Perbedaan Retinol dan Retinoid yang Wajib Diketahui

Perbedaan Retinol dan Retinoid yang Wajib Diketahui

Dalam dunia perawatan kulit, retinol dan retinoid adalah dua bahan yang sering disebut-sebut. Keduanya memiliki manfaat yang luar biasa untuk memperbaiki tanda-tanda penuaan dan menjaga kesehatan kulit. Namun, apakah Anda tahu apa perbedaan retinol dan retinoid yang sesungguhnya? Simak lebih lanjut pada ulasan di bawah ini. 

Mengenal Retinol dan Retinoid

Retinol dan retinoid adalah dua istilah yang seringkali digunakan dalam industri kecantikan dan perawatan kulit. Secara umum, retinol termasuk dalam kategori retinoid, tetapi tidak semua retinoid adalah retinol. Mari kita bahas keduanya secara lebih rinci:

Retinol adalah bentuk turunan vitamin A yang ditemukan dalam makanan dan juga digunakan dalam produk perawatan kulit. Ketika digunakan pada kulit, retinol diubah menjadi bentuk aktif lainnya yang disebut asam retinoat. 

Sementara retinoid adalah kelas senyawa kimia yang mencakup berbagai bentuk turunan vitamin A. Retinoid dapat ditemukan dalam bentuk alami seperti retinol, tetapi juga mencakup bentuk sintetis seperti tretinoin (asam retinoat), isotretinoin, adapalene, dan lain-lain. 

Perbedaan Retinol dan Retinoid

Meski merupakan istilah yang hampir mirip dan sering ditemukan pada segmen yang serupa, retinol dan retinoid adalah dua kandungan yang berbeda. Perbedaan retinol dan retinoid bisa Anda lihat seperti berikut ini. 

1. Sifat Kimia

Retinol adalah bentuk turunan vitamin A yang ditemukan dalam produk perawatan kulit, sedangkan retinoid adalah kelompok senyawa kimia yang mencakup berbagai bentuk aktif seperti tretinoin, adapalene, dan isotretinoin.

2. Kekuatan dan Efektivitas

Retinol umumnya dianggap sebagai bentuk yang lebih ringan dan kurang kuat dibandingkan retinoid, dan retinoid memiliki potensi yang lebih tinggi dan kuat dalam merangsang pergantian sel kulit, mengurangi kerutan, dan meningkatkan tekstur kulit.

3. Ketersediaan

Retinol dapat ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit yang dapat dibeli bebas, seperti krim dan serum. Di sisi lain, beberapa bentuk retinoid seperti tretinoin umumnya membutuhkan resep dokter.

4. Kecepatan dan Ketahanan

Retinol biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk memberikan hasil yang signifikan, sementara retinoid dapat memberikan manfaat yang lebih cepat pada kulit. Selain itu, retinoid juga lebih tahan terhadap degradasi oleh faktor lingkungan dibandingkan dengan retinol.

5. Potensi Efek Samping

Penggunaan retinol umumnya memiliki risiko efek samping yang lebih rendah dibandingkan retinoid. Retinoid seperti tretinoin dapat menyebabkan kemerahan, pengelupasan, dan iritasi pada kulit, terutama pada awal penggunaan. Penggunaan retinoid juga harus diawasi dengan ketat oleh dokter.

6. Rekomendasi dan Penggunaan Medis

Retinol umumnya lebih dianjurkan untuk penggunaan kosmetik harian di rumah, sementara retinoid sering digunakan dalam pengobatan medis untuk kondisi kulit tertentu seperti jerawat, keratosis pilaris, atau psoriasis.

Perbedaan-perbedaan ini harus dipertimbangkan saat memilih antara retinol dan retinoid untuk perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan individu. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli perawatan kulit untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Manfaat Retinol dan Retinoid

Karena sifatnya yang kuat, tidak banyak produk skincare yang mengandalkan kandungan retinoid, namun bukan berarti retinoid tidak ada pada produk-produk skincare yang tersebar di pasaran. Nah, sebelum memilih kandungan mana yang cocok untuk target pasar dan rencana bisnis Anda, ketahui dulu manfaat retinol dan retinoid dalam produk skincare. 

1. Mengurangi garis halus dan kerutan

Manfaat terbaik dari retinol dan retinoid adalah dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus, garis senyum, dan kerutan pada wajah. Ini juga menjadi alasan mengapa usia di bawah 20 tahun tidak direkomendasikan untuk menggunakan skincare yang mengandung retinol atau retinoid. 

