Panduan Lengkap Membuat Sabun Herbal Rumahan

Panduan Lengkap Membuat Sabun Herbal Rumahan

Mungkin sabun komersial di pasaran tidak diciptakan untuk semua orang, apalagi untuk kamu dengan kulit sensitif. Nah, dengan membuat sabun herbal atau organik sendiri di rumah bisa jadi alternatif sabun pasaran yang mengandung berbagai macam bahan kimia dan bisa memicu inflamasi. Di sini kamu akan mendapatkan informasi soal step by step termasuk peralatan dan bahan yang kamu butuhkan untuk membuat sabun herbal rumahan.

Apa itu sabun herbal?

Sabun herbal adalah perawatan kulit yang terbuat dari ekstrak tanaman natural, minyak, dan bahan herbal lainnya, yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan kulit. Banyak sekali konsumen yang menganggap sabun herbal serupa dengan sabun organik padahal kedua jenis personal care ini jelas berbeda. 

Meskipun sama-sama disebut sebagai sabun natural, perbedaan sabun herbal dan sabun organik terletak di kandungan dan bahan yang digunakan. Sabun herbal mungkin saja memiliki kandungan sintetis atau kimia yang biasanya digunakan untuk menstabilkan dan mengoptimalkan manfaat sabun. Sementara sabun organik memiliki kandungan murni dari alam dan proses produksinya tidak menggunakan pestisida sintetis, pupuk, atau kandungan kimia lainnya. 

Manfaat sabun herbal

Telah banyak tutorial membuat sabun herbal rumahan, tetapi apakah sabun ini bisa menggantikan manfaat sabun komersial sebagai perawatan harian? Apa saja manfaat sabun herbal? Ini dia 5 manfaatnya.

  • Gentle

Ini adalah manfaat utama yang paling banyak dicari ketika hendak menggunakan sabun herbal. Karena kandungannya berasal dari alam membuat sabun herbal lebih lembut dan ringan untuk semua jenis kulit dan segala usia, terutama untuk mereka dengan kulit sensitif dan alergi pada bahan-bahan kimia.

  • Melembabkan

Meskipun gentle, sabun herbal ternyata bisa melembabkan kulit karena mengandung minyak alami seperti minyak kelapa, olive oil, dan jojoba oil. Beberapa kandungan seperti aloe vera atau shea butter juga mampu menghidrasi dan menenangkan kulit kering dan iritasi. 

  • Aromaterapi

Aromaterapi dapat membuat aktivitas di kamar mandi jadi lebih menyenangkan, memberikan pengalaman relaksasi, peremajaan, dan membuat pikiran menjadi lebih segar, tergantung pada herba dan minyak esensial yang dipilih. Namun herba yang paling sering digunakan untuk memberikan efek aromaterapi adalah lavender dan chamomile. 

  • Ramah lingkungan

Meningkatnya kesadaran dan pendidikan isu lingkungan juga meningkatkan permintaan sabun herbal. Diproduksi tanpa plastik kemasan melainkan material yang mudah terurai, atau bahkan bahan yang telah didaur ulang, dan menghasilkan lebih sedikit limbah. Untuk mereka yang lebih progresif seperti kamu, membuat sabun herbal sendiri adalah langkah yang paling efektif untuk berkontribusi pada kelestarian lingkungan. 

  • Menyehatkan kulit

Beberapa bahan seperti green tea, kunyit, dan aloe vera kaya akan antioksidan sehingga dapat menjaga, menyehatkan, dan melindungi kulit dari efek radikal bebas yang mampu membuat kulit kering, menimbulkan flek hitam, dan bahkan kanker. 

Peralatan yang kamu butuhkan

Sebelum mengetahui bahan dan cara membuat sabun herbal di rumah, kamu perlu mempersiapkan alat-alat di bawah ini;

  • Termometer
  • Double boiler atau panci stainless
  • Sendok takar
  • Blender atau ulekan
  • Timbangan digital
  • Mangkok serta sendok 
  • Pemotong sabun (soap cutter)
  • Pembentuk sabun atau soap molds (bisa juga dengan ice tray)
  • Kacamata, sarung tangan, serta apron

Bahan yang wajib kamu siapkan

Sementara untuk bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut

  • 16 ons minyak kelapa
  • 16 ons minyak zaitun
  • 2 ons herba kering kesukaan kamu (seperti lavender, chamomile, atau rosemary)
  • 4,5 ons alkali (natrium hidroksida)
  • 10 ons air distilasi

Step by step membuat sabun herbal

Sekarang jika alat dan bahan-bahan kamu sudah siap, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sangat sederhana untuk membuat sabun herbal kamu sendiri. 

  • Mulailah dengan memasukkan minyak kelapa dan minyak zaitun ke dalam panci stainless dengan api kecil 
  • Jika sudah meleleh, masukkan herba kering yang sudah dihaluskan dengan blender atau ulekan ke dalam panci stainless tadi
  • Tunggu hingga meleleh. Dan jika sudah, angkat dari api, aduk, kemudian diamkan hingga dingin
  • Dalam mangkuk terpisah, masukkan alkali dan tambahkan perlahan air distilasi, kemudian aduk dengan sendok. Lakukan cara ini di ruangan yang punya sirkulasi udara yang baik seperti jendela yang terbuka dan gunakan pengaman seperti kacamata, sarung tangan dan apron untuk melindungi diri dari larutan alkali
  • Kemudian biarkan campuran alkali mendiringin hingga sekitar 35-37 derajat Celcius sebelum menambahkannya ke dalam campuran minyak di panci stainless, lalu aduk hingga rata
  • Jika larutan sudah cukup mengental dan dingin, kamu bisa juga menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk menambah aroma
  • Tuang campuran sabun ke dalam cetakan sabun atau ice tray dan tutupi dengan plastik atau handuk 
  • Biarkan sabun mengering selama 4-6 minggu di tempat yang sejuk. Namun jika daerah kamu terlalu panas dan kering, kamu bisa memasukkannya ke dalam kulkas (bukan freezer).

Jika kamu tidak ingin menggunakan bahan kimia seperti alkali, cukup lanjutkan ke step selanjutnya. 

Jadikan sabun herbal sebagai pendapatan pasif

Tahukah kamu kalau sabun herbal sangat banyak dicari karena manfaatnya untuk kulit sekaligus kesehatan? Plus, tidak banyak perusahaan FMCG yang memproduksi sabun herbal dengan klaim fantastis sehingga produsen sabun herbal biasanya merupakan UMKM atau bisnis rumahan yang dikerjakan oleh para ibu rumah tangga.

Adanya celah antara ketersediaan produk dan tingginya minat ini bisa menjadi peluang besar bagi kamu untuk mulai membangun bisnis sabun yang bermanfaat bagi banyak orang. Salah satu cara efisien untuk memulai segmen ini adalah dengan menggunakan maklon sabun seperti Indocare B2B

Indocare B2B, yang berada di bawah PT. Indocare Citrapasific tersertifikasi BPOM dan Halal sehingga kamu tidak perlu khawatir akan keamanan dan efikasi produk yang akan sampai ke tangan kamu. Mulai konsepsi, formulasi, hingga tes klinis dilakukan oleh tenaga profesional, serta proses legalitas pun akan kami lakukan jadi produk bisa bebas memasuki pasar Indonesia. 

Yuk segera produksi sampling dengan konsultasi gratis hari ini juga. Klik di sini atau klik di bar hijau di sebelah kanan layar monitor kamu.


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.