Pabrik Maklon Kosmetik – Standardisasi BPOM dan Halal

Pabrik Maklon Kosmetik – Standardisasi BPOM dan Halal

Sebagai industri tahan banting, industri kecantikan semakin populer dan diterima oleh hampir seluruh golongan masyarakat. Krisis COVID telah membentuk budaya pasar baru yang mengakibatkan peningkatan populasi kelas menengah dan penggunaan e-commerce, sehingga banyak kalangan yang tertarik membangun bisnis kecantikan dengan memanfaatkan pabrik maklon kosmetik. 

Artikel ini dipersembahkan oleh Indocare B2B, perusahaan manufaktur kontrak yang memiliki pabrik maklon kosmetik sendiri yang telah lulus uji mutu dari BPOM dan Halal sehingga proses produksi dan kualitas mutu produk dapat diandalkan. Konsultasi sekarang untuk segera bikin produk sample kamu di sini

Kosmetik bukan hanya soal make-up

Terminologi kosmetik di Indonesia memang agak buram. Banyak orang yang menerjemahkan kosmetik sebagai make-up, padahal jika mengacu pada definisi menurut BPOM (dalam Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan RI No 23 Tahun 2019), kosmetik adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia seperti epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ genital bagian luar, atau gigi dan membran mukosa mulut terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan, dan/atau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik. 

Singkatnya, make-up, personal care, skincare, hair care, dan lain sebagainya bisa disebut sebagai kosmetik. 

Trend kosmetik di Indonesia 

Transformasi industri kosmetik di Indonesia belakangan ini memang sangat pesat, tidak heran banyak yang ingin mencoba dan mengorbankan banyak hal untuk berhasil di segmen ini. 

Industri kecantikan di Indonesia menurut sebuah laporan, tidak pernah mengalami degradasi pada periode 2013-2022 dan diprediksi akan tetap meroket hingga 2026. Tiga segmen yang menjadi bintang di industri kecantikan Indonesia ialah personal care, skincare, dan kosmetik. Pendapatan pasar industri kecantikan tahunan diprediksi akan meningkat 6.5% pada 2025. 

Ada beberapa hal pemicu kenaikan industri kosmetik yaitu meningkatnya kesadaran akan kecantikan dan kesehatan, ketersediaan produk kosmetik dengan harga terjangkau dan inovatif, dan perubahan sales channel ke digital. 

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan efek negatif dari kandungan berbahaya (untuk tubuh maupun lingkungan) dalam produk kosmetik, mulai banyak produsen yang melahirkan produk-produk organik, natural, dan ramah lingkungan. 

Peningkatan industri kosmetik juga terlihat dari munculnya produk perawatan yang bisa dipakai oleh remaja seperti sunscreen dan produk anti-aging yang bisa digunakan di usia 20-an. 

Rahasia di balik puncak brand lokal

Di samping faktor pemicu di atas, banyak yang tidak tahu bahwa kesuksesan brand kosmetik lokal juga didukung oleh eksistensi perusahaan maklon atau manufaktur kontrak kosmetik. Dengan keahlian dan fasilitas yang terjamin, produk yang dihasilkan mampu memenuhi standar mutu dan masuk ke pasar dengan cepat. 

Sederhananya, perusahaan maklon akan membuat produk yang dipersonalisasikan sesuai dengan keinginan klien, seperti konsep, komposisi, dan kemasan. Dengan keahlian khusus, perusahaan maklon dapat mengembangkan produk permintaan di pabrik sendiri. Oleh karena syarat legalitas dan sumber daya yang terbatas, banyak brand lokal yang bekerja sama dengan perusahaan maklon.

Kehadiran perusahaan maklon di Indonesia sebenarnya sudah cukup lama, seperti Indocare B2B yang mulai mengembangkan produk private label sejak 1988; namun untuk segmen kosmetik sendiri mulai terkenal sejak sepuluh tahun terakhir. Pabrik maklon kosmetik juga akan meminimalisir manajemen risiko yang sulit diprediksi untuk bisnis pemula.

pabrik maklon kosmetik

 

Baca juga: 6 Tips Memilih Maklon Kosmetik yang Tepat

Memilih pabrik maklon kosmetik

Luasnya segmen yang bisa kamu eksplor mungkin akan semakin membuat kamu bertanya-tanya, sebaiknya mengembangkan produk apa? 

