Bisnis Parfum Lokal di Indonesia, Apakah Menjanjikan?

Bisnis Parfum Lokal di Indonesia, Apakah Menjanjikan?

Pertumbuhan bisnis parfum lokal di Indonesia dalam 5 tahun terakhir terlihat sangat pesat. Hal ini mungkin disebabkan oleh salah satu projek yang diluncurkan oleh pemerintah pada tahun 2020 yaitu Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), yang mendukung pemberdayaan UMKM/IKM domestik. 

Selain itu, apa sebenarnya yang menjadi faktor pengaruh cepatnya pertumbuhan bisnis parfum lokal di Indonesia? Bagaimana dengan perkiraan pasarnya beberapa tahun ke depan? Simak ulasan selengkapnya di sini.

Aroma Tubuh Sama Pentingnya dengan Penampilan

Memiliki visual yang menarik sepertinya percuma jika seseorang memiliki bau badan. Bonus, jika kita memiliki aroma tubuh yang wangi dan khas. Kita tidak hanya ingin badan yang wangi tapi kita ingin wangi yang kita pancarkan mengingatkan seseorang akan kita. Aroma tubuh yang wangi juga akan meningkatkan daya tarik.

Dengan fenomena ini, sebenarnya tidak sulit untuk menciptakan parfum lokal tapi yang menjadi masalah utama adalah bagaimana brand kita dikenal dan disukai, dan jika mungkin, menciptakan fenomena baru. 

Faktor Pengaruh Suksesnya Industri Bisnis Parfum Lokal

Hingga 2022, terdapat ratusan brand parfum lokal terbaru dengan inovasi yang beragam. Kesuksesan brand-brand lokal dalam bidang perfumery bisa dipengaruhi oleh strategi pemasaran mereka yang cerdas, contohnya menekan cost value dengan penjualan secara online. 

Nah, di bawah ini adalah beberapa faktor pengaruh suksesnya industri parfum lokal di Indonesia.

1. Bahan baku yang mudah ditemukan di Indonesia

Minyak nilam (patchouli oil) menjadi salah satu bahan baku dari pembuatan berbagai brand parfum internasional, dan untungnya Indonesia menjadi salah satu eksportir terbesar untuk patchouli oil ini. Selain itu, parfum juga terbuat dari bunga-bungaan yang banyak ditemukan di Indonesia.

Hal ini tentu sangat krusial untuk menghasilkan produk parfum lokal yang affordable tetapi kualitas yang serupa dengan merk high-end. 

2. Harga yang terjangkau

Mudahnya mendapatkan bahan baku parfum di Indonesia akan membuat cost value lebih rendah, dan ini sangat vital untuk pasar Indonesia. Beberapa brand parfum lokal justru berani mengklaim bahwa wangi yang mereka tawarkan tidak kalah dengan brand luar negeri. 

3. Kemasan yang mudah diingat

Kemasan adalah sampul dari branding produk, sehingga memilihnya mungkin membutuhkan pertimbangan yang tidak mudah. Anda harus paham target market Anda sendiri. Jika ingin target yang classy dan perempuan, gunakan kemasan yang neat namun mewah. 

4. Strategi pemasaran yang inovatif

Umumnya pendiri brand parfum lokal berasal dari generasi milenial dan mereka mengerti apa yang pasar (re:milenial) inginkan. Menggunakan strategi pemasaran yang kuno seperti penjualan secara langsung dan mengoptimalkan hubungan yang baik dengan pelanggan, sangat tidak kekinian. 

Berikut contekan strategi pemasaran yang sering dipakai oleh brand-brand parfum lokal ternama.

  • kolaborasi dengan industri lain
  • ikuti trend di media sosial
  • gandeng artis atau influencer terkenal
  • optimalisasi penjualan melalui marketplace
  • ciptakan branding yang kuat dengan storytelling
  • bangun kepercayaan konsumen dengan review jujur di media sosial

Apakah bisnis parfum lokal menjanjikan?

Munculnya brand-brand parfum lokal berangkat dari gap antara parfum high-end dan very low-end. Orang-orang di Indonesia hanya dapat membeli parfum di bawah 100rb dengan aroma yang itu-itu saja atau justru parfum brand internasional dengan harga jutaan. 

Sehingga pada tahun 2019 mulai muncul beberapa brand parfum lokal dengan harga yang terjangkau dan aroma yang berbeda dan baru. Salah satu brand lokal juga mencetak penjualan tertinggi setelah brand high-end seperti YSL, Chanel, Dior, dan Bvlgari di marketplace

Munculnya brand-brand lokal menjadi angin segar yang tampaknya akan bertahan lama karena adanya gap tadi. Hingga kini, brand lokal menjadi prioritas kebanyakan orang karena selain harganya yang cocok di kantong, juga punya aroma yang sangat beragam. 

Ingin membuat parfum brand sendiri?

Keberhasilan bisnis parfum lokal tidak hanya berbicara mengenai perencanaan dan pemasaran, melainkan proses pembuatan. Anda harus memilih perusahaan pembuatan produk parfum yang terpercaya dan berpengalaman, seperti Indocare B2B. 

Indocare B2B adalah perusahaan yang menyediakan jasa maklon yang akan membantu menciptakan produk parfum impian Anda. Indocare B2B telah bekerja selama lebih dari 20 tahun dan memiliki Research and Development berkualitas dengan tenaga profesional. 

Pabrik kami juga telah mengantongi sertifikasi seperti BPOM, CPKB, Halal MUI dan berstandar ISO 9001:2015. 

Bangun bisnis impian Anda dengan menghubungi kami di sini, atau klik fitur hijau di sebelah kanan layar Anda. 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya