Manfaat Shea Butter untuk Kesehatan Kulit, Bibir, dan Rambut

Manfaat Shea Butter untuk Kesehatan Kulit, Bibir, dan Rambut

Kamu pasti pernah mendengar shea butter, tetapi mungkin belum tahu apa sebenarnya manfaat shea butter dan dari mana dia berasal? Jadi, shea butter sebenarnya adalah lemak alami yang diekstraksi dari biji pohon shea. Nah, sekarang ini banyak produk perawatan kulit yang memanfaatkan shea butter sebagai bahan utamanya, seperti body lotion, lip care, dan kondisioner rambut.

Penggunaan produk perawatan yang mengandung shea butter tidak hanya bermanfaat untuk melembapkan kulit, lho. Ada banyak manfaat shea butter yang bisa kamu manfaatkan sebagai kandungan  perawatan dan bahkan memperluas peluang cuan di industri skincare dan personal care. Ingin tahu lebih lanjut seputar manfaat dari kandungan shea butter? Simak selengkapnya ulasan di bawah ini. 

Manfaat Shea Butter untuk Perawatan Kulit

Shea butter adalah salah satu bahan yang sangat populer dalam pembuatan produk perawatan kulit. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat penting yang perlu kamu ketahui.

  • Mengatasi Luka Bakar Ringan

Shea butter memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada luka bakar tingkat pertama. Kandungan ini dapat menenangkan kulit yang meradang. Selain itu, asam lemak dalam shea butter juga bisa membantu mengurangi efek luka bakar ringan, termasuk akibat sinar matahari.

  • Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini ditandai dengan munculnya garis halus dan kerutan pada kulit, terutama di wajah. Shea butter mengandung triterpen yang dapat meningkatkan produksi kolagen. 

  • Mengurangi Stretch Marks

Ternyata,  shea butter juga mengandung vitamin A dan E yang berfungsi untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Kandungan ini membantu mencegah dan mengurangi stretch marks atau garis pada kulit terutama area yang banyak lemak. Bahkan, asam lemak esensial dalam shea butter dapat membantu mengurangi keloid. 

Dengan manfaat-manfaat tersebut, tak heran jika shea butter menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Kamu bisa mencoba menggunakan produk skincare yang mengandung shea butter untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terawat dengan baik.

Manfaat Shea Butter untuk Perawatan Bibir

Shea butter bukan hanya untuk perawatan wajah, tetapi juga bisa digunakan untuk merawat bibir. Menurut penelitian dari Fakultas Kedokteran UNTAN, produk perawatan bibir yang mengandung shea butter sekitar 1 hingga 45 persen dapat membuat bibir kita tetap lembab. Dengan begitu, kamu bisa membuat produk perawatan bibir sendiri yang bisa melembapkan dan mencegah bibir kering serta pecah-pecah. Manfaat lainnya adalah melindungi bibir dari dampak buruk sinar matahari.

Manfaat Shea Butter untuk Perawatan Rambut

Jika kamu ingin membuat produk perawatan rambut dengan ekstrak biji pohon shea, yuk kita pelajari manfaatnya:

  • Mencegah Rambut Patah

Shea butter sudah dikenal sebagai bahan pelembap yang baik bahkan untuk rambut. Kandungannya bisa mengunci kelembapan rambut, membantu mengatasi masalah rambut kering dan bercabang. Dengan begitu, rambut akan menjadi lebih halus dan mudah diatur, serta mengurangi risiko rambut patah.

  • Mengatasi Ketombe

Masalah ketombe bisa diatasi dengan efektif dengan mengembalikan kelembapan kulit kepala yang kering dan iritasi. Penggunaan produk yang mengandung pelembap dan shea butter dapat membantu mengurangi ketombe dan masalah kulit kepala bersisik.

Punya Ide Membuat Produk dengan Shea Butter?

Terdapat banyak manfaat shea butter dalam produk kecantikan dan perawatan kulit. Namun, perlu diingat bahwa shea butter terdiri dari 2 jenis, yaitu unrefined (murni) dan refined (mengalami proses penyaringan). Jika kamu berencana membuat produk skincare dan personal care sendiri, lebih baik pilih jenis unrefined.

Mengapa? Karena manfaat shea butter jenis unrefined lebih maksimal untuk kulit calon konsumen. Setelah memutuskan untuk menciptakan skincare dengan merek sendiri, sekarang saatnya kamu berkonsultasi dengan perusahaan manufaktur kontrak terbaik dari Indocare B2B, yang sudah berpengalaman sejak 1988 dalam pengembangan produk skincare dan personal care di Indonesia. 

Indocare B2B juga telah menghasilkan produk kecantikan lokal yang aman dan terjamin kualitasnya melalui proses dan fasilitas yang telah terstandardisasi BPOM dan Halal BPJPH. Lewat bantuan Indocare B2B, kamu bisa lebih mudah memproduksi skincare sesuai kebutuhan target marketmu. Yuk, hubungi kami di sini untuk berdiskusi dan menentukan spesifikasi produk yang mengandung shea butter untuk produk impianmu!

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.