Suplemen Biotin: Manfaatnya dari Ujung Rambut hingga Kaki

Suplemen Biotin: Manfaatnya dari Ujung Rambut hingga Kaki

Biotin merupakan bentuk vitamin B7 yang berperan dalam proses pembakaran protein dan lemak. Vitamin ini secara alami terdapat pada makanan maupun suplemen biotin. Contoh makanan yang mengandung biotin, antara lain telur dan salmon. Vitamin ini memiliki banyak manfaat terutama pada kalangan perempuan demi mendukung kecantikan dan kesehatan secara menyeluruh. 

Kandungan Biotin

Biotin mengandung jenis vitamin B kompleks, yaitu vitamin B7 atau vitamin H yang bekerja dengan membentuk asam lemak dan glukosa. Jenis vitamin ini termasuk vitamin yang larut dalam air. Oleh sebab itu, biotin mampu membantu metabolisme karbohidrat, asam amino, dan memecah lemak di dalam tubuh. 

Manfaat Suplemen Biotin

Meskipun terkenal sebagai vitamin perempuan, biotin juga membawa manfaat kesehatan yang bisa dirasakan oleh semua konsumen. Berikut manfaat suplemen biotin yang wajib Anda ketahui:

1. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Mengonsumsi suplemen biotin secara rutin memberikan beberapa manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaatnya adalah kemampuannya dalam mendukung kinerja hormon insulin yang mengatur kadar gula darah. Dengan pemberian dosis yang tepat, biotin dapat mencegah terjadinya resistensi insulin dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

2. Mengatasi Kerontokan Rambut

Biotin juga memiliki peran penting dalam mengatasi masalah kerontokan rambut dengan cara merangsang pertumbuhan akar rambut. Dengan begitu, rambut dapat menjadi lebih kuat dan lebih lebat dari sebelumnya.

3. Memperkuat Kuku

Suplemen ini juga memberikan manfaat bagi konsumen yang memiliki kuku yang rapuh dan mudah patah. Kandungan biotin dapat mendukung pertumbuhan jaringan pada kuku, menjadikannya kuat dan tahan patah.

4. Mencegah Kerusakan Kulit

Kekurangan biotin ternyata dapat menyebabkan masalah kulit seperti dermatitis seboroik atau ruam merah dan bersisik. Kehadiran vitamin B7 ini sangat penting dalam proses metabolisme lemak, yang berkontribusi dalam menjaga kesehatan kulit.

Target Pasar Suplemen Biotin

Bagi Anda yang ingin berbisnis suplemen ini, tentunya harus tahu siapa target yang harus Anda sasar ketika melakukan pemasaran produk bisnis. Diketahui, dosis konsumsi biotin berbeda-beda untuk setiap orang karena harus menyesuaikan dengan jenis kelamin, usia, dan kondisi kesehatannya. 

Oleh sebab itu, mengetahui target pasar bisnis Anda juga akan memudahkan Anda untuk menciptakan produk suplemen biotin dan strategi pemasaran yang tepat, bahkan yang dapat dikonsumsi oleh hampir semua kalangan. Sebagai acuan, berikut rekomendasi dosis biotin menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG).

  • Bayi berusia 0-11 bulan membutuhkan asupan biotin sekitar 5-6 mcg.
  • Anak-anak berusia 1-9 tahun membutuhkan asupan biotin sekitar 8-12 mcg.
  • Anak-anak berusia 10-15 tahun membutuhkan asupan biotin sekitar 20-25 mcg.
  • Orang dewasa dan anak-anak pada usia lebih dari 16 tahun membutuhkan asupan biotin sekitar 30 mcg.
  • Ibu hamil umumnya tidak perlu mengkonsumsi biotin.
  • Ibu menyusui boleh mengkonsumsi biotin dengan dosis sekitar 5 mcg.

Sementara itu, suplemen ini juga dibutuhkan oleh seseorang dengan gejala kekurangan biotin yang berbeda-beda, menyesuaikan dengan kondisi kesehatannya, seperti:

  • Seseorang yang menderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 memerlukan biotin dengan dosis 9-16 mg per hari.
  • Penderita dislipidemia dengan dosis 5 mg per hari.
  • Orang yang menderita defisiensi biotin simtomatik (dermatitis seboroik, depresi, alopecia, halusinasi, dan gangguan sistem saraf) 5-20 mg per hari dengan waktu konsumsi 3-5 hari.
  • Pasien multiple sclerosis 300 mg/3 kali sehari (penelitian lanjutan masih terus dilakukan).

Namun persentase biotin di produk-produk suplemen di pasaran bisa sangat berbeda. Umumnya, suplemen biotin mengandung biotin mulai dari 30 hingga 100 mcg untuk orang dewasa. Untuk menentukan ini pun perlu riset dan pengembangan yang komprehensif dari dokter, ahli gizi, hingga ahli kimia. 

Anda Tertarik Berbisnis Suplemen Biotin?

Terjun ke industri kesehatan di Indonesia adalah sebuah tanggung jawab yang besar. Anda harus bekerja dengan serius bersama banyak pihak untuk memastikan keamanan dan efikasi produk. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, sebab Anda bisa menyerahkan aktivitas produksi kepada Indocare B2B

Indocare B2B adalah perusahaan manufaktur yang memberikan layanan maklon termasuk produksi suplemen yang sesuai dengan standar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan pengalaman 30 tahun lebih, Indocare B2B telah menciptakan ribuan brand suplemen dan multivitamin domestik dan global. 

Jika Anda masih ragu untuk menjalin kerjasama, jangan ragu untuk menghubungi kami di sini untuk informasi yang lebih lengkap.

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.