Tinggi Probiotik, Ini 5 Manfaat Kombucha untuk Wajah

Tinggi Probiotik, Ini 5 Manfaat Kombucha untuk Wajah

Kombucha adalah teh fermentasi yang sangat populer. Di Indonesia, teh kombucha mulai terkenal setelah tahun 2010an, dan popularitasnya meningkat pesat pada tahun 2022. Selain rasanya yang unik dan menarik, ternyata kombucha juga baik untuk kulit. Apa saja manfaat kombucha untuk wajah?

Mengenal Kombucha

Kombucha adalah teh fermentasi yang sangat terkenal di Indonesia. Meskipun memiliki karakteristik fermentasi yang mirip dengan minuman beralkohol, kombucha tidak mengakibatkan efek mabuk, karena memiliki kadar alkohol yang sangat rendah yaitu kurang dari 0,5%. 

Menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI), teh kombucha halal dan aman dikonsumsi oleh Muslim, seperti yang tertuang di Fatwa MUI Nomor 10 Tahun 2018, di mana selama minuman mengandung alkohol atau etanol kurang dari 0,5% dapat dipastikan halal untuk dikonsumsi. 

Kombucha telah lama digunakan sebagai minuman tradisional di Cina pada lebih dari 2000 tahun lalu, kemudian menyebar ke Jepang dan Eropa. Kombucha terbuat dari campuran teh (biasanya menggunakan teh hijau atau teh hitam), gula, dan kultur bakteri dan ragi yang disebut SCOBY (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast) yang dihasilkan selama proses fermentasi. 

Kombucha juga bisa ditambahkan dengan ekstrak tumbuhan atau buah untuk meningkatkan rasa, aroma, dan manfaat kesehatan, seperti jahe, jeruk, hingga buah beri. 

Teh kombucha biasanya difermentasi selama 7-20 hari, dan semakin lama dia difermentasi maka rasanya menjadi semakin asam, tidak manis, dan lebih berbuih. Durasi fermentasi yang lama (biasanya lebih dari 20 hari) juga dapat mengurangi manfaat kesehatan kombucha itu sendiri. 

Kombucha kaya akan asam organik, probiotik, vitamin, dan senyawa antioksidan. Selain minuman fermentasi ini untuk dikonsumsi, ada banyak manfaat kombucha untuk wajah yang sering diformulasikan ke dalam produk skincare.

Manfaat Kombucha untuk Wajah

Meskipun kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kulit, teh kombucha tidak disarankan untuk dipakai langsung di kulit karena asam di dalamnya dapat membuat iritasi. Akan tetapi, jika digunakan sebagai formula perawatan kulit, manfaat kombucha untuk wajah bisa meliputi:

Membuat Kulit Lebih Sehat

Kombucha kaya akan probiotik, seperti bakteri asam asetat (acetic acid) dan bakteri asam laktat (lactic acid), yang dapat membantu menjaga keseimbangan mikrobiota dalam tubuh, termasuk di kulit. Keseimbangan mikrobiota kulit yang baik diperlukan untuk melawan pertumbuhan bakteri berbahaya dan mempertahankan perlindungan alami kulit. 

Dengan manfaat kombucha untuk wajah yang pertama ini, kulit menjadi lebih rendah risiko peradangan yang disebabkan oleh bakteri berbahaya, seperti jerawat dan kemerahan. 

Mencegah Tanda Penuaan

Manfaat kombucha untuk wajah yang kedua adalah dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan. Riset yang dilakukan pada tahun 2021 mengungkapkan bahwa kombucha dapat menghambat enzim kolagenase, yang berfungsi untuk menghancurkan kolagen, protein struktural utama di kulit untuk menjaga kekuatan dan elastisitas kulit. 

Selain  itu, kandungan antioksidan seperti vitamin C dan senyawa polifenol dalam kombucha juga dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel kulit dan penuaan dini. 

Menghidrasi Kulit

Asam hialuronat (hyaluronic acid), yang dihasilkan selama fermentasi kombucha, dapat menjadi agen pelembap alami yang menarik dan menjaga air di lapisan kulit. Selain itu asam organik seperti asam laktat juga dapat melembapkan kulit sebab mampu menjaga tingkat pH kulit tetap normal. Berikut adalah manfaat kombucha untuk wajah yang ketiga.

Mengatasi Hiperpigmentasi

Manfaat kombucha untuk wajah keempat adalah mengurangi stres oksidatif pada kulit yang dapat memicu produksi melanin berlebih dan hiperpigmentasi. Di dalam kombucha ini mengandung antioksidan seperti vitamin C, flavonoid, dan niacinamide.

Selain itu, vitamin C juga mampu menghambat enzim tirosinase, yang merupakan enzim pembentuk melanin penyebab warna gelap pada kulit. 

Memperbaiki Tekstur Kulit

Manfaat kombucha untuk wajah yang terakhir adalah dapat memperbaiki permukaan dan tekstur kulit yang kasar atau tidak merata, berkat kandungan vitamin B2, B6, dan B9 di dalamnya. Vitamin B2 dapat mendukung pertumbuhan sel dan perbaikan jaringan, B2 berperan dalam sintetis protein dan produksi kolagen, sementara B9 dapat meregenerasi sel sehingga menjaga tekstur kulit tetap halus. 

Berikut adalah penjelasan kami mengenai 5 manfaat kombucha untuk wajah, apakah kamu tertarik untuk membuat wajahmu menjadi cerah?

Tren Produk Skincare Kombucha

Tren minuman ini tidak hanya berhenti sebagai beverage yang banyak dijumpai di restoran tetapi mulai digunakan sebagai bahan dalam formulasi skincare sehingga ada banyak manfaat kombucha untuk wajah. Namun, karena pengembangan formulanya yang sangat rumit karena mengandung probiotik, pertumbuhan produk skincare dengan kombucha masih sangat terbatas di Indonesia. 

Ini merupakan peluang yang sangat tepat bagi Smartpreneur dalam mengembangkan produk skincare berbasis kombucha. Umumnya, kombucha diformulasikan dengan kandungan lain. Beberapa kandungan yang banyak dipasangkan dengan kombucha dalam produk kecantikan ialah hyaluronic acid, kafein, centella asiatica, dan white tea

Untuk produk skincare kombucha yang sedang populer, dan bisa Anda kembangkan di Indocare B2B ialah:

  • Cream Essence
  • Body Scrub
  • Essence
  • Gel Cream
  • Hydrating Face Mist
  • Hydrating Toner
  • Moisturizer
  • All-In-One Serum
  • Facial Mask
  • Cleansing Gel

Konsultasikan konsep produk Anda dengan tim marketing dan formulator kami, agar produk Anda ideal secara profitabilitas maupun efikasi. 

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya