Oleanolic Acid: Bahan Ampuh untuk Atasi Rontok dan Kebotakan

Oleanolic Acid: Bahan Ampuh untuk Atasi Rontok dan Kebotakan

Saat ini sudah banyak bahan perawatan rambut yang bisa ditemukan untuk mengatasi masalah rambut rontok dan kebotakan yang mengganggu kepercayaan diri. Salah satunya adalah oleanolic acid

Rambut rontok dan kebotakan merupakan salah satu masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Dalam tingkatan yang wajar, kerontokan adalah hal yang normal. Namun, jika kondisinya sudah mencapai tingkat yang ekstrem, hal ini tentu membutuhkan perawatan dan perhatian lebih.

Berdasarkan Jakpat (Jajak Pendapat) yang dilansir oleh GoodStats, sebanyak 64,7% responden menyatakan bahwa rambut rontok merupakan permasalahan rambut yang paling sering mereka alami. Sementara itu, permasalahan rambut berketombe menempati peringkat kedua dengan persentase sebanyak 44,3% dari total responden.

Apa Itu Oleanolic Acid?

Asam oleanolat atau oleanolic acid adalah ekstrak alami yang berasal dari daun Olea europaea (Olive). Bahan ini umumnya digunakan sebagai triterpene dalam produk perawatan kulit, dan berperan sebagai pelembap. Selain itu, asam oleanolat memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas, serta menunjukkan kemampuan antimikroba dan antiinflamasi.

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas oleanolic acid tidak hanya berkaitan dengan perawatan kulit saja. Berbagai penelitian menunjukkan kemampuan bahan satu ini dalam mengatasi masalah kerontokan rambut dan kebotakan.

Bagaimana Oleanolic Acid Mengatasi Rambut Rontok dan Kebotakan? 

Sebelum membahas tentang cara kerja oleanolic acid dalam mengatasi masalah rambut rontok dan kebotakan, perlu diketahui bahwa salah satu kondisi yang menyebabkan kebotakan adalah kombinasi dari efek hormonal (DHT) dan genetik yang menyebabkan miniaturisasi folikel rambut sehingga rambut menjadi semakin tipis dan menyebabkan kebotakan rambut atau disebut juga Androgenetic alopecia (AGA).

Androgenetic alopecia disebabkan oleh penurunan progresif dalam diameter, panjang, dan pigmentasi rambut. Di sisi lain, penipisan rambut yang menyebabkan kebotakan terjadi sebagai akibat dari pengaruh metabolit testosteron, yaitu DHT, pada folikel rambut yang sensitif terhadap androgen. Lalu, bagaimana oleanolic acid membantu mengatasi hal ini?

Menurut dr. Abelina Dpl. AAAM, MM, MARS, pembentukan hormon DHT merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah kerontokan dan kebotakan yang dipicu oleh faktor hormonal. Salah satu bahan yang terbukti aman mengatasi Androgenetic alopecia dengan menargetkan langsung ke DHT adalah oleanolic acid.

Asam oleanolat telah diuji coba pada 42 wanita untuk mengevaluasi keefektifannya. Hasil uji tersebut menunjukkan peningkatan pertumbuhan rambut yang signifikan pada mereka yang menggunakan kombinasi oleanolic acid, apigenin dan biotinil.

Penelitian in vitro pada tahun 2019 yang dilakukan oleh Chun-yu Lei melalui Acta Medica Mediterranea menegaskan bahwa oleanolic acid memiliki efek paling kuat dalam mendorong pertumbuhan rambut jika dibandingkan dengan 55 obat herbal Cina lainnya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan oleanolic acid untuk secara langsung menghambat aktivitas 5α-reduktase serta menurunkan dampak DHT.

Selain dengan menggunakan bahan oleanolic acid, beberapa produk perawatan rambut rontok dan kebotakan juga menggunakan bahan lain seperti ginseng dan kemiri.

Bikin Toner Rambut Sendiri Lewat Indocare B2B!

Dengan begitu banyaknya orang yang mengalami masalah kebotakan dan rambut rontok, produk yang memiliki kandungan oleanolic acid akan semakin banyak diminati untuk perawatan. Menghadirkan toner rambut untuk merawat rambut rontok dan kebotakan bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan bagi Smartpreneur. Mengapa?

  • Angka permintaan yang tinggi. Kebotakan dan rambut rontok merupakan masalah umum di Indonesia, meningkatkan permintaan produk penanggulangan
  • Meningkatnya kesadaran masyarakat akan perawatan tubuh. Masyarakat semakin sadar akan perawatan rambut dan kecantikan, mencari solusi aktif untuk masalah rambut
  • Dampak budaya yang besar. Budaya Indonesia yang peduli terhadap penampilan dan kecantikan mendorong permintaan produk penanggulangan terhadap berbagai masalah rambut termasuk kebotakan dan rambut rontok
  • Perkembangan pesat dalam penelitian dan inovasi. Advokasi inovasi dalam formula toner rambut dapat menarik konsumen yang mencari solusi efektif dalam penanganan masalah rambut rontok dan kebotakan
  • Pemasaran digital. Kemajuan pemasaran digital mempermudah bisnis mencapai pasar yang luas dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya produk perawatan rambut
  • Potensi pasar yang besar. Dengan populasi besar, Indonesia menawarkan pasar yang luas untuk produk perawatan rambut yang spesifik.
  • Substitusi terapi. Oleanolic acid juga bisa digunakan sebagai pengganti atau alternatif terapi medis yang menggunakan minoxidil untuk mengatasi Androgenetic alopecia.

Indocare B2B sebagai manufaktur dengan maklon spesialisasi personal care dan health supplement, bisa membantu Smartpreneur mewujudkan mimpi menghadirkan produk perawatan rambut dengan komoditas oleanolic acid terbaik. Tidak perlu membuang waktu untuk riset atau membangun pabrik sendiri karena Indocare B2B yang akan melakukannya untuk Anda.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya