Memahami Susahnya Bikin Sabun Sendiri

Memahami Susahnya Bikin Sabun Sendiri

Memasarkan sabun natural, dimana semua kandungannya cocok bagi kulit konsumen, adalah keinginan semua orang. Nah bagaimana caranya bikin sabun sendiri?

Membuat sabun sendiri dapat dilakukan dengan sederhana sampai rumit, tergantung keinginan kita. Namun yang jelas, membuat sabun sendiri untuk dipasarkan adalah kegiatan yang merepotkan.

Di artikel ini, Anda akan mendapatkan 6 langkah dalam membuat sabun sendiri. Kelebihan yang didapatkan dari bikin sabun sendiri adalah Anda dapat menentukan bahan-bahan penyusun sabun dan jenis parfum yang disukai konsumen. Jika ingin tetap menentukan bahan penyusun sabun dan parfum tanpa kerepotan, maka solusinya adalah bekerja sama dengan maklon personal care.

Sebab maklon personal care dapat membantu kita untuk memproduksi sabun dengan formula yang kita inginkan, tanpa perlu mengurus proses quality control, product research, dan resiko mengalami kegagalan produksi. Diskusikan pertanyaan seputar maklon dengan kami disini. Ketik pertanyaan Anda pada form hijau di sebelah kanan layar. Kami akan membantu Anda secepatnya.

Cara Bikin Sabun Natural Sendiri

Sebelum memulai proses bikin sabun sendiri, persiapkan dulu peralatan yang diperlukan, antara lain:

  • Mangkuk untuk mencampur bahan-bahan sabun. Sebaiknya pilihlah mangkuk yang terbuat dari stainless steel, tempered glass, dan enamel. Hindari menggunakan mangkuk dari bahan aluminium atau tembaga, sebab kedua bahan tersebut akan bereaksi ketika terkena lye.
  • Sendok untuk mengaduk adonan bahan sabun, gunakan yang terbuat dari bahan plastik atau silikon.

Siapkan pula bahan-bahan pembuat sabun seperti:

  • Minyak kelapa 2/3 cup. Fungsinya untuk menghasilkan busa yang cukup.
  • Minyak zaitun 2/3 cup, untuk mengeraskan sabun.
  • Minyak lainnya 2/3 cup. Seperti minyak almond, grapeseed, atau minyak bunga matahari.
  • Lye 1/4 cup. Nama lainnya adalah sodium hidroksida 100 persen.
  • Air dingin 3/4 cup.

Jika bahan-bahan dan peralatan sudah terkumpul, tutupilah meja tempat membuat sabun dengan koran bekas agar terhindar dari tumpahan bahan sabun. Kemudian, berikut langkah-langkah membuat sabun natural sendiri:

1. Campurkan air dan lye

Masukkan air, sebanyak seperempat mangkuk. Kemudian masukkan 1/4 cup lye ke dalamnya, sambil mengaduk. Teruslah mengaduk hingga lye tercampur merata. Anda bisa berdiri agak mundur ketika mengaduk, untuk menghindari asap yang muncul.

2. Campurkan ketiga bahan minyak lainnya

Gunakan mangkun lain, dan campurkanlah minyak kelapa, minyak zaitun, dan satu minyak lain pilihan Anda. Kemudian panaskan menggunakan oven microwave selama 60 detik. Ukurlah campuran ketiga minyak tersebut, pastikan bersuhu 48 derajat Celcius.

Pastikan pula suhu campuran lye dan air antara 35 sampai 40 derajat Celcius. Jika suhu keduanya terlalu rendah, maka lye dan campuran minyak akan bercampur terlalu cepat.

3. Campurkan minyak dan Lye

Jika minyak dan lye berada pada temperatur yang disarankan, maka campurkanlah minyak dan lye ke dalam satu mangkuk. Tuangkanlah lye secara perlahan, kemudian aduklah dengan tangan selama lima menit. Setelah diaduk 5 menit, adonan sabun akan tampak mengental dan warnanya memudar.

4. Tambahkan produk herbal, atau essential oils

Anda bisa juga menambahkan bahan tambahan lainnya, kemudian aduklah hingga tercampur merata. Setelah itu tuangkanlah adonan sabun ke cetakan sabun. Kemudian tutup rapat cetakan dengan plastik, dan bungkuslah dengan handuk. Diamkan selama 24 jam.

Hal tersebut bertujuan agar adonan sabun tetap panas, sehingga proses saponifikasi bisa terjadi. Saponifikasi adalah proses dimana bahan-bahan dasar berubah menjadi sabun.

5. Cek adonan sabun

Setelah didiamkan selama 24 jam, cek kembali adonan sabun. Jika masih terasa lembek dan hangat, diamkan lagi hingga 12 sampai 24 jam. Jika adonan sabun sudah keras dan dingin, potong-potonglah menjadi batangan berukuran lebih kecil. 

6. Tutuplah sabun

Sabun buatan sendiri biasanya menghasilkan gliserin sendiri, yang bersifat menarik kelembaban dari udara di sekitarnya. Hal ini membuat sabun sebaiknya dibungkus untuk melindunginya dari debu dan kotoran yang terbawa dalam kelembaban udara.

Memasarkan Sabun Sendiri

Jika Anda berencana untuk memasarkan produk sabun sendiri, maka masih banyak langkah yang harus dilakukan seperti:

  1. Menentukan kemasan serta desainnya
  2. Melakukan test stabilitas produk
  3. Mengurus legalitas produk
  4. dan masih banyak lainnya.

Untuk mempermudah Anda yang ingin membuat produk untuk Anda pasarkan sendiri, ketik pertanyaan Anda pada form hijau di sebelah kanan layar. Kami akan membantu Anda secepatnya.

No Comments

Post A Comment