2. Meratakan tekstur kulit

Retinol dan retinoid dapat merangsang pergantian sel kulit yang lebih cepat. Mereka mendorong sel-sel kulit baru naik ke permukaan kulit, menggantikan sel-sel kulit yang lebih tua. Ini akan membantu mengurangi penumpukan sel-sel kulit mati, membuat kulit terlihat lebih segar dan halus. Ini juga bisa didukung oleh manfaatnya yang dapat meningkatkan produksi kolagen. 

3. Meningkatkan produksi kolagen

Retinol dan retinoid juga dapat merangsang produksi kolagen dalam kulit. Kolagen adalah protein penting yang memberikan kekuatan, kekenyalan, dan kepadatan pada kulit, dengan meningkatkan produksi kolagen, retinol dan retinoid membantu mengurangi penampilan garis galus, dan tekstur kasar pada kulit. 

4. Mengurangi bintik-bintik dan noda hitam

Retinol dan retinoid dapat membantu mengurangi produksi melanin berlebih pada kulit. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit. Dengan menghambat produksi melanin yang berlebihan, retinol dan retinoid membantu mengurangi penampilan noda, bintik-bintik, dan hiperpigmentasi yang dapat membuat tekstur kulit terlihat tidak merata.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Retinol dan retinoid memiliki efek antiinflamasi dan meningkatkan proses penyembuhan kulit. Ketika kulit mengalami kerusakan atau luka, retinol dan retinoid membantu mempercepat pemulihan kulit dengan merangsang pertumbuhan dan regenerasi sel-sel kulit yang baru.

Prospek Bisnis Retinol dan Retinoid

Di Indonesia, pertumbuhan pasar retinoid didorong oleh tren kecantikan di negeri Barat yang semakin meningkat, permintaan akan produk skincare yang lebih terjangkau, serta jumlah konsumen wanita pekerja yang semakin meningkat. Ini juga didorong oleh meningkatnya rata-rata pendapatan target konsumen. 

Indonesia merupakan pasar retinoid terbesar kedua di Asia setelah Tiongkok. 

Pasar global retinoid maupun retinol diprediksi mencapai USD 3,11 miliar atau setara dengan IDR 44,6 triliun pada tahun 2030, dengan pertumbuhan CAGR sebesar 7,5% dari tahun 2022 hingga 2030. 

Oleh karena itu, ini membuka peluang besar bagi Smartpreneur untuk mengembangkan skincare retinol lokal dengan harga yang lebih terjangkau dibanding kompetitor mancanegara, namun profitabilitas yang tinggi. 

Ciptakan Skincare Retinol Terbaik Sekarang!

Memiliki produk skincare yang inovatif dan berkualitas tinggi menjadi faktor kunci dalam menjaga posisi kompetitif di pasar yang semakin ketat. Indocare B2B adalah perusahaan manufaktur yang secara khusus menyediakan layanan maklon untuk mengembangkan produk skincare terbaik di Indonesia. Dengan menggunakan jasa Indocare B2B, Anda dapat menciptakan skincare retinol terbaik dan unik yang akan memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pelanggan Anda.

Sebagai perusahaan manufaktur terkemuka, Indocare B2B memiliki fasilitas produksi yang modern dan dilengkapi dengan teknologi terbaru. Tim ahli kami terdiri dari para profesional berpengalaman dalam bidang riset dan pengembangan produk skincare. Dengan pengetahuan mendalam dan pemahaman yang kuat tentang tren dan kebutuhan pasar, kami dapat membantu Anda merancang formula skincare retinol yang inovatif dan efektif.

Berada di bawah PT. Indocare Citrapasific, Indocare B2B telah berhasil menciptakan dan membangun produk skincare lokal sejak 1988. Di sini, Anda dapat menyesuaikan produk skincare retinol dengan merek Anda sendiri. Kami menyadari pentingnya identitas merek dalam membangun kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu, tim kami akan bekerja sama dengan Anda untuk mengembangkan kemasan yang menarik dan branding yang konsisten dengan visi dan nilai-nilai perusahaan Anda. Dengan Indocare B2B, Anda dapat memastikan bahwa produk skincare retinol Anda akan memiliki keunggulan kompetitif yang unik di pasaran.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menciptakan skincare retinol terbaik dan unik dengan menggunakan layanan maklon dari Indocare B2B. Hubungi kami sekarang di sini untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana kami dapat membantu Anda mengembangkan produk skincare terbaik yang akan meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Bersama Indocare B2B, jaminan keunggulan dan keandalan dalam pengembangan skincare retinol adalah prioritas utama kami.


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.