Untuk menjawab pertanyaan itu, kamu harus tahu target audiens yang ingin kamu sasar namun ketika berbicara statistik, serum tercatat sebagai produk kecantikan yang paling laris menurut Compas (2022).

Mengembangkan produk kosmetik itu sama sekali tidak mudah, tapi bukannya tidak mungkin. Agar produk kosmetik impian kamu berkualitas tinggi dan memenuhi standar nasional, perlu proses pengolahan yang sesuai dengan standar mutu. 

Lalu bagaimana sebenarnya cara memilih pabrik maklon kosmetik terbaik bagi pelaku usaha kecil seperti kamu yang mungkin baru sekali ini terjun ke segmen ini? 

Untuk memilih pabrik yang aman dan terpercaya setidaknya pabrik maklon kosmetik harus memiliki beberapa syarat di bawah ini.

1. Legalitas

Tentu ini adalah syarat paling minimal. Sebuah pabrik usaha harus mengantongi izin dari pemerintah untuk beroperasi. Beberapa izin yang dibutuhkan ialah termasuk Izin Usaha Pabrik (IUP-P), Nomor Register Perusahaan (NRP) atau bisa juga dengan Nomor Induk Berusaha (NIB), Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), dan terakhir Izin Mendirikan Bangunan (IMB). 

2. Sertifikasi

Syarat legalitas di atas memang penting, tetapi untuk menjamin kualitas keamanan produk, pabrik harus lulus sertifikasi Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) dari BPOM, Halal dari Kementerian Agama, dan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO (International Organization for Standardization).

3. Fasilitas

Pastikan bahwa semua fasilitas termasuk mesin industri telah diuji oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN), dan kapabel untuk memproduksi skala yang kamu inginkan. Pabrik maklon kosmetik juga harus memiliki laboratorium dengan alat yang mumpuni dan modern. 

4. Tenaga profesional

Keahlian yang teruji dari orang-orang di belakang operasi pabrik juga harus kamu pertimbangkan. Apakah mereka mampu menciptakan produk kompetitif dan bertahan lama di pasar? Sejauh mana mereka mengerti soal penelitian dan pengembangan (R&D) produk? 

5. Rantai pasok yang terintegrasi 

Atau disebut juga dengan supply chain adalah jaringan yang terstruktur dan dapat dilacak antara perusahaan dan pemasok. Dalam kasus pabrik maklon kosmetik, rantai pasok yang terintegrasi berarti pabrik memiliki sumber materi yang dapat diandalkan untuk mendukung aktivitas produksi. 

Indocare B2B – Manufaktur Kontrak dengan Pabrik Maklon Kosmetik

Jika kamu tidak sabar untuk menjadi Smartpreneur, mempercayakan proses produksi kosmetik impian kamu dengan kami adalah langkah yang sangat ideal. Dengan layanan maklon di Indocare B2B, kamu akan banyak menghemat biaya dan bisa mengalokasikannya ke hal yang lebih krusial seperti pemasaran. 

Kami memiliki tim profesional yang bergerak di bidang kosmetika, kimia, farmasi, dan marketing sehingga kamu tidak perlu lagi meragukan kualitas kosmetik kamu nantinya. Dengan jaminan kualitas (Quality Assurance), kami hanya menggunakan bahan baku kualitas terbaik dengan seleksi yang sangat ketat demi mencapai performa dan efikasi produk. 

Apa uniknya Indocare B2B dibanding perusahaan maklon kosmetik yang lain?

Indocare B2B memiliki model bisnis one-stop product development, atau pengembangan produk dari hulu ke hilir. Kami akan membantu mengembangkan konsep, pemilihan bahan baku dengan profitabilitas tinggi, hingga botol kemasan.

Agar produkmu bisa langsung dipasarkan, kami juga akan mengurus sertifikasi BPOM dan Halal ke Kementerian Agama. 

Yuk langsung konsultasikan hari ini konsep produk kamu dengan tim marketing kami di sini

Atau klik bar hijau di sebelah kanan layar kamu. 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.