan hidrasi tersebut.
  • Ceramide: merupakan lipid yang dapat membantu memperkuat pelindung kulit sehingga meningkatkan retensi kelembapan. Bahan ini sering digunakan bersama dengan dimethicone dalam pelembap.
  • Niacinamide: merupakan salah satu bentuk vitamin B3 yang membantu memperbaiki tekstur dan mencerahkan kulit. Jika digunakan bersama dengan dimethicone untuk kulit, niacinamide akan meningkatkan kesehatan dan tampilan kulit secara keseluruhan.
  • Antioksidan: seperti vitamin C, E, dan ekstrak teh hijau, membantu melindungi kulit dari stres lingkungan dan radikal bebas. Apabila digunakan bersama dengan dimethicone, antioksidan dapat membantu memperbaiki warna kulit.
  • Peptida: adalah protein kecil yang dapat membantu merangsang produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Jika digunakan bersama dengan dimethicone, bahan ini membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Anda bisa mengembangkan produk perawatan wajah maupun kosmetik yang mengandung dimethicone bersama dengan perusahaan maklon ternama seperti Indocare B2B.

Memiliki pengalaman profesional di bidang kecantikan, Indocare B2B memiliki komitmen kuat terhadap efektivitas dan keamanan untuk setiap produk yang diproduksi. Tidak hanya memberi manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, Indocare B2B juga membuat produk yang aman digunakan dengan dukungan tim riset dan pengembangan yang tentu sangat kompeten.  

 

Ditinjau oleh  dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.