Ide Bisnis: Perbedaan Body Serum dan Body Lotion

Ide Bisnis: Perbedaan Body Serum dan Body Lotion

Personal care merupakan sebutan untuk produk kecantikan yang digunakan pada bagian luar tubuh seperti kulit, rambut, kuku, bibir, dan lain sebagainya. Di Indonesia, ada dua jenis produk personal care yang bisa dibilang unggul, yaitu body serum dan body lotion. Sesuai namanya, kedua produk dapat diaplikasikan pada kulit tubuh. Namun, apa sebenarnya perbedaan body serum dan body lotion?

Definisi Personal Care

Secara umum, personal care atau perawatan diri merupakan tindakan memelihara kebersihan dan kesehatan tubuh seseorang dengan tujuan meningkatkan kesehatan fisik dan psikis. Setiap individu memiliki kebutuhan perawatan diri berbeda. Perawatan diri untuk bayi, tentu  berbeda dengan kebutuhan perawatan diri orang dewasa atau lansia.

Pada industri kecantikan, produk personal care beragam jenisnya—mulai dari body wash, conditioner, nail serum, hingga genital wash dapat dikategorikan sebagai produk perawatan diri. Di antara berbagai produk tersebut, yang dianggap unggul dan paling banyak digunakan orang dalam rutinitas sehari-hari adalah body serum dan body lotion

Jika melihat dari analisa pendapatan pasarnya dari Statista, segmen kecantikan dan personal care di Indonesia akan memperoleh angka 9.17 miliar USD atau setara dengan 142 triliun rupiah pada tahun 2024 saja. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali merek perawatan kulit tubuh yang bisa dipilih. Hampir semua diformulasikan untuk membuat kulit tubuh terlihat lebih sehat, lembap, dan segar. Untuk bisa bersaing, tentu Smartpreneur harus punya nilai plus.

Jika iya, pastikan untuk mengetahui dulu apa perbedaan body serum dan body lotion serta bahan apa saja yang bisa digunakan untuk membuat produk personal care yang diformulasikan bisa bersaing di pasaran.

Perbedaan Body Serum dan Body Lotion

Body serum maupun body lotion memiliki karakteristik serupa. Keduanya merupakan racikan dari air, minyak, pengencer, dan essence. Bedanya, jenis minyak dan pengencer yang dipakai tidak sama. Hal ini jelas memiliki pengaruh pada tekstur, cara kerja, serta manfaat masing-masing produk.

Untuk lebih memahami, berikut beberapa poin perbedaan body serum dan body lotion .

Perbedaan Tekstur

Dibanding produk pelembap kulit lainnya, body lotion punya tekstur lebih cair dan kandungan minyaknya juga lebih sedikit. Hal ini berbanding terbalik dengan body serum. Tekstur body serum lebih kental dan ringan karena komposisinya berbasis air atau water based.

Formulasi tekstur body serum lebih ringan supaya manfaatnya lebih cepat diserap oleh kulit. Terlebih lagi, penggunaan komposisi water based membuat body serum tidak terasa licin atau lengket saat kulit terkena air.

Perbedaan Cara Kerja

Jika body lotion memberi lapisan pelindung di atas permukaan kulit, body serum memberi nutrisi dan perlindungan dari dalam dengan cara menyerap cepat. Perbedaan cara kerja ini memang sesuai dengan tujuan pengembangan masing-masing produk. Body lotion dapat melindungi kulit dan menjaga lapisan pelindung alami pada kulit agar senantiasa  lembap. Sementara itu, body serum akan menutrisi dan melindungi dari dalam. 

Manfaat

Body serum maupun body lotion sama-sama merawat kulit. Namun, keduanya memiliki keunggulan berbeda dan dirancang untuk setiap individu dengan kebutuhan atau masalah kulit yang berbeda pula.

Body lotion cenderung cocok pada semua jenis kulit sehingga nyaman untuk digunakan sehari-hari. Di sisi lain, body serum cenderung lebih efektif menangani masalah kulit tertentu, seperti warna kulit tidak merata akibat terbakar sinar matahari, kulit kering, hingga kulit bersisik.

Peluang Bisnis Personal Care

Dari uraian tentang perbedaan body serum dan body lotion dapat disimpulkan bahwa body serum digunakan untuk kulit yang bermasalah. Sementara itu, penggunaan body lotion cenderung cocok untuk semua jenis kulit. Dari kacamata bisnis, keduanya punya potensi menjanjikan

Terlebih lagi, tinggal di kawasan tropis membuat kulit perempuan di Indonesia punya banyak masalah dan hal tersebut dapat diatasi dengan penggunaan body serum ataupun body lotion.  Jika bekerja sama dengan maklon Indocare B2B, Smartpreneur punya kesempatan untuk mengembangkan merek produk personal care yang unggul.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, Smartpreneur bisa menggunakan komposisi aman khas yang biasa digunakan sebagai bahan utama untuk memformulasikan body serum maupun body lotion seperti glycolic acid atau lactic acid. Supaya lebih menarik, tambahkan komposisi lain yang dibutuhkan seperti vitamin dan antioksidan.

Komposisi tersebut termasuk cocok untuk segala jenis kulit, dan terbukti mampu mengatasi masalah kulit yang kerap dialami perempuan di negara ini. Smartpreneur juga bisa mengemas produk dengan kemasan menarik serta menambahkan aroma segar khas parfum yang membuat berbeda dengan kebanyakan produk di pasaran.

Mengingat Indocare B2B sudah malang melintang di industri personal care sejak tahun 1988, hal tersebut tentu dapat diwujudkan dengan mudah. Terlebih, Indocare B2B juga dikenal mampu mengembangkan produk personal care terbaik yang diminati dan punya kualitas terbaik. 

Bagaimana, tertarik untuk punya merek body serum dan body lotion sendiri? Hubungi Indocare B2B untuk mendapatkan layanan maklon produk personal care terbaik. 

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.