Definisi dan 7 Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Wajah

Definisi dan 7 Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Wajah

Niacinamide merupakan bahan dasar yang biasa ditemukan dalam produk skincare. Manfaatnya antara lain adalah untuk memudarkan noda hitam, bahkan sampai mengurangi jerawat pada wajah. Niacinamide mempunyai manfaat untuk menghindari penuaan diri dan untuk perkembangan fungsi sel tubuh.

Apa itu Niacinamide?

Singkatnya, niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B3. Niacinamide dan niacin secara sekilas namanya sama, namun keduanya memiliki penggunaan yang berbeda. Kegunaan niacinamide adalah untuk recover dan mencerahkan kulit wajah. Selain itu, kandungan ini untuk mengatasi kulit berjerawat dan eksim. Untuk lebih lengkap penjelasannya, simak manfaat niacinamide di bawah ini.

7 Manfaat Niacinamide untuk Wajah

Pada dasarnya, niacinamide merupakan salah satu bentuk vitamin B3. Penggunaan niacinamide yang aman untuk kulit sangat bervariasi, mulai dari 0,5 hingga 15 persen. Namun, dosis yang paling banyak dan aman pada produk skincare adalah 5% untuk menghindari iritasi kulit. Nah, untuk manfaatnya bisa kamu lihat di bawah ini. 

1. Melawan Radikal Bebas

Polusi udara, sinar ultraviolet, dan radikal bebas dapat merusak kesehatan kulit dan memicu penuaan dini. Niacinamide sebagai antioksidan dapat melindungi kulit dari kerusakan dan melawan dampak buruk radikal bebas yang menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti garis halus, garis senyum, hingga flek hitam. 

2. Melembabkan Kulit

Niacinamide bekerja dengan cara membangun ceramide, yang merupakan lapisan penghambat lemak alami pada kulit. Ceramide berfungsi sebagai penghalang untuk mencegah kelembapan kulit terkikis. Kelembapan kulit akan menjaga elastisitas dan membuat tekstur kulit lebih lembut. 

3. Mengurangi Tanda Penuaan Dini

Kulit yang sering terpapar sinar matahari, polusi udara, dan faktor usia dapat memicu penuaan dini. Nah, kandungan niacinamide berperan penting dalam memerangi tanda-tanda penuaan dini karena dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen adalah protein struktural yang memberikan kekuatan, elastisitas, dan kekenyalan pada kulit. Dengan meningkatkan produksi kolagen, niacinamide akan menjaga kepadatan kulit dan merungi garis halus serta kerutan yang timbul akibat penuaan. 

4. Mengecilkan Pori-pori

Kita tahu pori-pori yang besar bisa bikin kulit jadi kurang halus dan mengurangi rasa percaya diri. Pori-pori yang besar disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih sehingga menyumbat pori-pori. Niacinamide punya kemampuan untuk mengendalikan produksi minyak berlebih ini agar tampilan pori-pori semakin mengecil dan tersamarkan. 

5. Menyamarkan Noda Hitam

Sebelumnya sudah dijelaskan kalau niacinamide dapat mendorong produksi kolagen. Kolagen ini juga ternyata bisa menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu, penggunaan niacinamide secara teratur selama sekitar 8 minggu juga dapat membantu meratakan warna kulit.

6. Mengobati Jerawat

Siapa sangka niacinamide juga cocok untuk mereka dengan masalah kulit berjerawat? Ini bisa terjadi karena fungsi niacinamide yang bisa memperkuat skin barrier. Ketika skin barrier kuat, bakteri penyebab jerawat sulit menembus dan menyebabkan peradangan pada kulit. Hal ini juga didukung oleh sifat anti-inflamasi atau anti-peradangannya. 

7. Mencegah Risiko Kanker Kulit

Menurut laporan yang dilakukan oleh berbagai universitas di Inggris termasuk Universitas Birmingham, niacinamide atau vitamin B3 telah terbukti bermanfaat dalam pencegahan kanker kulit non-melanoma (NMSC). Untuk mendapatkan manfaat ini, bisa melalui suplemen B3 yang dikonsumsi secara oral. Niacinamide mencegah risiko kanker kulit dengan kemampuannya untuk menunda efek imunosupresif radiasi ultraviolet dan menghambat stres oksidatif yang diakibatkan oleh radiasi tersebut. 

Bikin Skincare dengan Kandungan Niacinamide Sekarang!

Itulah berbagai manfaat niacinamide untuk wajah dan kesehatan yang bisa kamu manfaatkan dalam pengembangan produk skincare ataupun suplemen kesehatan. Kalau kamu berminat untuk memiliki produk skincare yang mengandung niacinamide sendiri, Indocare B2B adalah solusi terbaik untuk proses manufaktur produk kamu. Bisnis skincare memiliki potensi pasar yang sangat luas dan menguntungkan, dan dengan menggunakan maklon, kamu bisa memulai bisnis dengan mudah. 

Sebagai perusahaan maklon yang telah berpengalaman selama lebih dari 30 tahun dalam menciptakan produk skincare dan suplemen lokal, kamu tidak perlu meragukan profesionalitas dan kualitas yang kami miliki. Jadi, apakah kamu tertarik untuk bekerja sama? Yuk, hubungi kami sekarang di sini!

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.