OEM vs ODM: Mana yang Lebih Baik?

OEM vs ODM: Mana yang Lebih Baik?

Anda mungkin sering sekali mendengar istilah OEM dan ODM, terutama bagi Anda yang ingin mengembangkan produk di perusahaan manufaktur kontrak atau maklon. Sebelum memilih maklon yang terbaik, Anda harus tahu perbedaan OEM vs ODM supaya tidak salah kaprah dan membuat rencana bisnis Anda gagal. 

Artikel ini dipersembahkan oleh Indocare B2B, salah satu perusahaan manufaktur kontrak yang terkenal di bidang kosmetik, skincare, dan suplemen kesehatan sejak 1980. Kembangkan produk impian Anda hari ini juga dengan konsultasi secara gratis bersama tim kami di sini, atau klik bar hijau di sebelah kanan layar Anda untuk langsung terhubung ke WhatsApp.

Manufaktur kontrak

Sebelum mengenal OEM vs ODM, Anda wajib tahu definisi manufaktur kontrak atau maklon. Manufaktur kontrak ialah sebuah model bisnis dengan perjanjian di mana perusahaan manufaktur kontrak bertanggung jawab dalam memproduksi produk atau barang berdasarkan spesifikasi perusahaan yang mempekerjakan mereka. 

Perusahaan yang mempekerjakan manufaktur kontrak atau sering disebut klien biasanya berasal dari perseorangan dan badan usaha yang memiliki keterbatasan dalam peralatan produksi, waktu, dan tenaga kerja yang diperlukan untuk memproduksi. Jenis produk yang dapat diproduksi oleh manufaktur kontrak berupa obat-obatan, suku cadang otomotif dan elektronik, hingga kosmetik. 

Manufaktur kontrak sebenarnya memiliki beberapa konsep bisnis tetapi yang paling sering digunakan oleh masyarakat adalah OEM dan ODM. 

Pengertian OEM

Secara umum, OEM (Original Equipment Manufacturer) mengacu pada perusahaan yang memproduksi produk dan kemudian dijual oleh perusahaan lain dengan nama merek perusahaan lain tersebut. OEM akan mengikuti spesifikasi yang diberikan oleh perusahaan pembeli dan mungkin tidak memiliki banyak kendali kreatif atas produk akhir.

Pekerjaan OEM terbatas hanya pada kegiatan manufaktur atau proses produksi. Ketika berbicara soal desain konsep, OEM menyerahkannya langsung pada perusahaan yang ingin bekerja sama dengan mereka. 

Pengertian ODM

ODM (Original Design Manufacturer), di sisi lain, mengacu pada perusahaan yang merancang dan memproduksi produk yang dijual dengan merek pabrikan atau perusahaan lain. ODM biasanya digunakan oleh perusahaan yang tidak memiliki kemampuan atau sumber daya untuk merancang dan membuat produk sendiri. Perusahaan ODM memiliki kontrol yang lebih kreatif atas produk dan seringkali dapat memberikan lebih banyak opsi penyesuaian kepada pelanggan mereka.

Siapa yang butuh OEM dan ODM?

Singkatnya, perusahaan yang membutuhkan layanan OEM dan ODM adalah mereka yang membutuhkan bantuan untuk desain dan/atau pembuatan produk yang akan dijual dengan merek mereka sendiri atau dimasukkan ke dalam produk mereka yang lebih besar. Ini mungkin termasuk perusahaan yang tidak memiliki keahlian teknis atau sumber daya untuk mengembangkan produk sendiri, serta mereka yang ingin fokus pada kompetensi inti dan mengalihdayakan fungsi non-inti.

OEM vs ODM

OEM dan ODM adalah istilah yang digunakan dalam industri manufaktur untuk menggambarkan hubungan antara perusahaan yang merancang dan memproduksi produk dan perusahaan yang membeli dan menjual produk tersebut dengan merek perusahaan lain.

Sulit untuk mengatakan mana yang “terbaik” antara OEM dan ODM karena tergantung pada kebutuhan dan tujuan spesifik perusahaan.

Baik OEM maupun ODM memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika sebuah perusahaan ingin membangun identitas merek yang kuat dan memiliki sumber daya untuk memasarkan dan menjual produknya sendiri, mereka dapat memilih untuk bekerja dengan ODM. Namun, jika perusahaan ingin fokus pada efisiensi dan efektivitas biaya, mereka dapat memilih untuk bekerja dengan OEM.

Kenapa memilih Indocare B2B?

Indocare B2B adalah perusahaan manufaktur kontrak terpercaya sejak 1980 di bidang suplementasi dan kosmetik, dan selangkah lebih maju dibanding OEM. Tidak hanya kami mampu memproduksi produk impian untuk bisnis Anda, kami juga akan menemani Anda dalam konsepsi produk dengan analisa pasar yang komprehensif dari ahlinya. 

Dengan model bisnis one-stop product development, Indocare B2B yang berada di bawah PT. Indocare Citrapasific akan membimbing Anda dari awal hingga akhir produksi termasuk cek stabilitas dan lab. Agar produk bisa masuk ke pasar lebih cepat, kami juga akan membantu mengurus legalitas seperti izin edar dari BPOM dan Halal. 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.