Ide dan Peluang Usaha Kosmetik untuk Gen Z di 2024

Ide dan Peluang Usaha Kosmetik untuk Gen Z di 2024

Saat ini industri kosmetik di Indonesia telah didominasi oleh para pelaku UMKM dengan persentase peningkatan hingga 83% menurut data Badan Pusat Statistik (BPS). Ini bisa jadi pertanda bagus untuk generasi Z yang ingin menjajal industri kosmetik. Lalu apa saja ide dan peluang usaha kosmetik yang wajib dicoba dan akan tren di tahun 2024? Simak selengkapnya ulasan berikut ini. 

Oleh karena kemajuan industri ini sangat didukung oleh pemerintah dengan kemudahan administrasi dan birokrasi, pemula seperti kamu yang tidak memiliki pengalaman di industri kosmetik sangat bisa mengembangkan usaha kosmetik yang kompetitif bahkan mengalahkan para veteran.

Peluang Usaha Kosmetik di 2024

Permintaan terhadap produk kosmetik lokal, termasuk skincare, personal care, atau body care cukup tinggi. Hal ini terbukti dari survei yang dilakukan oleh tim Compas (2022), yang menyatakan bahwa total penjualan kosmetik wajah mencapai 11 milyar rupiah atau setara dengan 112 ribu transaksi. Ini masih berasal dari satu jenis marketplace saja, belum berbicara soal penjualan offline, maupun dari platform media yang lainnya. 

1. Ramah lingkungan sekaligus efektif

Pergerakan sosial-lingkungan bisa dibilang berhasil akibat Gen Z yang sangat peduli terhadap lingkungan. Nah kamu bisa manfaatkan hal ini menjadi peluang bisnis dalam menciptakan produk-produk kosmetik eco-friendly baik secara kandungan, proses produksi, hingga branding. Contohnya, produk skincare dengan bahan-bahan alami yang lebih aman untuk kulit, tanpa harus merusak lingkungan. Kemasannya juga bisa kamu daur ulang yang kemudian bisa kamu alihkan menjadi sebuah strategi marketing jangka panjang. 

2. Produk all-in-one

Kamu pasti ingin kulit sehat dan terawat, tapi sebenarnya juga ingin manfaat yang lebih dari itu. Nah, kamu bisa coba tawarkan rangkaian produk perawatan tubuh (personal care) yang tidak hanya membuat kulit lembut dan sehat tetapi juga memberikan sensasi rileks dan menenangkan. Contohnya, kamu bisa mengembangkan produk scrub tubuh dengan aroma terapi yang membuat aktivitas mandi di rumah seperti di spa. Atau, kamu juga bisa fokus di daya tahan aroma terapinya yang masih akan tetap tercium berjam-jam setelah mandi, yang mana bisa juga dimanfaatkan sebagai parfum harian. 

3. Produk yang praktis

Gen Z termasuk kamu pasti sering sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk perawatan diri. Di sinilah ada peluang usaha menarik buat kamu! Kamu bisa kembangkan produk perawatan diri yang praktis dan mudah digunakan. Misalnya, produk face wash dalam bentuk pad yang sekali usap, atau produk bentuk minipack yang bisa dibawa saat traveling. Di sini, kamu akan banyak mengandalkan kreativitas kamu untuk kemasan dan cara pengaplikasiannya. 

4. Kemasan yang unik dan beda

Kamu tahu kan kalau packaging itu juga bisa menjadi faktor penentu dalam memikat para konsumen? Nah di sini kamu kembangkan produk dengan kemasan yang benar-benar unik dan beda dari yang lain. Misalnya, botol dengan bentuk yang tidak biasa atau kemasan dengan desain yang out-of-the-box. Ketika konsumen melihat produkmu yang punya kemasan unik, mereka akan langsung tertarik dan ingin mencobanya. Tentu, kamu harus menyesuaikan dengan target pasar kamu. Untuk contoh insight kemasan dan desain yang unik yang belum pernah ada di pasar Indonesia, kamu bisa cek di artikel dengan judul Intip Kemasan Kosmetik Anti Mainstream untuk Bisnis Kamu

5. Live streaming

Kamu pasti tahu betapa populer dan berpengaruhnya platform TikTok. Di era digital ini, live streaming di platform berbasis video tersebut sedang ramai-ramainya dipakai sebagai strategi pemasaran yang efektif dan mudah. Kamu bisa berinteraksi dengan calon konsumen secara real-time, menyebarkan product knowledge, serta menjawab pertanyaan konsumen yang bahkan bisa kamu manfaatkan dalam bisnis kamu. Dengan live streaming, kamu dapat menampilkan produkmu dengan lebih interaktif. 

Bikin Produk Kosmetik Kompetitif di Indocare B2B 

Di industri kosmetik, keberhasilan tidak hanya bergantung pada strategi dan manajemen bisnis yang baik. Kualitas produk juga menjadi faktor kunci yang tidak kalah penting. Bagaimana pun juga, konsumen akan selalu mempertimbangkan kualitas saat memilih produk.

Gen Z memiliki kesempatan untuk menciptakan produk kosmetik terbaik berbekal kemampuan digital yang sangat mumpuni. Dengan cara ini, kamu dapat menciptakan produk kamu sendiri dan dapat memastikan kualitas produk tanpa tergantung pada pihak lain. 

Menciptakan produk sendiri adalah peluang usaha kosmetik yang sangat menjanjikan di industri ini. Untuk merealisasikannya, kamu dapat bekerja sama dengan Indocare B2B, perusahaan manufaktur yang menyediakan layanan maklon atau pengembangan produk kosmetik seperti skincare, personal care, hingga body care. 

Kami akan membantu mulai dari konsep, formula produk, pengujian produk yang sesuai, desain kemasan, hingga bantuan dalam administrasi pendaftaran. Dukungan ini sangat penting bagi kamu, Smartpreneur, untuk menciptakan produk terbaik di pasar. 

Setelah memahami peluang usaha kosmetik di tahun 2024 dan bagaimana cara menciptakan produk kosmetik terbaik, saatnya untuk mempersiapkan bisnis. Kamu perlu menentukan strategi bisnis, menghitung kebutuhan modal, dan merencanakan produk dengan baik.

Jika kamu tertarik untuk memanfaatkan peluang usaha kosmetik dengan menciptakan produk sendiri, jangan ragu untuk menghubungi kami di sini. Gratis konsultasi.


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.