Mengenal Manfaat Triethanolamine untuk Wajah

Mengenal Manfaat Triethanolamine untuk Wajah

Manfaat triethanolamine untuk wajah dapat dirasakan secara efektif apabila dikombinasikan dengan bahan skincare lainnya. Triethanolamine dikenal sebagai bahan yang berfungsi menyeimbangkan derajat keasaman (kadar PH) pada produk perawatan kulit.

Triethanolamine sering digunakan oleh produsen skincare untuk membantu mengentalkan formula dalam produk tertentu, seperti tabir surya, pelembap, serum, dan body lotion

Biasanya, triethanolamine tersedia dalam kemasan berbentuk krim dan losion sehingga mudah dicampurkan dengan kandungan lainnya. Selama pemakaiannya sesuai aturan, triethanolamine aman digunakan sebagai bahan pembuatan produk kecantikan.

Definisi Triethanolamine (TEA)

Triethanolamine (TEA) yang dikenal dengan nama lain trolamin merupakan senyawa kimia organik cair tidak berwarna, kental, dan sedikit berbau amonia karena mengandung nitrogen. 

Triethanolamine dibuat dari reaksi etilen oksida dengan amonia berair (yang asalnya dari udara). Turunan etanolamin ini biasa digunakan sebagai pengemulsi atau surfaktan untuk menstabilkan produk. 

Rumus kimia triethanolamine adalah N(CH2CH3)3 atau kerap disingkat Et3N, sedangkan rumus molekul triethanolamine adalah C6H15NO3. Bahan yang larut dalam air ini memiliki pH 7.5 serta titik didih 335.4o C dan titik lebur 21.6o C. 

Tak hanya digunakan untuk produk perawatan wajah dan kosmetik, triethanolamine juga menjadi salah satu bahan pembuatan produk perawatan rambut.

Amankah Triethanolamine?

Pada dasarnya semua zat kimia memiliki efek samping. Namun, risiko tersebut dapat diminimalkan dengan penggunaan yang tepat. Batas aman konsentrasi triethanolamine adalah antara 1% hingga 3%. 

Smartpreneur boleh menggunakan konsentrasi yang lebih rendah dari 1% untuk menciptakan produk skincare yang aman dan bermanfaat bagi kesehatan kulit. Namun, tidak disarankan menggunakan konsentrasi di atas 3% karena berisiko menyebabkan kulit wajah iritasi dan kemerahan.

Triethanolamine memang tidak termasuk karsinogen. Namun, akan sangat berbahaya jika kandungan ini digunakan bersama dengan agen N-nitrosasi dalam suatu produk. Adapun yang termasuk agen N-nitrosasi, antara lain natrium nitrat, asam nitrat, nitrous anhidrida, dan nitrosil halida.

Manfaat Triethanolamine untuk Wajah

Fungsi triethanolamine yang bersifat basa ini berguna untuk mengatur keseimbangan pH dan menstabilkan emulsi sehingga produk bisa tahan lebih lama. Sejumlah manfaat triethanolamine untuk wajah, yakni:

  • Menjaga Kelembapan

Triethanolamine telah terbukti mempunyai sifat yang sama dengan ceramide, sejenis lipid yang dapat meningkatkan perlindungan kulit dengan cara meningkatkan kadar air. Alhasil, kelembapan kulit akan terjaga.

  • Mencegah Jerawat

Triethanolamine mampu melindungi kulit melalui kadar protein dan nutrisi di dalam lapisan epidermis kulit. Ketika kulit mengalami dehidrasi, kulit akan tetap terlindungi dari pertumbuhan bakteri dan kotoran yang menempel di permukaan kulit.

  • Menjaga dari Radikal Bebas

Triethanolamine merupakan tabir surya alami sehingga bersifat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari. Kandungan ini dapat membunuh radikal bebas sebelum menyentuh permukaan kulit.

Keunggulan TEA sebagai Bahan Skincare

TEA memiliki sejumlah keunggulan yang dapat Smartpreneur gunakan sebagai campuran bahan pembuatan skincare. Adapun keunggulan yang dimaksud, di antaranya:

  • Menyeimbangkan pH: triethanolamine menetralkan tingkat keasaman dan alkalinitas. Lantaran hal ini, skincare yang mengandung triethanolamine minim risiko iritasi kulit akibat pH tinggi.
  • Pengemulsi: trietanolamin bermanfaat untuk menyatukan zat minyak dengan non-minyak agar tercampur dengan baik. Tanpa triethanolamine, Smartpreneur akan sulit menciptakan produk yang efektif dengan dua bahan bertolak belakang tersebut.
  • Menstabilkan Emulsi: trietanolamin efektif membuat krim dan losion bertahan lebih lama.
  • Mengentalkan Formula: triethanolamine membantu mengentalkan serta menambah isi formula skincare.
  • Cocok untuk Jerawat: kandungan triethanolamine untuk jerawat sangat efektif mengatasi dan mencegah pertumbuhannya.
  • Pembersihan Lebih Efektif: lantaran dapat membentuk partikel kecil, triethanolamine bisa menghasilkan produk perawatan wajah yang bersifat membersihkan secara efektif. 
  • Berperan Sebagai Pengawet: triethanolamine dapat mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada produk perawatan wajah.

Pengembangan Produk Skincare dengan Triethanolamine 

Mengingat triethanolamine bukanlah bahan yang berbahaya dan memiliki banyak manfaat untuk kulit, Smartpreneur tak perlu ragu untuk menggunakannya sebagai salah satu bahan pembuatan produk perawatan kulit dan personal care.

Berbekal informasi ini alangkah bijak apabila Smartpreneur mulai mempertimbangkan penggunaan triethanolamine. Penggunaan dengan konsentrasi yang sesuai batas aman dapat menciptakan peluang bisnis yang menghasilkan keuntungan besar.

Apabila berhasil menemukan formulasi yang tepat dengan tambahan triethanolamine, Smartpreneur bisa menciptakan produk best seller yang akan disukai oleh konsumen. Bahkan, Smartpreneur berpeluang unggul dari kompetitor serupa.

Untuk menciptakan produk skincare dengan menggunakan manfaat triethanolamine untuk wajah, gunakan layanan maklon skincare Indocare B2B. Bersama Indocare B2B, nikmati proses pembuatan produk dengan bahan terbaik serta dukungan dari R&D komprehensif.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.