Oxybenzone: Tren Skincare Masa Depan yang Menguntungkan

Oxybenzone: Tren Skincare Masa Depan yang Menguntungkan

Oxybenzone hadir sebagai salah satu bahan populer dalam formulasi tabir surya. Meskipun keberadaannya untuk wajah masih mengundang perdebatan karena berdampak terhadap lingkungan, nyatanya kandungan aktif ini masih cukup diminati. 

Apa Itu Oxybenzone?

Oxybenzone atau oksibenzon adalah sejenis kimia sintetis turunan benzofenon, yang populer digunakan sebagai bahan aktif dalam tabir surya atau sunscreen, dan bekerja sebagai filter UV organik. 

Berbeda dengan tabir surya fisik (physical sunscreen) yang tetap di atas permukaan kulit dengan membentuk benteng pelindung, tabir surya kimia (chemical sunscreen) justru menyerap ke dalam kulit. Reaksi kimia terbentuk untuk menghentikan efek sinar UV.

Tabir surya kimia, seperti oxybenzone, bekerja dengan cara menyerap radiasi UV. Sinar UV tersebut dapat menyebabkan eritema dan kerusakan DNA yang mengarah pada kanker kulit. Selama reaksi kimia, sinar UV berubah menjadi panas dan dilepaskan dari kulit.

Manfaat Oxybenzone untuk Wajah

Beberapa manfaat oxybenzone untuk wajah adalah:

  • Memberi perlindungan matahari 

Oxybenzone menyerap sinar UVA dan UVB yang berbahaya sehingga mencegah sinar UV mencapai sel-sel kulit dan mengurangi terjadinya risiko kerusakan kulit.

  • Pengaplikasian mudah dan lebih merata

Formulasi tabir surya dengan oxybenzone mudah diaplikasikan sehingga lebih merata pada kulit. Jadi, tabir surya dengan bahan ini lebih sedikit meninggalkan residu putih saat dioleskan. 

Fungsi Oxybenzone dalam Skincare

Oxybenzone merupakan salah satu bahan aktif tabir surya yang hadir dalam berbagai bentuk—mulai dari krim, spray, losion, gel, sampai lip balm. Penggunaan bentuk lain dari oxybenzone tidak disarankan. 

Dalam tabir surya, oxybenzone bertugas menyerap radiasi matahari dan mengubahkan menjadi panas yang tidak begitu berbahaya. Proses tersebut membantu pencegahan kulit terbakar sinar matahari, penuaan kulit dini, dan kanker kulit akibat paparan sinar matahari berlebih.

Namun, pemakaian tabir surya dengan kandungan ini harus dihindari oleh pemilik kulit sensitif, mudah alergi, dan kulit yang rentan berjerawat. 

Selain menjadi bahan aktif tabir surya, oxybenzone bisa ditemukan dalam produk kecantikan lain. Misalnya, cat kuku, hairspray, wewangian, dan kosmetik.

Peluang Bisnis Skincare dengan Oxybenzone

Beberapa tahun belakangan, oxybenzone mendapat pemberitaan buruk karena dianggap dapat mengganggu produksi hormon alami tubuh manusia. Isu lainnya, oksibenzon dinilai membahayakan lingkungan, terutama kehidupan di bawah laut dan terumbu karang.

Namun, belum ada penelitian lebih lanjut yang membuktikan dugaan tersebut. Oksibenzon untuk wajah dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang, tetapi ini tidak berlaku umum.

Selama berada dalam batas aman, penggunaan oxybenzone dalam tabir surya masih diperbolehkan. Contoh, pemerintah Kanada mengizinkan penggunaannya di bawah 6%. Selain itu, bahan aktif tabir surya ini juga diizinkan di Australia, Uni Eropa, dan beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Oleh karena itu, kesempatan untuk merintis bisnis perawatan kulit dengan memanfaatkan senyawa ini masih sangat menjanjikan. Ini didukung oleh beberapa alasan yang kuat:

  • Permintaan tinggi

Pada 2016–2020, angka tingkat pertumbuhan tahunan menyentuh 5,5% CAGR, dan diperkirakan akan naik menjadi 6,6% CAGR selama periode 2021-2031. Konsumen memilih produk tabir surya yang memberikan perlindungan kulit lebih lama serta memiliki ketahanan tinggi terhadap air dan keringat.

  • Cocok untuk semua usia

Pengguna tabir surya berasal dari berbagai kalangan usia, baik dewasa maupun anak-anak. Namun untuk anak-anak, lebih disarankan menggunakan kandungan titanium oxide atau zinc oxide yang ada pada tabir surya fisik. Kesadaran global akan dampak buruk paparan sinar matahari juga meningkatkan permintaan produk tersebut.

  • Kelebihan oxybenzone

Tabir surya dengan oxybenzone mempunyai beberapa kelebihan, yaitu:

  • Memberikan perlindungan luas dengan melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.
  • Menyerap dan menghilangkan radiasi UV.
  • Melindungi produk skincare dan kosmetik dari kerusakan akibat terpapar sinar UV.

Tips Cerdas Memasarkan Produk Skincare Oxybenzone

Terlepas dari pro dan kontra, produk skincare dengan oxybenzone seperti tabir surya tetap mengantongi izin edar selama memenuhi kadar yang ditetapkan. Sebagai Smartpreneur, tips memasarkan produk skincare berikut bisa membantu.

  • Tekankan manfaat produk, seperti perlindungan dari sinar UVA dan UVB serta mudah diaplikasikan.
  • Gunakan edukasi tentang pentingnya tabir surya dan manfaat oksibenzon.
  • Targetkan pasar yang tepat, misalnya konsumen yang sering beraktivitas di luar ruangan.
  • Pilih klaim yang benar dan terbukti, terutama yang didukung penelitian ilmiah.
  • Kembangkan produk inovatif, termasuk menyusun formulasi unik dan memiliki nilai tambah, seperti menambahkan manfaat perlindungan polusi. 

Oxybenzone untuk wajah penting sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari berlebih. Permintaan produk skincare ini pun terus meningkat seiring tingginya kesadaran global akan dampak buruk radiasi sinar matahari.

Sebagai seorang Smartpreneur yang ambisius, pemahaman yang mendalam tentang manfaat, potensi penerapan, dan fungsi oxybenzone untuk wajah dalam produk perawatan kulit sangat penting untuk melakukan pemasaran dengan efektif. Namun untuk pengembangan yang berhasil, disarankan untuk memilih perusahaan maklon skincare yang memiliki reputasi tinggi dan pengalaman yang teruji melalui BPOM, Halal, serta sertifikasi lainnya. 

Indocare B2B, dengan puluhan tahun pengalaman di industri kecantikan, siap membantu dalam pengembangan produk perawatan kulit dengan formula oxybenzone. Dengan dukungan tim R&D dan produksi yang handal, kami bertekad untuk menciptakan solusi inovatif serta bahan skincare berkualitas tinggi yang aman digunakan pada kulit.

Dari ide awal Anda, Indocare B2B siap mengubahnya menjadi produk skincare terdepan yang diminati oleh target konsumen Anda.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.