Mengenal Lebih Dekat Tentang Original Equipment Manufacturer

Mengenal Lebih Dekat Tentang Original Equipment Manufacturer

Apakah Anda pernah mendengar istilah original equipment manufacturer atau yang biasa disingkat dengan OEM? Istilah ini umumnya akan Anda temukan saat Anda membeli produk-produk secara online. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu mengenai pengertian dari OEM ini.

Secara mudah, original equipment manufacturer adalah sebuah barang atau produk yang diproduksi oleh perusahaan manufaktur, yang mana kemudian itu diolah dan dijual kembali oleh perusahaan lain dengan mengatasnamakan merek atau brand yang berbeda.

Jika Anda adalah salah satu dari orang yang belum memahami secara baik apa itu OEM, maka membaca artikel ini bisa menjadi jalan keluar Anda. Di bawah ini, kami telah merangkum pengertian original equipment manufacturer, karakteristik, dan manfaatnya. Selamat membaca!

Pengertian Original Equipment Manufacturer (OEM)

Sama seperti yang dijelaskan sebelumnya, istilah OEM umumnya akan sering Anda jumpai di beberapa jenis produk yang ada di pasar. Biasanya, produk-produk OEM meliputi berbagai kategori produk, seperti elektronik, gadget, otomotif, produk farmasi, perabotan rumah tangga, bahkan skincare

Secara definisi, original equipment manufacturer adalah sebuah perusahaan yang memproduksi sebuah produk yang nantinya dapat digunakan oleh perusahaan lain untuk menambah kualitas dan nilai dalam produknya. Apakah Anda masih bingung? Jika iya, maka contoh di bawah mungkin akan membantu.

Anda tahu software yang berasal dari Microsoft, bukan? Software ini merupakan produk yang diproduksi oleh sebuah perusahaan manufaktur. Biasanya, software hanya akan digunakan oleh perusahan pencetus. 

Namun, perusahaan manufaktur tersebut menjual produknya ke perusahaan teknologi terkenal yang berada dalam lingkup yang sama untuk digunakan sebagai komponen (sparepart) sistem operasi produk-produk elektronik mereka. Contohnya adalah Acer, ASUS, dan lain sebagainya. 

Karakteristik Original Equipment Manufacturer 

Berikut adalah beberapa karakteristik dari original equipment manufacturer.

1. Menjual Lisensi

Karakteristik pertama yang OEM miliki adalah menjual lisensi. Umumnya, perusahaan yang menciptakan produk OEM akan menjual lisensi produk mereka kepada perusahaan pembeli.

Kepemilikan lisensi ini tentunya akan menjadi nilai tambah untuk produk yang nantinya perusahaan pembeli akan jual kembali.

2. Suku Cadang yang Tidak Lengkap

Karakteristik selanjutnya dari OEM adalah suku cadang yang tidak lengkap, entah itu hardware maupun software. Original equipment manufacturer biasanya hanya menjual produknya tanpa adanya komponen tambahan. Jadi, misalkan Anda membeli hard drive, maka Anda tidak akan mendapatkan kabel atau adapternya.

Manfaat Membeli Original Equipment Manufacturer 

Jika nantinya Anda membeli produk-produk OEM, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang tidak bisa Anda temukan saat membeli produk di tempat lain. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat membeli produk OEM.

1. Berkualitas Tinggi

Produk OEM kebanyakan adalah produk yang memiliki kualitas lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk aftermarket. Alasannya adalah karena produk OEM telah melalui proses pengujian industri yang ketat sebelum hadir di pasaran. Ini juga akan memastikan bahwa Anda akan mendapatkan kualitas terbaik dari sebuah produk.

2. Daya Tahan yang Mumpuni

Dengan adanya kualitas tinggi yang produk OEM miliki, maka itu juga memastikan bahwa produk tersebut juga memiliki daya tahan yang mumpuni. Karena hal ini, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan produk OEM dalam waktu yang lama.

3. Umur yang Lebih Lama

Manfaat terakhir dari membeli produk OEM adalah umur produknya yang jauh lebih lama daripada produk aftermarket. Oleh karena kualitas dan daya tahan yang terjamin maka umur penggunaannya pun akan jauh lebih lama. 

Jadi, Sudah Kenal dengan Original Equipment Manufacturer?

Itulah beberapa informasi mengenai OEM. Singkatnya, original equipment manufacturer adalah produk yang diproduksi oleh perusahaan untuk dijual kembali oleh perusahaan lain dengan nama merek yang berbeda. Jenis-jenis produk OEM bisa Anda temukan di kategori produk elektronik hingga skincare.

Berbicara mengenai produk OEM berkualitas tinggi, Anda bisa mendapatkan produk tersebut dengan menggunakan layanan maklon dari Indocare B2B. Segmen bisnis dari PT. Indocare Citrapasific ini menawarkan layanan pengembangan produk skincare, personal care, hingga health supplements. 

Lewat Indocare B2B, Anda dapat menyerahkan semua proses pembuatan produk yang sudah lama Anda idamkan. Dengan keahlian di semua sektor proses pembuatan produk perawatan, mulai dari konsep, formulasi, uji stabilitas dan kompatibilitas, kemasan, hingga distribusi.

Terlebih lagi, Indocare B2B telah mengantongi sertifikat dari Good Corporate Governance Award (GCG) dan juga Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), memastikan bahwa perusahaan ini adalah maklon berpengalaman dan mengikuti seluruh pedoman terkait. Hubungi kami di sini untuk segera bikin sampling produk Anda!


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya