Mengenal Jenis dan Manfaat Emolien untuk Kulit Wajah

Mengenal Jenis dan Manfaat Emolien untuk Kulit Wajah

Tidak hanya menurunkan rasa percaya diri, kulit kering juga dapat mengakibatkan terjadinya infeksi dan iritasi jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Bicara tentang kelembapan kulit, manfaat emolien tentunya tidak boleh dilewatkan. 

Emolien termasuk ke dalam kelompok bahan yang dapat menghidrasi kulit. Bahan ini memiliki fungsi utama untuk menghaluskan dan melembutkan kulit. Istilah emolien sendiri digunakan untuk mendeskripsikan bahan maupun kategori produk tertentu seperti losion, krim, dan salep.

Apa Itu Emolien?

Secara sederhana, emolien adalah suatu bahan atau produk yang menghidrasi kulit dengan memberikan lapisan pelindung untuk menjaga kelembapan serta mencegah dan mengatasi kekeringan kulit. Emolien bisa berupa pilihan alami, seperti shea butter, mentega, minyak kelapa, ester, lipid, asam lemak atau sintetis seperti minyak mineral. 

Terlepas dari apakah alami atau sintetis, cara kerja dari emolien adalah sama. Ketika kulit kering dan bersisik, ada ruang terbuka pada sel kulit. Emolien dapat membantu mengisi ruang tersebut dan menghaluskan kulit.

Banyak orang mengira emolien dan pelembap adalah hal yang sama, padahal sebenarnya tidak. Emolien adalah salah satu bahan dalam pelembab yang menjaga kulit agar tetap lembut dan halus.

Jenis Emolien

Terdapat beberapa jenis emolien yang beredar di pasaran. Penggunaannya bergantung pada penyebab dan tingkat keparahan kondisi kulit, bagian tubuh yang terkena, dan preferensi pribadi setiap konsumen.

Cara paling mudah untuk mengklasifikasikan emolien adalah berdasarkan kandungan minyaknya. Semua emolien melembutkan dan menghaluskan kulit, tetapi kandungan minyak di dalamnya menentukan seberapa kuat sifat oklusifnya. 

Semakin banyak minyak yang dikandung emolien, semakin baik pula emolien tersebut membentuk lapisan pelindung pada kulit untuk memerangkap kelembapan. 

Secara umum, berikut jenis emolien berdasarkan jenis produknya:

  • Losion: sebagian besar mengandung air dan lebih sedikit minyak, sehingga viskositasnya lebih encer dan cepat menyerap. Jenis emolien berbahan dasar air ini direkomendasikan untuk konsumen dengan kulit normal atau berminyak.
  • Krim: memiliki kandungan air dan minyak. Jenis emolien ini cukup untuk mengunci kelembapan kulit tanpa menyisakan residu.
  • Salep: mengandung persentase minyak paling tinggi. Bahan ini paling baik digunakan untuk kulit yang sangat kering dan/atau pecah-pecah. Salep sering disebut sebagai emolien oklusif karena membantu membentuk lapisan pelindung pada kulit untuk mengunci kelembapan.
  • Semprotan: Penggunaan emolien semprot lebih direkomendasikan karena tidak bersentuhan langsung dengan tangan sehingga minim risiko kontaminasi 

Manfaat Emolien pada Produk Skincare

Kulit kering dan kulit yang mengalami iritasi bisa terjadi kapan saja, terutama selama musim dingin ketika udara dingin dan kering. Kondisi ini juga bisa terjadi karena sering mencuci tangan atau kerap berinteraksi dengan bahan kimia yang keras.

Manfaat emolien efektif untuk membantu menenangkan serta menyembuhkan kulit kering. Secara garis besar, fungsi emolien pada produk skincare antara lain:

  • Mengisi kembali lapisan pelindung kulit untuk menghaluskan dan melembutkan kulit. Ketika sel yang berada dalam lapisan pelindung kulit rusak, kulit dapat menjadi merah dan gatal. Ini karena lapisan yang rusak membuat kelembapan lebih mudah keluar dan mengiritasi. Emolien bekerja dengan mengisi lapisan tersebut sehingga membuat kulit lebih lembut.
  • Cocok untuk kondisi kulit yang mengalami iritasi dan kemerahan. Manfaat emolien tidak hanya diperuntukkan bagi siapa pun yang mengalami kulit kering dan kasar, tetapi juga baik untuk berbagai kondisi seperti eksim, psoriasis, dermatitis kontak, serta masalah kulit lainnya yang menyebabkan iritasi dan kemerahan. 
  • Menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Beberapa faktor seperti lingkungan, serta sabun dan pembersih dengan kandungan kimia keras dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit. Emolien akan membantu menjaga kesehatan kulit karena membuat kulit tetap lembap.
  • Meringankan luka bakar. Seseorang dengan luka bakar akibat perawatan dengan radiasi (misalnya pengidap kanker) atau paparan sinar matahari dapat memakai emolien untuk membantu mengatasi kering dan gatal yang sering menyertai kondisi kulit ini.
  • Membantu mencegah lecet. Fungsi emolien pada skincare juga termasuk mencegah kulit lecet, seperti akibat pemakaian bra atau pakaian yang ketat. Mengoleskan emolien sebelum berolahraga maupun mengenakan pakaian tertentu dapat membantu mencegah kondisi ini.

Tren Penggunaan Emolien

Tren saat ini menunjukkan bahwa masyarakat cenderung menggunakan emolien yang berasal dari sumber alami, seperti castor oil, minyak jojoba, minyak cocoa, shea butter, tea tree oil, dan minyak argan. Selain itu, ada kecenderungan untuk memadukan emolien dengan bahan aktif lainnya seperti tabir surya, anti-penuaan, bahkan koreksi warna untuk menghasilkan produk dengan manfaat ganda.

Dalam hal kombinasi manfaat emolien, tren terkini adalah menciptakan formulasi yang tidak hanya melembapkan tetapi juga memberikan perlindungan sekaligus perawatan tambahan. Misalnya, beberapa produk mengombinasikan emolien dengan humektan atau oklusif guna meningkatkan kemampuan produk dalam menjaga kelembapan kulit. Hal Ini mencerminkan keinginan konsumen untuk memiliki produk yang multifungsi dan efisien dalam rutinitas perawatan kulit mereka.

Dalam menciptakan produk kosmetik dan skincare dengan memaksimalkan manfaat emolien, penting untuk memilih mitra maklon yang memiliki reputasi dan pengalaman. Indocare B2B hadir sebagai pilihan ideal, dengan keahlian dan pengalaman panjang di industri ini. Sebagai penyedia layanan maklon yang berkomitmen, Indocare B2B fokus pada pengembangan produk sesuai standar kualitas tertinggi serta menjamin efektivitas dan keamanan produknya, agar penggunaan emolien dapat sesuai dengan kebutuhan konsumen.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.