Catat! 4 Hal Penting Sebelum Memulai Bisnis Masker Wajah

Catat! 4 Hal Penting Sebelum Memulai Bisnis Masker Wajah

Bukan hanya serum, toner, dan sunscreen saja yang termasuk dalam skincare routine. Masker wajah juga merupakan bagian yang tak kalah penting dalam perawatan kulit. Tidak heran jika berbagai lapisan masyarakat Indonesia makin tertarik untuk menjalankan bisnis masker wajah. 

Sebelum menjalankan bisnis tersebut, pelajari dahulu beberapa informasi dasar yang akan diulas di artikel ini. 

Pertimbangkan 4 Faktor Sebelum Memulai Bisnis Masker Wajah

Selain menentukan target pasar dan branding, empat hal berikut ini juga perlu Anda pertimbangkan dengan teliti. Berikut penjelasannya: 

1. Jenis dan Manfaat Masker Wajah

Agar dapat menentukan jenis produk dan strategi penjualan yang Anda perlukan sesuai dengan target pasar, Anda perlu pengetahuan dasar tentang skincare dan face mask. Sejatinya, ada beberapa jenis masker yang punya manfaat yang berbeda antara satu dengan yang lain. Simak penjelasannya di bawah ini:

a. Gel Mask

Untuk yang memiliki kulit sensitif dan kering, gel mask bisa menjadi pilihan yang sesuai. Pasalnya, masker ini memiliki efek menenangkan pada kulit, terutama jika didinginkan di kulkas terlebih dahulu. Di samping itu, tekstur gel membuatnya mudah diserap oleh kulit. 

b. Peel-off Mask

Peel-off mask sangat mudah dan nyaman untuk Anda aplikasikan di wajah, terutama jika tipe kulit cenderung berminyak. Masker yang dapat Anda kelupas dengan mudah ini membantu mengangkat minyak, komedo, sel kulit mati, noda, dan bakteri dari permukaan kulit yang bisa menyumbat pori-pori. Kandungan peel-off mask juga bisa menembus ke dalam pori-pori kulit dan memberikan nutrisi sesuai dengan bahan kandungannya. 

c. Sheet Mask

Masker sekali pakai ini sangat digandrungi di Korea Selatan dan merambah ke berbagai belahan dunia lainnya. Tidak heran jika bisnis masker wajah di Indonesia juga sudah memopulerkan sheet mask. Semua jenis kulit bisa menggunakan masker berbentuk lembaran ini asal kandungannya sesuai dengan kebutuhan kulit. Biasanya, masker satu ini sangat cocok untuk menenangkan dan menghidrasi kulit karena kandungan serum dan essence yang tinggi. 

d. Clay Mask

Terbuat dari tanah liat jenis kaolin dan bentonit, clay mask sangat cocok mengatasi masalah minyak berlebih dan pori-pori tersumbat penyebab jerawat. Jika kulit tergolong kering, seseorang tetap bisa menggunakan masker ini dengan frekuensi yang terbatas untuk mencegah kulit kehilangan kelembaban.

e. Cream Mask

Masker berbahan dasar krim ini lebih cocok bagi kulit dewasa yang berjenis normal-kering. Untuk tipe kulit kombinasi, cream mask dapat membantu mengatasi flek. Dengan tekstur yang lembut, masker berbasis krim dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus mengencangkannya serta melembabkan kulit hingga terasa lebih halus.  

2. Jenis dan Komposisi Bahan

Meskipun banyak masker wajah yang beredar, tetapi belum tentu semuanya mempertimbangkan komposisi dan jenis bahan yang optimal. 

Faktanya, bahan pengawet, bahan kimia keras (seperti paraben dan pewarna kimia), dan alergen dapat menyebabkan iritasi wajah, terutama untuk jenis kulit sensitif dan kulit remaja. 

Oleh karena itu, masker wajah yang bebas pewangi, berasal dari bahan alami, dan dengan komposisi yang tepat lebih aman untuk diproduksi secara massal. 

3. Proses produksi

Jika faktor-faktor di atas sudah aman, selanjutnya untuk kelancaran bisnis masker wajah, Anda perlu memperhatikan sebaik mungkin proses produksi. Cermati keseluruhan proses produksi, mulai dari kualitas dan standar keamanan serta kebersihan produk, alat dan fasilitas produksi.

4. Legalitas

Dalam industri skincare secara umum, pengusaha perlu memiliki izin usaha. Ketentuan ini juga berlaku bagi Smartpreneur seperti Anda jika memproduksi dengan melalui jasa maklon. Di samping itu, memastikan bahwa produk sudah terdaftar di BPOM, dan memiliki sertifikat halal juga tak kalah penting. 

Ingin Memulai Bisnis Masker Wajah dengan Mudah?

Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan lewat bisnis di industri skincare, tidak ada salahnya menjajal segmen yang satu ini. Tidak perlu bingung tentang bahan dan cara produksi. 

Anda bisa bekerja sama dengan Indocare B2B yang sudah berpengalaman sebagai salah satu dari segmen bisnis milik PT. Indocare Citrapasific untuk produk perawatan kulit dan suplemen kesehatan, mulai dari riset hingga pengembangan produk masker wajah dengan kualitas tinggi dan halal tentunya.  

Tim R&D akan mendampingi setiap proses secara seksama, dan Anda bisa memantau setiap progres karena transparansi adalah nilai penting untuk membuat setiap klien percaya pada proses yang kami buat. Pada akhirnya, Anda bisa bergantung pada tim produksi kami. Maka mulailah dengan konsultasi jenis bahan baku untuk bisnis masker wajah impian Anda. Cukup hubungi kami di sini untuk diskusi lebih lanjut. 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.