Mulai Bisnis Masker Organik Sendiri dengan 6 Cara Simpel Ini

Mulai Bisnis Masker Organik Sendiri dengan 6 Cara Simpel Ini

Jika kamu bergairah tinggi dan memiliki pengetahuan tentang skincare dan face mask, dan di sisi lain kamu tertarik dengan bisnis kecantikan, menjadikannya sumber pendapatan pasif adalah langkah yang sangat menggiurkan. Di sini kamu akan mendapatkan informasi mengenai tren industri masker dan bagaimana langkah-langkah memulai bisnis masker organik sendiri. 

Artikel ini dipersembahkan oleh Indocare B2B, perusahaan manufakturyang menyediakan layanan jasa maklon di bidang kosmetik, skincare, dan personal care. Ciptakan dan wujudkan impian kamu sebagai pelaku usaha di bidang bisnis masker organik hari ini juga. Konsultasi gratis.

Jika kamu berencana untuk memulai bisnis masker wajah organik, penting untuk memahami manfaat penggunaan bahan organik dalam produk perawatan kulit. Bahan organik dianggap lebih aman dan sehat daripada bahan kimia sintetik, dan dapat menarik pelanggan yang mencari alternatif alami. Selain itu, praktik pertanian organik dapat menarik konsumen yang sadar lingkungan.

Yang unik dari bisnis masker organik adalah kandungan di dalamnya yang menawarkan alternatif lebih sehat, aman, dan tentu lebih baik untuk kesehatan lingkungan. Kebanyakan masker organik yang beredar di masyarakat merupakan transformasi dari perawatan kulit tradisional seperti bengkoang, beras, dan kunyit. 

Semenjak pandemi mulai berubah ke endemi, konsumen ingin produk perawatan kulit yang less-harm, baik dari sisi tekstur, kandungan, dan efeknya pada lingkungan. Selain itu, bisnis masker wajah organik dapat menjadi peluang untuk mempromosikan industri yang berkelanjutan dan etika praktis. 

Tentu masih ada lini bisnis lain yang bisa dikejar, namun bisnis masker wajah organik bisa menjadi peluang unik dan menguntungkan bagi kamu yang menyukai perawatan kulit alami dan berkelanjutan. Pada akhirnya, kesuksesan bisnis apa pun akan bergantung pada faktor-faktor seperti kualitas produk, permintaan pasar, dan pemasaran yang efektif, jadi penting untuk meneliti dan merencanakan dengan cermat sebelum meluncurkan usaha baru apa pun.

Cara memulai bisnis masker organik

Kamu tidak perlu takut dan langsung menyerah, dengan mengikuti semua langkah di bawah ini satu per satu, kamu bisa memulai dan mengembangkan bisnis masker organik dengan merek kamu sendiri tanpa harus merogoh kocek pada konsultan manajemen bisnis. 

Langkah 1: Tentukan tujuan dan target audiens

Langkah pertama dalam mengembangkan masker wajah organik adalah menentukan tujuan dan target audiensnya. Putuskan apakah kamu ingin membuat masker yang tugasnya menghidrasi, peeling, clarifying, dan jenis kulit mana yang akan kamu targetkan (misalnya kering, berminyak, dan berjerawat). Ini akan sangat membantu kamu dalam memilih kandungan yang tepat dan mengembangkan formula yang akan memenuhi kebutuhan target audiens kamu. 

Langkah 2: Penelitian dan pilih bahan

Setelah mengidentifikasi tujuan dan target audiens, langkah selanjutnya adalah meneliti dan memilih bahan-bahannya. Cari bahan alami, organik, dan anti-inflamasi yang efektif untuk mewujudkan tujuan produk kamu. Beberapa bahan populer untuk masker wajah antara lain lidah buaya, tanah liat, madu, oatmeal, dan beras. 

Langkah 3: Kembangkan formula

Setelah memilih bahan dan kandungan potensial, saatnya mengembangkan formulanya untuk mengetahui efikasinya. Bereksperimenlah dengan rasio bahan yang berbeda hingga kamu menemukan kombinasi yang tepat. Perlu diingat bahwa formulanya tidak hanya efektif tetapi juga aman dan tidak membuat efek negatif di kulit. 

Langkah 4: Lakukan pengujian

Sebelum memulai produksi, penting untuk menguji formulanya untuk memastikannya aman, efektif, dan stabil. Uji masker pada area kecil kulit untuk memeriksa reaksi pada kulit. Lakukan pada beberapa jenis kulit. Juga, uji umur simpan formula untuk memastikan bahwa formula tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang wajar tanpa kehilangan efikasinya. 

Langkah 5: Produksi dan pengemasan

Setelah menguji formulanya, saatnya memproduksi dan mengemas masker wajah impian kamu. Pertimbangkan untuk menggunakan bahan kemasan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk memaksimalkan nilai merek kamu di pasar. Pastikan kemasannya juga praktis dan menarik di mata target audiens. 

Masker wajah termasuk ke dalam golongan kosmetik yang kegiatan produksinya wajib memiliki sertifikasi CPKB. Jika terbatas, kamu selalu bisa bekerja sama dengan perusahaan maklon kosmetik. Mulai dari konsepsi, riset, produksi, hingga pengujian dapat dilakukan oleh mereka sehingga kamu tidak perlu lagi memikirkan konsep dan produksi secara mendetail.

Nah, salah satu perusahaan maklon kosmetik di Indonesia adalah Indocare B2B. Telah bekerja selama hampir empat dekade dalam mengembangkan produk kecantikan ribuan klien di seluruh Indonesia hingga negara-negara tetangga di Asia Tenggara. Seluruh proses produksi dan fasilitas diawasi langsung oleh BPOM dan Halal sehingga produk akhirnya mampu memenuhi standar terbaik. Pun, Indocare B2B telah meraih sertifikasi ISO, sehingga kualitasnya pun diakui secara global. 

Klik di sini untuk produksi sampling. 

Langkah 6: Pemasaran dan distribusi

Langkah terakhir adalah memasarkan dan mendistribusikan masker wajah organik merek kamu sendiri. Ciptakan strategi pemasaran yang menekankan penggunaan bahan alami dan organik, serta manfaatnya untuk jenis kulit tertentu. Pertimbangkan juga untuk berkolaborasi dengan beauty influencer untuk mempromosikan produk kamu di media sosial. Tentu setelah kamu telah mengidentifikasi saluran distribusi yang cocok dengan branding kamu. 

Kesimpulannya, mengembangkan bisnis masker organik membutuhkan penelitian menyeluruh, formulasi yang cermat, dan pengujian yang terstandardisasi. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, sekarang kamu bisa terjun ke bisnis masker organik yang efektif dan memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.