Peptida dalam Skincare: Mengapa Harus Mempertimbangkannya?

Peptida dalam Skincare: Mengapa Harus Mempertimbangkannya?

Anda mungkin belakangan sering mendengar kandungan peptida atau peptide dalam produk skincare, terutama untuk perawatan bibir. Kandungan ini mulai banyak digunakan dalam industri skincare sebab manfaatnya yang beragam, termasuk mengurangi tanda penuaan dini dengan mendorong produksi kolagen, hingga memperbaiki tekstur kulit.

Yang Perlu Diketahui Soal Peptida

Peptida, atau lebih dikenal sebagai Bioactive Peptide (BPs), adalah fragmen kecil dari protein yang terdiri dari rangkaian asam amino. Asam amino adalah blok pembangun protein yang sangat penting untuk fungsi dan struktur tubuh manusia. 

Menariknya, sejumlah besar peptida bersifat endogen, yang artinya secara alami ada dalam tubuh manusia dan berperan untuk fungsi biologis. Peptida endogen, seperti kolagen dalam tubuh, membantu menjaga elastisitas kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka. 

Sementara itu, peptida juga bisa berasal dari sumber eksternal (eksogen), seperti tumbuhan, makanan, atau suplemen. Mereka dapat memberikan dukungan tambahan bagi kesehatan kulit dan tubuh. 

Manfaat Peptida untuk Kulit

Memahami peran dan fungsi peptida dalam skincare, baik yang dihasilkan secara endogen atau eksogen, dapat menjadi strategi penting dalam mengembangkan produk perawatan kulit yang inovatif. 

Peptida kaya akan antioksidan dan bekerja dengan meningkatkan angiogenesis kulit, yaitu proses pembentukan pembuluh darah baru di dalam lapisan kulit, untuk membantu meningkatkan aliran darah ke jaringan kulit, menutrisi kulit, dan meregenerasi sel-sel kulit. 

Dikutip dari publikasi yang diterbitkan di International Journal of Molecular Sciences pada tahun 2022, berikut ini beberapa fungsi Bioactive Peptide untuk kecantikan dan kesehatan kulit. 

  • Mencerahkan kulit 
  • Meregenerasi kulit
  • Mendorong produksi kolagen
  • Mengurangi tanda-tanda penuaan
  • Memperbaiki tekstur kulit
  • Mengurangi peradangan seperti jerawat

Strategi Bisnis: Menghadirkan Produk Peptida

Seiring dengan pertumbuhan kesadaran konsumen terhadap kesehatan kulit, dan kehausan para pebisnis akan kandungan inovatif dan efektif, meningkatkan peluang yang signifikan untuk memasarkan produk skincare berbasis Bioactive Peptide. 

Merangkum sebuah laporan, pasar produk skincare dengan bahan Bioactive Peptide diperkirakan akan mencapai USD 1,89 miliar atau setara dengan 29,3 triliun rupiah pada tahun 2029, dengan pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) sebesar 7,0% mulai tahun 2023 hingga 2029.

Produk skincare berbahan Bioactive Peptide memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menyesuaikan diri dengan semua jenis kulit, menjadikannya solusi yang inklusif dan sesuai dengan kebutuhan konsumen yang beragam. 

Kandungan BPs tidak memiliki efek samping yang signifikan dan bisa digunakan oleh semua jenis kulit, bahkan ibu hamil dan menyusui. BPs sering digunakan sebagai pengganti kandungan retinol yang keras dan tidak direkomendasikan oleh kulit sensitif serta ibu hamil dan menyusui. 

Dengan keunggulan ini, Indocare B2B merekomendasikan beberapa jenis produk skincare berbasis peptida dengan nilai penjualan terbaik, yang bisa menjadi stimulus bisnis skincare Anda. 

  • Serum: Kategori paling diminati, dan mengandalkan peptida dengan konsentrasi tinggi untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan, memperbaiki tekstur kulit, dan mencerahkan kulit.  
  • Acetyl hexapeptide-8: Dikenal sebagai “Botox in jar“, bekerja dengan melemaskan otot wajah untuk mengurangi kerutan.
  • Matrixyl 3000 dan Matrixyl Synthe’6: Merangsang produksi kolagen dan elastin, sehingga membuat kulit terasa kenyal dan kencang.
  • Pelembap: Memberikan hidrasi sambil mengatasi masalah penuaan. Pelembap dengan kandungan Bioactive Peptide juga bisa membuat kulit lebih halus dan kenyal. 
  • Krim Mata: Akan menyamarkan kantung mata, dan garis halus yang sangat rentan terjadi di area bawah mata. 
  • Palmitoyl tripeptide-5: Meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi pembengkakan serta lingkaran hitam di sekitar mata.

Selain tiga jenis produk di atas, facial mask, facial spray, neck & decollete cream juga sangat berpotensi menjadi produk terbaik, khususnya di Indonesia, mengingat produsen skincare dengan jenis produk dan kandungan Bioactive Peptide masih terbatas. 

Dengan fokus pada formulasi yang terukur dan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan pasar, produk skincare berbahan peptida dapat menjadi inovasi yang mendominasi pasar dengan memadukan keefektifan dan aksesibilitas untuk target pasar.

Integrasikan Peptida dalam Produk Anda

Di Indocare B2B, kami mengakui pentingnya mengintegrasikan peptida dalam produk skincare sebagai fondasi utama bagi inovasi dan keunggulan bisnis. Dengan pemahaman mendalam akan manfaat peptida dalam memacu regenerasi kulit dan mengatasi tanda-tanda penuaan, kami telah menerapkan teknologi produksi terdepan untuk memastikan formulasi produk yang optimal. 

Proses produksi kami dirancang untuk mempertahankan keefektifan bahan baku, memastikan bahwa setiap produk yang dihasilkan memberikan hasil yang konsisten dan berkualitas tinggi. Kami memahami bahwa keberhasilan sebuah produk skincare tidak hanya terletak pada kandungan, tetapi juga pada proses produksi yang cermat dan inovatif.

Sebagai mitra produksi yang andal, Indocare B2B mengajak Anda untuk memanfaatkan peluang bisnis dengan beralih ke produk skincare berbahan dasar peptida. Dalam pasar yang semakin kompetitif, konsumen semakin mencari solusi inovatif untuk perawatan kulit mereka. 

Sejak 1988, kami telah merealisasikan ratusan produk impian para Smartprenuer, sehingga Anda dapat mengakses teknologi produksi terkini, dan proses pengembangan yang mudah, dan telah diakui oleh pemerintah Indonesia. 

Ciptakan portofolio skincare Anda untuk memenuhi ekspektasi konsumen dan memimpin tren industri perawatan kulit Indonesia!

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya