Dari Startup ke Scalable, Begini Cara Melakukannya!

Dari Startup ke Scalable, Begini Cara Melakukannya!

Scalable adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menangani peningkatan permintaan pasar dalam dunia korporat. Perusahaan yang terukur adalah perusahaan yang dapat mempertahankan atau meningkatkan margin keuntungan dan volume penjualan yang meningkat.

Pengertian Scalable

Sebenarnya scalable merupakan istilah teknis yang umum digunakan oleh para ahli IT, namun ini juga memiliki cakupan yang sangat luas, terutama jika membahas soal industri dan bisnis. 

Dikutip dari kamus Merriam Webster, istilah “scalable” adalah “capable of being scaled” atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai “mampu ditingkatkan skalanya”. 

Sesuatu yang skalanya dapat ditingkatkan dan diukur disebut dengan scalability atau skalabilitas. 

Konsep Scalable

Dalam konteks bisnis, skalabilitas menjadi salah satu kunci keberhasilan bagi perusahaan atau merek untuk mengembangkan usaha mereka. 

Scalable dalam dunia bisnis ialah kemampuan suatu bisnis atau perusahaan dalam bertumbuh dan berkelanjutan secara efisien tanpa mengalami gangguan yang signifikan. 

Hal-hal yang biasanya diukur untuk menilai apakah suatu bisnis bersifat scalable adalah proses produksi, pengiriman, pemasaran, dan peningkatan efisiensi operasional secara keseluruhan. 

Bisnis yang dapat dianggap scalable biasanya memiliki struktur yang fleksibel dan mampu menyesuaikan diri dengan meningkatnya permintaan pasar atau kapasitas operasi. 

Kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat dan efisien dapat membantu perusahaan untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan meraih keuntungan yang lebih besar dalam jangka panjang. Bila anda ingin memulai bisnis, bisa juga untuk memulai bisnis model canvas.

Tujuan dari Bisnis yang Scalable

Ada sejumlah keuntungan signifikan yang dapat diperoleh ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk menjalankan bisnis yang scalable.

Berikut beberapa manfaat scalable bagi bisnis dan perusahaan:

1. Meningkatkan Efisiensi Operasional Bisnis

Tentu saja manfaat utama skalabel adalah dapat meningkatkan motor operasional bisnis. Hal ini bisa dituju dengan menggunakan teknologi terbarukan, atau mengadaptasi strategi dan inovasi yang berhubungan dengan segmen bisnis. 

Hal ini juga dapat mengurangi biaya operasional namun produktivitas tetap meningkat. 

2. Meningkatkan Pendapatan Bisnis

Jika biaya operasional dapat ditekan tanpa membawa dampak negatif pada produktivitas, pendapatan perusahaan juga akan ikut meningkat. 

Ini karena kemampuan bisnis untuk menyesuaikan kapasitas produksi, volume konsumen, atau teknologi dengan cepat dan efisien.

Meskipun ada investasi awal yang mungkin diperlukan, skalabilitas akan memungkinkan perusahaan untuk meraih keuntungan yang lebih besar dalam waktu yang relatif singkat.

3. Meningkatkan Nilai Bisnis dalam Jangka Panjang

Bisnis yang skalabel memiliki potensi untuk mengalami pertumbuhan yang cepat dan mencapai skala ekonomi yang lebih besar, seperti meningkatkan pendapatan, laba, pangsa pasar, dan meningkatkan daya tarik bagi investor. 

Kemampuan untuk menghasilkan keuntungan yang stabil dan berkelanjutan dianggap sebagai nilai positif dalam jangka panjang, yang dapat membantu perusahaan untuk tetap kompetitif dan menarik bagi target konsumen. 

4. Memperluas Jangkauan Pasar

Bisnis yang skalabel juga membuka pintu bagi perusahaan untuk memperluas jangkauan pasar mereka.

Hal ini terjadi karena fokus utama bisnis yang scalable ialah penggunaan teknologi, yang secara alamiah mampu menjangkau pasar global.

Dengan menggunakan teknologi yang tepat, perusahaan dapat menjual produk atau layanan mereka di seluruh dunia tanpa harus secara signifikan meningkatkan sumber daya manusia atau keuangan.

Melakukan Scalable dengan Maklon

Salah satu cara efektif dalam mengembangkan bisnis dan perusahaan menjadi lebih skalabel ialah dengan menggunakan maklon.

Maklon merupakan kegiatan manufaktur yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur untuk perusahaan lain, yang akan dijual ke pasar menggunakan merek perusahaan lain tersebut. 

5 alasan utama mengapa maklon dapat meningkatkan perusahaan atau merek Anda menjadi scalable adalah sebagai berikut:

  • Etika dan praktik bisnis terstandardisasi BPOM 
  • Memiliki tenaga R&D yang berpengalaman di bidangnya
  • Fasilitas produksi modern dan sesuai dengan aturan terbaru dari pemerintah
  • Manajemen rantai pasok yang terintegrasi sehingga dapat menghemat waktu
  • Mempunyai pengembangan produk end-to-end sehingga akan menghemat biaya bisnis 

Jika Anda ingin mengembangkan produk kosmetik seperti skincare dan personal care, serta suplemen kesehatan dan kecantikan di Indonesia, Anda bisa menggunakan maklon dari Indocare B2B. 

Telah berdiri sejak tahun 1988, Indocare B2B telah dipercaya oleh ratusan Smartpreneur di Indonesia dan negara-negara lainnya, untuk mengembangkan rencana bisnis mereka menjadi nyata dengan produk-produk terbaik.

Tenang, Anda juga bisa bebas berkonsultasi dengan ahlinya jika konsep produk masih abstrak. 

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.