Bisnis Personal Care dengan Produk Pembersih Kewanitaan

Bisnis Personal Care dengan Produk Pembersih Kewanitaan

Di balik segala kontroversinya, produk pembersih kewanitaan ternyata memiliki proyeksi angka pertumbuhan tahunan (CAGR) yang besar, yakni 7.5% hingga pada tahun 2027. Lalu apakah ini cukup sebagai alasan untuk mengembangkan produk pembersih area kewanitaan? 

Industri Personal Care di Indonesia

Industri personal care atau perawatan diri di Indonesia adalah salah satu sektor yang paling dinamis dan berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dengan populasi pasar yang besar dan kesadaran perawatan diri yang semakin meningkat pascapandemi, mengakibatkan permintaan akan produk personal care terus tumbuh. 

Produk-produk personal care telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, dan mencerminkan pergeseran gaya hidup yang semakin modern.

Industri ini mencakup beragam produk, mulai dari perawatan kulit, rambut, hingga produk-produk khusus seperti pembersih kewanitaan.

Menurut laporan dari Research and Markets, pendapatan pasar produk pembersih kewanitaan Indonesia diprediksi mencapai 548.5 juta USD atau setara dengan 8.2 milyar rupiah pada tahun 2027. Sementara, pendapatan untuk bisnis personal care; termasuk kecantikan, di Indonesia mencapai 7,23 miliar USD atau setara dengan 111 triliun rupiah pada tahun lalu. 

Di tengah ketatnya persaingan, produsen personal care harus berfokus pada inovasi dan kualitas produk untuk memenuhi ekspektasi konsumen yang semakin tinggi. 

Pasar pembersih kewanitaan di Indonesia masih didominasi oleh merek multinasional, sehingga membuat segmen ini memiliki kesempatan besar bagi para Smartpreneur dalam memasuki industri ini. 

Beberapa merek multinasional yang menguasai pasar pembersih kewanitaan atau vagina adalah sebagai berikut: 

  • Procter & Gamble
  • Kimberly-Clark
  • Johnson & Johnson
  • Unilever
  • Softex Indonesia

Tetapi jika mengacu pada produk pembersih area kewanitaan di Indonesia, merek-merek ini sangat populer:

  • PT. Kalbe 
  • Sanofi
  • BETADINE®
  • Sebapharma GmbH & Co. KG

Apakah Produk Pembersih Kewanitaan Aman?

“Vagina dapat membersihkan dirinya sendiri”, pernah mendengar kalimat ini? 

Vagina memang memiliki kemampuan alami untuk membersihkan dirinya sendiri. Tetapi seringkali kondisi lingkungan,cuaca, dan aktivitas yang berat membuat vagina mengeluarkan bau yang berlebihan dan beberapa perempuan mungkin menjadi tidak nyaman. 

Banyak perempuan merasa bahwa produk pembersih area kewanitaan membantu menjaga rasa segar dan kenyamanan sepanjang hari. Tapi apakah produk ini aman digunakan?

Produk pembersih daerah kewanitaan yang diproduksi oleh merek terpercaya dan sesuai dengan standar regulasi yang ketat, aman untuk digunakan, namun harus sudah lulus Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Selain itu, penggunaan produk pembersih kewanitaan dengan benar tidak menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan. Oleh karena itu, produsen harus mampu mengembangkan produk yang aman dan efektif. 

Apa yang Mendorong Penggunaan Produk Pembersih Kewanitaan?

Penggunaan produk pembersih kewanitaan menjadi bagian penting dari rutinitas perawatan kesehatan dan kebersihan perempuan, dengan memberikan manfaat yang mencakup aspek fisik dan psikologis.

Berikut adalah 5 poin penting mengapa perempuan menggunakan produk pembersih kewanitaan:

Kenyamanan dan Kebersihan

Produk pembersih kewanitaan membantu perempuan merasa lebih segar dan bersih sepanjang hari. Mereka membantu menghilangkan keringat, bau, dan sensasi tidak nyaman lainnya.

Perawatan Kesehatan

Produk ini sering mengandung bahan-bahan yang dirancang khusus untuk menjaga keseimbangan pH di daerah kewanitaan. Ini membantu mencegah perubahan pH yang dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti infeksi jamur atau bakteri.

Pengendalian Bau

Produk pembersih kewanitaan juga membantu mengendalikan bau yang dapat timbul akibat aktivitas sehari-hari. Ini memberikan rasa percaya diri ekstra, terutama ketika hari yang panjang atau dalam situasi yang mendesak.

Pertumbuhan Pengetahuan

Edukasi yang semakin meningkat tentang pentingnya perawatan kewanitaan yang baik dan cara menjaga kebersihan serta kesehatan di area tersebut telah mendorong penggunaan produk pembersih kewanitaan. Semakin banyak perempuan yang menyadari manfaat produk ini dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan mereka sehari-hari.

