7 Manfaat Saffron untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

7 Manfaat Saffron untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Saffron, yang juga dikenal sebagai golden spice merupakan rempah yang populer berkat rasa, aroma, dan warna keemasannya yang cerah. Diekstrak dari bunga Crocus sativus, manfaat saffron sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit bagi siapa pun yang rajin mengonsumsi maupun mengaplikasikannya. 

Saffron bisa kamu gunakan sebagai bahan baku produk kecantikan maupun suplemen kesehatan. Tentunya, fakta ini bisa kamu manfaatkan dalam menambah nilai jual produk bisnis kamu. Baca selengkapnya di bawah ini ya!

Mengenal Saffron

Saffron adalah salah satu rempah paling langka di dunia, karena butuh banyak waktu dan tenaga untuk mengolah dan memanen putik halus dari bunga Crocus Sativus ini. Kira-kira butuh sekitar 75.000 bunga untuk menghasilkan hanya satu pon saffron. 

Itulah yang membuat harga saffron jadi sangat mahal, yakni 500.000 hingga jutaan rupiah per gramnya. Rempah ini memiliki rasa khas manis, sedikit pahit dan berbau harum seperti rumput kering. Karena rasanya yang unik ini, banyak yang menggunakan saffron sebagai komponen dalam hidangan kuliner, seperti semur hingga hidangan penutup. 

Namun, penggunaan saffron tidak terbatas hanya pada kuliner saja. Faktanya, saffron juga kerap digunakan dalam proses pembuatan skincare dan suplemen kesehatan.

7 Manfaat Saffron

Ada banyak manfaat saffron bagi manusia, tak hanya kesehatan tubuh, melainkan juga untuk kecantikan kulit. Berikut ini penjelasannya:

Mendukung Fungsi Kognitif

Manfaat saffron ternyata dapat meningkatkan kesehatan kognitif, khususnya pada pasien Alzheimer, berkat sifat antioksidan dan antiinflamasi dari zat aktifnya seperti crocin dan safranal. Ini dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif dan peradangan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mungkin juga mood pada pasien. 

Meredakan Nyeri PMS

Bagi sebagian besar perempuan, PMS bisa sangat mengganggu apalagi jika muncul rasa nyeri di bagian perut dan punggung. Untungnya, gejala PMS ini bisa diredakan dengan manfaat saffron.

Sumber Antioksidan 

Manfaat saffron selanjutnya yang sangat baik untuk kesehatan adalah dapat menjadi sumber antioksidan alami. Kandungan antioksidannya yang tinggi, seperti crocetin, safranal, dan crocin, dapat membantu menetralkan radikal bebas, dan menangkal efek berbahaya pada tubuh, sehingga mencegah penyakit kanker.

Selain itu, antioksidan pada saffron juga sangat berkhasiat dalam melindungi sistem saraf dan menunjang memori dan kemampuan belajar, seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 1.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Penelitian telah menunjukkan bahwa saffron dapat membantu meningkatkan kualitas tidur orang dewasa, dengan durasi tidur yang lebih baik serta gangguan kecemasan yang minimal.

Melindungi Kulit dari Radiasi Sinar UV

Banyak studi yang telah membuktikan bahwa manfaat saffron sangat bagus untuk menyerap efek radiasi sinar UV. Itu semua berkat kandungan senyawa flavonoid di dalamnya, seperti quercetin dan kaempherol. Karena khasiat ini pula, banyak produk sunscreen dan body lotion yang menggunakan ekstrak saffron sebagai bahan aktif.

Meredakan Jerawat

Saffron memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang tinggi. Itulah sebabnya, manfaat saffron sangat bagus untuk membantu mengurangi peradangan jerawat dengan cepat serta mencegahnya timbul kembali.

Mencerahkan Kulit

Manfaat saffron untuk kecantikan lainnya yang juga terkenal adalah dapat mencerahkan kulit wajah. Itu karena saffron kaya akan kandungan senyawa crocin dan vitamin C. Jika rutin menggunakannya, maka wajah kusam bisa terlihat lebih cerah dan glowing.

Bikin Skincare dan Healthcare dengan Manfaat Saffron di Atas!

Manfaat saffron mulai dari mendukung fungsi kognitif, meredakan nyeri PMS, merawat jerawat, sampai mencerahkan kulit. Karena sifatnya yang multifungsi ini, akan rugi kalau kamu tidak memanfaatkan khasiat dari ekstrak rempah ini sebagai bahan aktif untuk produk skincare atau healthcare kamu. 

Jika kamu tertarik mengembangkan produk skincare atau suplemen menggunakan ekstrak saffron, namun tidak memiliki tim R&D berpengalaman dan prosedur pabrikasi yang sesuai standar pemerintah, kamu bisa percayakan pada Indocare B2B. 

Berpengalaman sejak 1988 sebagai perusahaan maklon produk kecantikan dan kesehatan, Indocare B2B telah membantu banyak Smartpreneur mengembangkan produk mereka dari bahan-bahan premium dan pastinya aman, termasuk saffron.

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya