Ketahui Manfaat Stearyl Alcohol dalam Produk Skincare

Ketahui Manfaat Stearyl Alcohol dalam Produk Skincare

Stearyl alcohol adalah salah satu jenis alkohol yang sering muncul dalam produk skincare. Manfaat stearyl alcohol sendiri sangat beragam, dan telah diadopsi oleh banyak merek produk kecantikan dan perawatan kulit. Ketahui serba-serbi alkohol jenis ini dan apa manfaat penggunaannya dalam produk skincare.

Fungsi Stearyl Alcohol 

Stearyl alcohol memiliki beberapa fungsi dalam produk perawatan kulit dan kosmetik, yaitu:

  • Pelembap

Manfaat stearyl alcohol yang utama dalam produk skincare adalah sebagai emollient atau pelembap. Molekul panjang pada alkohol lemak seperti ini mampu mengisi ruang-ruang kecil pada permukaan sel kulit. Hasilnya, skin barrier membaik dan permukaan kulit jadi tidak terlihat kering.

Alkohol ini juga bisa membantu mengunci kelembapan pada permukaan kulit, sehingga kulit menjadi lebih segar dan lembap dalam waktu yang lama. Stearyl alcohol bisa dicampurkan ke body lotion, krim tangan atau tumit, pelembap wajah, dan sebagainya.

  • Emulsifier

Stearyl alcohol memiliki fungsi emulsifier, yaitu menjaga agar tekstur campuran bahan produk skincare tidak berubah. Banyak produk skincare terdiri dari campuran bahan berbahan dasar air dan minyak. Stearyl alcohol memastikan bahwa perpaduan minyak dan air dalam produk tidak terpisah hingga mengubah teksturnya.

  • Pengatur Kekentalan

Manfaat stearyl alcohol lainnya adalah sebagai pengatur kekentalan (viscosity control) dalam produk skincare. Lemak ini berperan dalam menjaga tekstur dan kekentalan produk agar tetap konsisten. 

Stearyl alcohol sering ditemukan dalam produk berbentuk gel, krim, atau produk dengan tekstur kental lainnya. Dengan menjaga kekentalan yang tepat, produk bisa tetap terasa konsisten, lembut, dan mudah dioleskan pada kulit.

  • Foam Boosting

Stearyl alcohol memiliki fungsi sebagai foam boosting atau pemicu terbentuknya busa. Inilah yang membuat produk seperti sabun wajah dan badan menghasilkan busa yang lembut dan konsisten ketika dioleskan pada kulit. Tekstur dan bentuk busa juga terasa konsisten sehingga tidak cepat hilang selama pemakaian.

  • Refatting

Refatting merupakan proses kembalinya lapisan lipid ke permukaan rambut atau lapisan atas kulit. Stearyl alcohol membantu mencegah rambut dan kulit terasa kering setelah menggunakan produk pembersih.

Manfaat Stearyl Alcohol untuk Kulit

Stearyl alcohol memiliki berbagai manfaat jika ditambahkan ke dalam produk perawatan kulit.  Sebagai alkohol lemak, stearyl alcohol berbeda dari alkohol keras yang bisa membuat kulit kering. Bahan ini juga cukup aman digunakan setiap hari.

Beberapa manfaat stearyl alcohol untuk kulit adalah:

  • Menjaga Kelembutan dan Kelembapan Kulit

Kelembapan alami kulit sering terkikis setiap hari karena hal-hal seperti udara kering, AC, dehidrasi, hingga produk pembersih yang berbusa. Produk pelembap yang mengandung stearyl alcohol menjaga kelembapan alami kulit agar tidak mudah hilang. Produk dengan bahan ini juga meninggalkan rasa lembut di permukaan kulit setelah diaplikasikan.

  • Mencegah Iritasi pada Kulit Kering

Pemilik kulit kering dan sensitif biasanya mudah mengalami iritasi, terutama ketika menggunakan produk yang kurang cocok. Stearyl alcohol bisa membantu mengurangi risiko iritasi dan gejala kulit kering lainnya.

  • Menjaga Kondisi Kulit bagi Penderita Psoriasis

Pemilik kondisi kulit seperti psoriasis biasanya kesulitan menemukan produk skincare yang aman. Stearyl alcohol merupakan salah satu bahan yang umum digunakan dalam produk untuk pemilik kondisi kulit seperti ini. Sebagai alkohol lemak, stearyl alcohol tidak menimbulkan iritasi, menjaga kelembapan, dan mengurangi kemungkinan munculnya gejala.

Keunggulan Stearyl Alcohol sebagai Bahan Produk Skincare

Stearyl alcohol merupakan salah satu jenis alkohol lemak (fatty acid) dengan molekul panjang. Alkohol ini diolah dari asam stearat, yaitu asam lemak jenuh yang diekstrak dari lemak hewani atau nabati, misalnya minyak sawit. Karena merupakan substansi industri yang populer, Smartpreneur tidak akan kesulitan menemukan pemasoknya.

Stearyl alcohol juga telah dinyatakan aman oleh institusi seperti panel Cosmetic Ingredient Review. Stearyl alcohol yang diekstrak dari lemak nabati boleh digunakan dalam produk skincare dan kosmetik. Akan tetapi, standar berbagai negara mungkin menuntut pengawasan dan aturan yang lebih ketat untuk stearyl alcohol yang berasal dari lemak hewani.

Menurut Fatwa MUI Nomor 11 Tahun 2018, alkohol yang dianggap haram adalah yang digunakan untuk pembuatan minuman memabukkan. Sehingga, alkohol untuk formulasi produk kosmetik dan skincare hukumnya diperbolehkan. Syaratnya, alkohol tersebut tidak boleh berasal dari industri minuman keras dan proses pengembangannya harus aman, dan memiliki standar Halal..

Contoh jenis alkohol yang aman untuk produk kecantikan ada di daftar Keputusan Menteri Agama Nomor 1360 Tahun 2021. Jenis alkohol untuk keperluan tersebut dianggap sebagai produk kimia hasil pengolahan bahan alami atau sintetis sehingga halal. Selain stearyl alcohol yang diekstrak dari lemak nabati, ada benzyl alcohol (secara alami berasal dari pati dan ragi) dan cetyl alcohol yang diekstrak dari minyak tumbuhan seperti sawit.

Haruskah Menggunakan Stearyl Alcohol dalam Bisnis Skincare?

Stearyl alcohol dianggap sebagai bahan yang relatif netral dengan beberapa manfaat. Jadi, penggunaannya cukup populer dan telah digolongkan sebagai bahan aman untuk produk kulit. 

Ada beberapa bahan yang efeknya mirip cetyl alcohol. Contohnya adalah bahan seperti squalane dan aneka minyak alami dari ekstrak tumbuhan yang dapat menjadi alternatif pelembap. Namun, karakteristik dan manfaat stearyl alcohol dinilai lebih unggul jika digunakan dalam formulasi produk skincare

Manfaat stearyl alcohol terlihat jelas; mulai dari efek melembapkan pada kulit, tekstur produk yang konsisten, hingga busa yang membuat pengalaman penggunaan menjadi lebih memuaskan. Status keamanan yang diakui secara global serta jaminan Halal di Indonesia pun menjadikan stearyl alcohol salah satu bahan skincare yang bisa dimanfaatkan dalam proses pengembangan produk kecantikan. Smartpreneur pun bisa memanfaatkan alkohol ini lewat kolaborasi bersama Indocare B2B untuk menciptakan produk skincare dari bahan berkualitas.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.