8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Apabila Dikonsumsi Rutin

8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Apabila Dikonsumsi Rutin

Jahe sangat mudah ditemukan di berbagai penjuru Indonesia. Manfaat jahe untuk kesehatan yang melimpah menjadikannya sebagai salah satu obat tradisional yang banyak dicari.

Kandungan jahe yang kaya dengan vitamin, mineral, dan serat dapat mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan yang muncul di tubuh.

Banyak orang meminum air rebusan jahe untuk menghangatkan tubuh ketika musim hujan tiba. Tidak hanya itu, jahe juga mengandung antibiotik alami yang dapat mengobati masalah perut.

Selain sebagai penghangat tubuh yang efektif, terdapat berbagai manfaat jahe untuk kesehatan lainnya yang perlu diketahui. Informasi selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Penggunaan jahe sebagai obat tradisional sejauh ini terbilang ampuh. Jahe mengandung nutrisi yang lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, serat, protein, kalori, lemak, dan gula.

Selain itu, jahe mengandung vitamin dan mineral yang esensial untuk kesehatan tubuh, seperti fosfor, zat besi, magnesium, seng, serta vitamin B dan C.

Lantas, seberapa berpengaruhnya kandungan jahe tersebut terhadap kesehatan tubuh? Berikut penjelasannya:

1. Meredakan Flu

Sering kali kita melihat orang minum air rebusan jahe yang masih hangat untuk menyembuhkan penyakit flu.

Manfaat jahe untuk kesehatan ini didapat dari antivirus dan antibakteri yang ada dalam gingerol. Air jahe dapat diminum saat hangat untuk mengobati infeksi akibat virus yang menyebabkan flu.

2. Mengatasi Mual

Rasa mual akibat mabuk perjalanan, kehamilan, dan kemoterapi dapat disembuhkan dengan minum air rebusan jahe atau produk yang mengandung jahe.

Manfaat jahe untuk kesehatan  ini didapat dari senyawa khusus yang dapat menekan keinginan untuk muntah pada otak.

3. Meredakan Nyeri Akibat Haid

Rasa sakit di perut akibat haid bisa diatasi dengan minum air rebusan jahe. Obat tradisional ini dapat menjadi pengganti ibuprofen dan asam mefenamat yang dapat meredakan nyeri haid.

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan rasa nyeri dan menyembuhkan perut kembung akibat haid.

4. Menjaga Berat Badan

Salah satu manfaat jahe untuk kesehatan adalah mengontrol berat badan. Kandungan gingerol dalam air rebusan jahe dapat mempercepat proses pencernaan.

Di samping itu, jahe juga berkhasiat untuk mengenyangkan perut. Dengan begitu, berat badan akan menurun akibat nafsu makan yang berkurang.

5. Meredakan Nyeri Otot

Otot yang terasa kaku dan nyeri setelah berolahraga dapat disembuhkan dengan minum air rebusan jahe.

Anti-inflamasi dalam kandungan jahe dapat membantu meredakan peradangan dan membuat kondisi otot membaik.

6. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu manfaat jahe untuk kesehatan didapat dari sifat antioksidan di dalamnya yang dapat mencegah timbulnya keriput dan flek hitam di kulit. Dengan kata lain, jahe dapat mencegah penuaan dini dan membuat Anda awet muda.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Minum air rebusan jahe dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Senyawa bioaktif di dalam ekstrak jahe pun mampu mencegah penggumpalan darah yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

8. Meningkatkan Sistem Imun

Jahe mengandung vitamin C dan magnesium yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi air rebusan jahe secara rutin dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Mengembangkan Ide Bisnis Jahe

Berbagai macam manfaat jahe untuk kesehatan dan kemudahannya ditemukan di berbagai daerah di Indonesia dapat menjadi ide bisnis yang menguntungkan.

Terdapat banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan untuk meraup keuntungan dengan memanfaatkan khasiat jahe, seperti dengan memproduksi suplemen jahe.

Suplemen jahe yang diramu dengan bahan-bahan berkhasiat lainnya memiliki berbagai  manfaat untuk kesehatan.

Tidak menutup kemungkinan juga bahwa permintaan suplemen jahe setelah pandemi meningkat guna mengoptimalkan pencegahan penyakit akibat infeksi virus, seperti flu. 

Mengembangkan Produksi Suplemen Jahe

Bisnis produk jahe terbilang cukup menjanjikan. Bahkan pada tahun 2022, terjadi kenaikan angka ekspor jahe ke Belanda yang signifikan sebesar 20% dari tahun 2021.

Apabila Anda tertarik dengan bisnis jahe yang menjanjikan ini, Anda bisa memulainya dengan bantuan Indocare B2B sebagai mitra bisnis Anda.

Indocare B2B dapat membantu Anda memaksimalkan manfaat jahe untuk kesehatan dengan memproduksi suplemen berkualitas yang dibuat sesuai standar internasional.

Dengan Indocare B2B, Anda bisa berkonsultasi dengan para ahli mengenai segala aspek bisnis produksi suplemen, mulai dari formulasi suplemen hingga pengembangan produk jadi.

Konsultasi ide bisnis Anda dengan tim Indocare B2B untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produksi suplemen jahe yang dapat melebarkan sayap bisnis Anda.


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.