Tren Kandungan: Manfaat Witch Hazel untuk Kulit

Tren Kandungan: Manfaat Witch Hazel untuk Kulit

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan bahan herbal dalam formula skincare makin populer. Ini karena kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk perawatan dari bahan alami yang makin besar. Salah satu bahan herbal yang banyak digunakan untuk skincare adalah witch hazel. Apa saja manfaat witch hazel jika diaplikasikan ke kulit?

Asal-usul Witch Hazel

Witch hazel, dikenal pula sebagai Hamamelis virginiana, adalah tanaman semak asli Amerika Utara. Daun dan rantingnya telah lama digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk mengobati berbagai macam penyakit. Ekstrak witch hazel diperoleh dengan menyuling daun dan rantingnya, menghasilkan cairan bening dengan sifat antiinflamasi dan astringen.

Manfaat Witch Hazel untuk Kulit Wajah

Witch hazel telah menjadi bahan populer dalam produk skincare karena beberapa manfaatnya untuk kulit wajah. Beberapa manfaat witch hazel untuk kulit antara lain adalah:

Meredakan Inflamasi

Peradangan atau inflamasi adalah respons tubuh yang terjadi ketika melawan infeksi dan cedera. Peradangan dapat terjadi secara akut dan kronis. Peradangan kronis pada kulit dapat terjadi pada kondisi tertentu seperti jerawat, eksim (dermatitis), dan psoriasis.

Witch hazel mengandung senyawa anti-inflamasi seperti asam galat dan tanin, serta antioksidan untuk mengurangi peradangan dan meredakan radikal bebas. Ini membuatnya bermanfaat dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Mengurangi Masalah Iritasi pada Kulit

Kulit sensitif adalah kondisi umum yang dialami sebagian besar populasi. Kulit sensitif cenderung kering, mudah mengalami radang dan iritasi. Witch hazel sebagai salah satu bahan herbal diketahui memiliki potensi untuk pengobatan kondisi kulit yang meradang, teriritasi, atau rusak termasuk pada pemilik kulit sensitif. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan topikal witch hazel untuk kulit dapat mengurangi eritema atau kemerahan hingga 27%. 

Studi juga menunjukkan bahwa losion dengan kandungan minimal 10% ekstrak witch hazel efektif dalam mengurangi peradangan kulit dan meredakan eritema. Dalam penelitian kecil lainnya, witch hazel topikal mampu merawat kulit wajah yang iritasi.

Mengatasi Masalah Jerawat

Berkat sifat antiinflamasinya, witch hazel dapat memberikan manfaat dalam pengobatan jerawat. Pengaplikasiannya langsung ke wajah setelah membersihkannya dapat memberikan hasil maksimal. 

Sebagai astringen, witch hazel menyusutkan jaringan untuk mengecilkan pori-pori, menenangkan kulit, dan meredakan peradangan, dan mencegah infeksi bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, witch hazel sering ditambahkan ke produk jerawat sekaligus bermanfaat bagi kulit berminyak. 

Melindungi Kulit dari Kerusakan

Tannin dalam witch hazel juga diyakini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dengan cara menghalangi zat penyebab peradangan agar tidak masuk ke dalam sel kulit. Studi pada hewan menunjukkan bahwa witch hazel juga dapat membantu menetralkan radikal bebas berbahaya dan mencegah penyebaran sel kanker kulit. 

Witch hazel juga dapat membantu menyamarkan pori-pori dan melindunginya dari berbagai polutan di udara. Mengoleskan produk skincare dengan kandungan witch hazel di pagi hari akan membantu menjaga kulit dari paparan polusi sepanjang hari. Ini dapat menghindarkan kulit dari berbagai risiko kerusakan termasuk kerusakan karena sinar UV, kerutan dan hiperpigmentasi.

Penggunaan Witch Hazel dalam Produk Skincare

Umumnya witch hazel aman digunakan untuk semua jenis kulit, namun efek samping witch hazel dapat terjadi pada beberapa orang, sehingga akan mengalami iritasi, kulit kering, dan kemerahan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan tes alergi pada area kecil kulit sebelum menggunakan produk witch hazel secara luas. 

Berikut beberapa tips penggunaan witch hazel untuk produk skincare:

  • Formulasikan witch hazel dengan bahan bebas alkohol untuk meminimalisasi risiko iritasi.
  • Rekomendasikan penggunaan witch hazel sebanyak dua kali sehari.
  • Witch hazel sebaiknya diaplikasikan dengan kapas atau langsung disemprotkan ke kulit.
  • Witch hazel tidak disarankan untuk digunakan di area mata atau bibir.
  • Jika terjadi iritasi pada pengguna, penggunaan harus dihentikan dan pengguna sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

Pengembangan Produk Skincare dengan Witch hazel

Popularitas witch hazel dalam skincare mendorong para produsen untuk mengembangkan berbagai produk dengan kandungan witch hazel, seperti:

  • Toner untuk membantu membersihkan dan menyegarkan kulit.
  • Moisturizer untuk melembabkan kulit tanpa membuatnya terasa berminyak.
  • Serum untuk mengatasi masalah kulit tertentu, seperti jerawat atau penuaan dini.
  • Cleanser untuk membersihkan kulit dari kotoran, minyak berlebih, dan makeup.
  • Aftershave untuk menenangkan kulit setelah bercukur.

Setelah memahami dengan baik berbagai manfaat witch hazel untuk kulit, apakah Smartpreneur tertarik untuk menggunakannya sebagai bahan aktif dalam produk skincare? Indocare B2B hadir sebagai penyedia layanan manufaktur atau maklon skincare yang siap menjadi mitra Smartpreneur dalam menciptakan produk skincare berkualitas menggunakan witch hazel

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.