Efektif Melindungi Kesehatan Kulit, Begini Serba-serbi Linoleic Acid

Efektif Melindungi Kesehatan Kulit, Begini Serba-serbi Linoleic Acid

Linoleic acid atau asam linoleat dikenal sebagai salah satu kandungan yang sering digunakan dalam proses pembuatan skincare. Sebenarnya, kandungan alami ini termasuk jenis lemak yang diperlukan oleh tubuh untuk melindungi kesehatan kulit dari dalam.

Pada dasarnya, terdapat banyak sumber asam linoleat di sekitar kita. Salah satunya bisa ditemukan dalam makanan yang dikonsumsi. Namun, konsumen juga masih memerlukan bantuan produk perawatan kulit untuk mengoptimalkan manfaat asam linoleat. 

Apa Itu Linoleic Acid? 

Linoleic acid adalah asam lemak esensial omega-6 yang tidak diproduksi oleh tubuh. Di dunia perawatan kulit, asam lemak ini dijuluki sebagai vitamin F. Biasanya, kandungan ini dapat ditemukan pada makanan, seperti biji bunga matahari, argan, biji wijen, labu, biji anggur, almond, dan biji rami.

Selain makanan tersebut, linoleic acid juga dapat diperoleh dengan mengonsumsi suplemen. Mengonsumsi suplemen asam linoleat yang sesuai dengan kebutuhan harian dapat membantu meningkatkan kesehatan otak, kesehatan jantung, dan imunitas. Tak hanya untuk tubuh, asam ini juga mampu menutrisi kulit dengan baik. 

Di era modern ini, mulai  banyak merek kecantikan di pasar yang mulai memanfaatkan linoleic acid pada rangkaian produk mereka. Tentunya hal ini bertujuan untuk membantu konsumen menjaga dan merawat kesehatan kulit dari berbagai masalah, seperti jerawat, inflamasi, kusam, dan lainnya.

Manfaat Linoleic Acid untuk Kulit 

Beberapa manfaat yang akan konsumen dapatkan dengan penggunaan skincare berbahan linoleic acid, di antaranya sebagai berikut.

  • Memperkuat Skin Barrier

Skin barrier adalah lapisan kulit terluar yang bertugas melindungi kulit. Namun, pelindung kulit ini rentan mengalami kerusakan yang disebabkan berbagai hal. Salah satunya adalah paparan ultraviolet. 

Untuk mencegah kerusakan dan memperkuat skin barrier diperlukan perawatan tepat, yakni dengan rutin mengonsumsi makanan kaya akan asam linoleat. Selain itu, konsumen juga dianjurkan untuk melakukan perawatan kulit wajah menggunakan skincare yang mengandung asam linoleat.

  • Menghidrasi Kulit

Linoleic acid membantu membuat lipid alami serupa pelindung yang membantu memperkuat lapisan terluar kulit. Pelindung ini efektif membantu kulit tetap terhidrasi. Alhasil, kulit menjadi lebih segar, kenyal, dan bebas dari kusam.

  • Mengatasi Garis Halus

Asam linoleat juga efektif mengurangi garis-garis halus yang timbul akibat bertambahnya umur maupun akibat penuaan dini. 

  • Menghaluskan Kulit

Kandungan asam linoleat dalam skincare dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit sehingga sel-sel baru akan naik ke permukaan menggantikan sel-sel kulit mati. Alhasil, kulit wajah akan tampak lebih cerah, halus, dan lembut. 

  • Mengatasi Jerawat

Secara alamiah asam linoleat memiliki sifat antiinflamasi. Orang yang kekurangan kadar asam linoleat rentan terkena masalah jerawat lantaran tubuh hanya bisa memproduksi ceramine dalam kadar rendah. 

Mengonsumsi asam linoleat dan menggunakan rangkaian wajah yang mengandung linoleic acid dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Penggunaan dengan dosis tepat bisa menghasilkan kulit yang lebih sehat serta bebas minyak dan jerawat.

  • Mengurangi Risiko Iritasi

Cocok dipadukan dengan bahan atau kandungan lain menjadi salah satu keunggulan linoleic acid. Artinya, asam linoleat aman digunakan bersamaan dengan bahan aktif lain yang lebih intens untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. 

Asam linoleat juga dapat mencegah risiko iritasi yang disebabkan oleh bahan yang lebih agresif atau keras, seperti AHA, retinoid, dan asam glikolat. Asam linoleat bekerja dengan cara menenangkan kulit sehingga risiko iritasi pun berkurang.

Jenis Kulit yang Cocok Menggunakan Linoleic Acid 

Pada dasarnya, linoleic acid dibutuhkan oleh semua jenis kulit. Produk skincare yang mengandung asam ini dirancang agar aman digunakan dan memberikan manfaat yang luar biasa untuk perlindungan kulit. 

Kendati demikian, jenis kulit yang paling dianjurkan menggunakan produk skincare asam linoleat adalah pemilik kulit kering dan sangat berminyak. Kulit yang berminyak rentan mengalami masalah jerawat dan skincare dengan asam linoleat dapat membantu kulit untuk mencegah inflamasi. 

Bagi pemilik kulit kering, sifat fortifikasi asam linoleat dapat membantu kulit terhidrasi sekaligus meningkatkan perlindungan skin barrier. Sehingga, kulit menjadi lebih sehat, kenyal, dan tampak lebih halus. 

Cara Terbaik Menggunakan Linoleic Acid 

Untuk mengoptimalkan manfaat asam linoleat, Anda bisa mengombinasikan dengan kandungan asam hialuronat, squalane, atau ceramide. Kombinasi kandungan ini dapat melembapkan wajah dan melindungi kulit dari berbagai masalah. 

Mengingat tubuh memerlukan asam linoleat untuk menjaga kesehatan kulit, manfaatkan hal ini untuk mulai mengembangkan bisnis skincare berbahan linoleic acid. Jangan ragu memilih jasa maklon skincare Indocare B2B untuk mendapatkan produk terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen. 

 

Ditinjau oleh dr. Puti Wulandari

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.