Cari Tahu Manfaat Lactic Acid untuk Wajah di Sini!

Cari Tahu Manfaat Lactic Acid untuk Wajah di Sini!

Lactic acid adalah kandungan yang memiliki banyak manfaat. Bahan satu ini banyak ditemukan dalam produk skincare dan perawatan kulit profesional. Ini adalah bahan eksfolian sekaligus antioksidan. Dalam bentuk topikal, asam ini digunakan untuk perawatan berbagai jenis kulit termasuk eksim, rosacea dan psoriasis.

Apa Itu Lactic Acid?

Lactic acid, atau asam laktat, adalah salah satu bahan umum dalam produk perawatan wajah. Produk dengan asam laktat biasanya memiliki konsentrasi ringan, yaitu kurang dari 10 %. Produk dengan konsentrasi di atas 10% umumnya hanya digunakan dalam perawatan profesional oleh dokter.

Menurut Cleveland Clinic, asam laktat adalah jenis Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang diproduksi di sel otot dan sel darah merah. AHA ini memiliki sejumlah manfaat untuk kulit. Salah satunya adalah untuk mencerahkan.

Manfaat Lactic Acid untuk Wajah

Salah satu alasan mengapa lactic acid sangat populer dalam industri skincare adalah karena manfaatnya yang beragam; mulai dari menjaga kelembapan kulit sampai mencerahkan.

Melembapkan Kulit

Kelebihan asam laktat dibandingkan dengan jenis AHA lainnya adalah kemampuannya menjaga kelembapan kulit atau meningkatkan hidrasi alami. Karena manfaat ini, banyak produk skincare untuk kulit kering mengandung asam laktat

Lactic acid tidak hanya meningkatkan kesehatan kulit, tetapi juga dapat mengatasi gangguan kulit seperti keratosis pilaris, rosacea dan eksim.

Mencerahkan Kulit

Seperti jenis AHA lainnya, asam laktat juga dipercaya karena kemampuannya dalam mencerahkan kulit. Biasanya, asam laktat digunakan dalam produk eksfoliasi untuk menghilangkan lapisan atas kulit atau epidermis. 

Proses pengelupasan menggunakan bahan kimia ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran, debu, dan zat lain yang menempel pada epidermis. Dengan demikian, proses eksfoliasi membantu memperbarui dan membersihkan permukaan kulit, meningkatkan tekstur kulit, dan membuatnya tampak lebih cerah.

Menyamarkan Kerutan

Lactic acid juga memiliki kemampuan untuk mengurangi tampilan garis halus atau kerutan pada wajah. Manfaat ini diperoleh melalui kemampuan asam laktat dalam merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah sebuah protein penting yang diproduksi secara alami oleh tubuh dan memiliki peran kunci dalam menjaga kesehatan dan kekenyalan kulit. 

Dengan merangsang produksi kolagen, lactic acid membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan di wajah.

Mengencangkan Kulit 

Lactic acid tidak hanya menyamarkan kerutan wajah, tetapi juga meningkatkan kekencangan kulit melalui stimulasi produksi kolagen. Manfaat ini terkait dengan peran penting kolagen dalam menjaga elastisitas kulit. 

Kombinasi perawatan luar dan asupan nutrisi yang tepat dapat memberikan manfaat maksimal bagi kecantikan dan kesehatan kulit.

Menyamarkan Noda Hitam

Lactic acid dapat mengurangi noda hitam atau bekas jerawat pada wajah melalui kemampuannya mengangkat sel kulit mati. Selain menggunakan produk skincare yang mengandung asam laktat, noda dan bekas jerawat juga dapat diatasi dengan bahan alami seperti lidah buaya, soda kue, cuka apel, dan madu.

Mengatasi Pori-pori Tersumbat

Karena asam laktat dengan cepat melarutkan sel-sel kulit mati pada epidermis, ini memberi sinyal pada pori-pori untuk dibersihkan. Efeknya, minyak dan kotoran yang terperangkap di dalam kulit akan muncul keluar. Pori-pori yang bersih akan terlihat lebih halus dan tidak rentan mengalami masalah seperti jerawat dan komedo.

Efek Samping Lactic Acid

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kulit, lactic acid juga bisa menimbulkan sejumlah efek samping yang perlu diketahui. Apa saja?

Meningkatkan Sensitivitas terhadap Sinar Matahari

Penggunaan lactic acid dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, meningkatkan risiko kerusakan kulit. Untuk mengurangi efek samping ini, disarankan melapisi skincare dengan tabir surya SPF 30 saat beraktivitas di siang hari.

Dapat Menimbulkan Iritasi

Selain meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari, lactic acid juga berpotensi memicu iritasi kulit, yang ditandai dengan gatal, kemerahan, kering, pengelupasan, bengkak, atau sensasi terbakar. Munculnya reaksi kulit yang merah, terbakar, atau gatal saat pertama kali menggunakan asam jenis ini adalah hal yang normal, asalkan reaksi tersebut bersifat ringan dan hilang dalam satu jam. 

Ingin membuat produk perawatan kulit dengan kandungan lactic acid yang aman dan berkualitas? Anda bisa melakukannya bersama Indocare B2B. Sebagai penyedia maklon, Indocare B2B sudah memiliki pengalaman yang mumpuni dalam produksi serta pengembangan produk personal care dan suplemen kesehatan. 

Indocare B2B siap menjadi one-stop-solution bagi smartpreneur yang ingin terjun ke bisnis skincare namun tidak punya pabrik dan tim R&D sendiri. Tim Indocare B2B yang akan membantu melakukan riset produk, formulasi, hingga produksi skincare Anda sampai siap dipasarkan. 

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya