5 Kombinasi Skincare Terbaik untuk Mencegah Penuaan Dini

5 Kombinasi Skincare Terbaik untuk Mencegah Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, proses pergantian sel kulit manusia mulai melambat sehingga muncul tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus di mata dan area sekitar bibir. Tanda ini juga bisa muncul lebih awal, atau disebut penuaan dini. Selain gaya hidup sehat, terdapat kandungan skincare yang bisa membantu mencegah penuaan dini.

Kenapa Muncul Penuaan Dini?

Penuaan pada kulit ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam atau hiperpigmentasi, kerutan atau kulit kendur, kulit terasa kering, tipis, dan gatal, mudah memar, serta muncul keratosis aktinik.

Proses penuaan memang bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun, jika muncul sebelum usia 35 tahun, maka proses ini bisa disebut sebagai penuaan dini. Berikut penyebab tanda-tanda penuaan dini mulai bermunculan:

  • faktor genetik, seperti progeria atau Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome (HGPS)
  • paparan sinar matahari
  • tanning bed
  • stres
  • merokok
  • alkohol dan kafein
  • polusi udara
  • tidur larut
  • iritasi kulit akibat produk yang mengandung bahan kimia tertentu

Kombinasi Kandungan Skincare yang Efektif untuk Mencegah Penuaan Dini

Berikut daftar kombinasi skincare dengan kandungan untuk kerutan dan mencegah penuaan dini:

  • Green Tea dan Kafein

Green tea atau teh hijau kaya akan antioksidan dan sifat antiinflamasi. Sementara kafein juga kaya akan antioksidan dan bersifat fotoprotektif yang dapat melindungi kulit dari radiasi UV.

Kombinasi kedua bahan ini tidak hanya membantu mencegah penuaan dini. Pasalnya, bahan ini juga melindungi kulit dari radikal bebas dan kanker kulit karena efek radiasi sinar UV. Selain itu, kombinasi teh hijau dan kafein dapat memperbaiki tekstur kulit dan menjaganya tetap terhidrasi.

  • Asam Glikolat dan Resveratrol

Resveratrol yang berasal dari buah anggur memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi hiperpigmentasi, peradangan, dan melawan tanda-tanda penuaan. Sedangkan asam glikolat merupakan asam alfa hidroksi bekerja untuk membantu proses pengelupasan kulit mati. 

Kombinasi asam glikolat dan resveratrol merupakan salah satu kombinasi terbaik dalam mengatasi hiperpigmentasi. Asam glikolat bermanfaat sebagai anti penuaan, mengurangi pigmentasi, dan antijerawat. Resveratrol juga memiliki manfaat serupa, yaitu menginduksi produksi melanin dan membantu mengurangi hiperpigmentasi.

  • Vitamin C dan Vitamin E

Vitamin C atau asam askorbat merupakan nutrisi penting yang membantu meningkatkan kolagen kulit. Sebagai antioksidan kuat, vitamin C bisa ditemukan pada lapisan dermis dan epidermis kulit. Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan pada kulit. 

Di antara ragam bentuk antioksidan, hanya Alfa-tokoferol yang umum digunakan untuk kebutuhan manusia. Sejatinya, vitamin E tersedia pada lapisan terluar kulit namun eksposur yang terus-menerus terhadap sinar UV serta stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dapat mengakibatkan penurunan kadar vitamin E dalam lapisan kulit. Oleh karena itu, penggunaan vitamin E secara topikal dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Vitamin C dan vitamin E merupakan antioksidan yang saling melengkapi. Keberadaan vitamin E dapat meningkatkan kekuatan vitamin C dengan meningkatkan manfaat antipenuaan secara signifikan. Kombinasi keduanya dapat melindungi kulit terhadap radikal bebas dan membantu meregenerasi kulit.

  • Ceramides, Kolesterol, dan Fatty Acids

Lapisan luar kulit manusia, yang disebut sebagai stratum korneum, merupakan bagian terbesar dari epidermis. Dikenal sebagai matriks lipid secara umum, lapisan ini mengandung banyak struktur lipid seperti ceramide, kolesterol, dan asam lemak. Peran utama dari matriks lipid adalah untuk membentuk dan menjaga perlindungan kulit dari lingkungan sekitar.

Sebagai lapisan terluar kulit, stratum korneum sering terpapar polusi dan mengalami dehidrasi atau kekeringan sehingga memicu penuaan dini. Jika kulit diolesi dengan produk topikal yang mengandung kombinasi ceramide, kolesterol, dan asam lemak, maka ketiga bahan tersebut akan membantu membentuk pelindung kulit yang lebih efektif.

  • Peptides dan Ceramides

Peptida merupakan bagian dari asam amino yang bertugas dalam meningkatkan produksi kolagen dan mengatasi kulit yang kendur. Sementara itu, ceramide berfungsi membantu menjaga kelembapan kulit. Dengan manfaat ini, kombinasi produk skincare yang mengandung peptida dan pelembap ceramide dapat membantu mengencangkan kulit yang kendur.

Pengembangan Produk Skincare dengan Kombinasi Terbaik

Membangun merek skincare antiaging terbaik bisa sangat menantang, sebab memerlukan proses riset dan pengembangan (R&D) yang profesional, dan ini membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun lamanya. 

Berita baiknya adalah, Smartpreneur yang ingin memperluas jangkauan produk skincare di Indonesia tidak perlu terbebani dengan semua tanggung jawab tersebut sendirian. Indocare B2B, manufaktur kontrak yang telah terbukti sebagai mitra yang dapat diandalkan dalam proses pembuatan produk skincare, siap membantu dalam pengembangan skincare dengan fokus untuk mencegah penuaan dini

Didukung oleh tim penelitian dan pengembangan (R&D) yang berpengalaman di bidangnya, Smartpreneur dapat mengakses berbagai formula yang tepat dan kombinasi bahan-bahan terbaik untuk merawat kesehatan kulit konsumen.

Indocare B2B juga memiliki fasilitas produksi modern yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa semua produk yang diproduksi oleh Indocare B2B aman dan memiliki kualitas yang sangat baik.

Segera hubungi Indocare B2B untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai layanan pembuatan produk skincare antiaging terbaik yang langsung bisa memasuki pasar. 

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.