Rahasia Kosmetik Korea

Rahasia Kosmetik Korea Hingga Disukai Konsumen Indonesia



Korean wave atau hallyu menerjang tanah air beberapa tahun belakangan ini. Serial drama (K-drama), musik pop (K-pop), fashion, hingga akhirnya skincare dan kosmetik Korea (K-beauty) pun mulai dicintai banyak orang. Tapi kenapa produk skincare dan kosmetik Korea dengan mudah mendapatkan konsumen setia di Indonesia?

Kelebihan Skincare dan Kosmetik Korea

Skincare dan kosmetik korea? Ya, betul! Saat ini ada banyak jenis produk perawatan kulit dan kosmetik dari Negeri Gingseng yang beredar di pasar Indonesia. Pada tahun 2015 saja, Korea Selatan sukses mengekspor produk-produk skincare dan kosmetik mereka ke seluruh dunia senilai 35 triliun rupiah.

Apa sih yang membuat produk skincare dan kosmetik mereka mendapatkan banyak fans di Indonesia? Berikut beberapa faktornya:

1. Uniknya bahan baku yang digunakan

Coba Anda bayangkan mengoleskan racun lebah pada wajah. Atau minyak kuda dan lendir siput agar kulit semakin halus. Maukah Anda? Produsen skincare dan kosmetik Korea sukses menemukan manfaat bahan-bahan ‘unik’ dan alami ini bagi kesehatan kulit, kemudian meraciknya agar konsumen mau menggunakannya.

2. Lebih inovatif

Produsen skincare Korea juga sering membuat inovasi produk, yang laris di pasaran. Contohnya, munculnya produk BB cream yang sukses ditiru oleh para pesaingnya. BB cream merupakan produk pertama yang menggabungkan skincare dengan kosmetik.

3. Mayoritas terfokus pada essence dan serum

Hampir semua produk skincare produksi Korea setidaknya mengandung satu essence dan serum yang lebih efektif memberikan nutrisi daripada hanya moisturizer. Hal ini membuat banyak beauty enthusiast menyukai produk-produk skincare Korea.

4. Bahan bertekstur ringan dan fokus pada hidrasi kulit

Sebuah sumber mengatakan bahwa, rahasia keunggulan produk-produk skincare dan kosmetik Korea adalah selalu mengandung bahan-bahan yang dapat menghidrasi kulit. Hal ini membuat kulit tampak bercahaya, cerah, dan lebih muda. Produk skincare Korea juga mempunyai tekstur ringan, sehingga dapat digunakan berulangkali, dan mudah terserap oleh kulit.

5. Harga bersahabat

Bila dibandingkan dengan produk-produk kompetitor dari Eropa, Amerika, atau Jepang, skincare dan kosmetik dari Korea punya rentang harga yang lebih bersahabat di dompet kita. Meskipun harganya lebih murah, ternyata kualitas kosmetik Korea bisa menyamai produk kompetitornya dari Eropa, Amerika, maupun Jepang. Hal ini membuat konsumen tidak ragu-ragu lagi untuk menggunakan produk skincare dan kosmetiknya secara rutin setiap hari.

6. Packaging menarik dan unik

Produsen skincare dan kosmetik Korea mengerti bahwa untuk bersaing dengan produk-produk Eropa, produk mereka harus terlihat menarik dengan membuat kemasan lucu dan eye catching.

Korean Wave: Awal Tren Berbau Korea di Indonesia

Sebenarnya gelombang pertama serbuan budaya pop Korea di Indonesia terjadi pada sekitar tahun 2000, dan bukan dimulai oleh K-pop atau K-beauty. Drama-drama Korea atau K-drama yang menjadi gelombang pertama hallyu di Indonesia. K-drama marak disiarkan oleh stasiun-stasiun televisi, dan membius para penggemarnya pada 2002 hingga 2005.

Mengekor kesuksesan drama Korea, masuklah invasi musik K-pop hingga produk-produk skincare dan kosmetik Korea ke tanah air. Booming K-pop ditandai dengan konser sebuah grup K-pop tahun 2012 yang sukses besar. Kesuksesan K-pop ini membuat produk-produk K-beauty ikut tenar.



No Comments

Post A Comment