Perubahan Gaya Hidup Modern

Banyak perempuan yang memilih menggunakan produk pembersih area kewanitaan karena dorongan dari gaya hidup yang serba cepat dan aktif. Produk ini hadir dalam berbagai varian yang cocok untuk perempuan yang menjalani rutinitas yang sibuk seperti bekerja di luar ruangan, berolahraga, atau ketiga bepergian. 

Bagaimana Menciptakan Produk yang Aman?

Meskipun produsen di segmen ini masih sedikit dan memiliki peluang yang sangat menggiurkan, tidak banyak yang berani menjelajahi produk pembersih kewanitaan. Padahal kuncinya adalah bagaimana produk Anda diterima konsumen dan dianggap aman, dan jika memungkinkan dapat mengubah stigma tentang produk pembersih area kewanitaan. 

Agar produk Anda dianggap aman, Anda perlu melakukan cara-cara di bawah ini:

Penelitian Mendalam

Mulailah dengan melakukan penelitian menyeluruh tentang produk pembersih kewanitaan yang sudah ada di pasaran. Identifikasi kebutuhan dan preferensi konsumen, serta temukan celah atau peluang untuk menciptakan produk yang unik dan aman.

Formula Aman

Pastikan formula produk aman untuk digunakan di area sensitif kewanitaan. Jangan menggunakan bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi atau gangguan pH. Sebaliknya, pilihlah bahan-bahan yang lembut, hypoallergenic, dan bebas dari pewangi yang berlebihan atau bahan kimia yang keras.

Pengujian Produk

Lakukan pengujian produk secara klinis atau dermatologis untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya. Uji produk ini juga mencakup uji stabilitas produk, mikrobiologis, toksisitas, dan uji pH. Hasil pengujian yang positif dapat digunakan untuk meyakinkan konsumen bahwa produk Anda aman untuk digunakan.

Label Produk yang Jelas

Buat label produk yang memberikan informasi yang jelas dan transparan mengenai kandungan, petunjuk penggunaan, serta pernyataan keamanan. Pastikan label tersebut sesuai dengan peraturan dan standar yang berlaku dalam industri produk perawatan diri di Indonesia. 

Pastikan juga untuk mencantumkan label seperti non-aerosol, paraben-free, aluminium-free, pH balanced, dan label pendukung lainnya. Ini harus sejalan dengan komposisi produk dan uji laboratorium yang Anda lakukan. 

Edukasi Konsumen

Sertakan edukasi tentang perawatan kewanitaan yang baik dalam kampanye pemasaran Anda. Edukasi bisa berupa artikel, panduan, atau video yang memberikan informasi penting tentang kesehatan dan kebersihan kewanitaan. Edukasi yang baik dapat membantu konsumen merasa lebih percaya diri dalam memilih produk Anda.

Pemasaran yang Etis

Hindari klaim yang berlebihan atau tidak benar dalam kampanye pemasaran. Fokus pada manfaat nyata dan keamanan produk Anda. Pastikan pesan pemasaran Anda bersifat positif dan mendukung kesehatan perempuan.

Ulasan dan Rekomendasi

Tingkatkan layanan pelanggan Anda untuk mendorong ulasan yang positif. Anda juga bisa meminta influencer yang terpercaya di bidang perawatan kewanitaan untuk mengulas produk Anda. Ulasan positif dan rekomendasi dari individu-individu ini dapat memberikan kepercayaan kepada calon konsumen.

Bekerja Sama dengan Tenaga Kesehatan

Berikan dukungan dan validasi pada produk Anda dengan menjalin kerja sama dengan tenaga profesional kesehatan, seperti dokter kandungan atau ahli ginekologi. Kerja sama ini akan memperkuat citra produk sebagai perawatan kewanitaan yang aman dan direkomendasikan oleh para ahli. 

Gunakan Manufaktur yang Terstandardisasi

Cara-cara di atas memang sangat esensial, tetapi Anda juga perlu teliti dalam memilih partner manufaktur untuk produk pembersih kewanitaan Anda. Bekerjalah dengan pabrik manufaktur yang berpengalaman, lulus standar dari BPOM dan lembaga terkait lainnya, dan memiliki manajemen rantai pasok yang jelas dan terintegrasi. 

Indocare B2B adalah perusahaan manufaktur yang telah lulus uji standar dari pemerintah Indonesia dan mampu memproduksi produk kebersihan wanita atau feminine hygiene. Sejak 1988, Indocare B2B sudah mengembangkan ribuan produk perawatan diri (personal care) untuk Smartpreneur di Indonesia dan negara-negara lainnya. 

Indocare B2B memiliki proses manufaktur end-to-end, mulai dari pematangan konsep, pemilihan bahan baku, uji laboratorium, sampling, hingga legalisasi produk. Oleh karena itu, produk impian Anda dapat memasuki pasar dengan cepat, sesuai dengan rencana bisnis Anda. 

Dengan melakukan langkah-langkah di atas dengan cermat, Anda dapat memiliki produk pembersih area kewanitaan yang ideal serta menjadi andalan perempuan dalam menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan mereka.

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.