5 Kandungan Skincare Anti Blue Light Terbaik

5 Kandungan Skincare Anti Blue Light Terbaik

Mirip dengan efek sinar ultraviolet (UV), blue light juga dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit. Dengan demikian, diperlukan skincare anti blue light untuk memberikan perlindungan terbaik bagi kulit. Dalam menyusun konsep pengembangan produk, penting untuk memahami secara menyeluruh tentang blue light, potensi bahayanya bagi kulit, dan bahan-bahan dalam skincare yang efektif untuk melindungi kulit dari paparan blue light.

Bahaya Blue Light bagi Kulit

Blue light atau sinar biru adalah komponen spektrum cahaya yang berenergi dan memiliki frekuensi tinggi dengan panjang gelombang antara 400−525 nm dan terletak pada pita panjang gelombang energi tinggi (HEV). Blue light terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Blue light alami: berasal dari paparan sinar matahari;
  • Blue light buatan: berasal dari perangkat elektronik, seperti televisi, komputer, ponsel pintar, tablet, dan bola lampu neon atau LED (light-emitting diode).

Pada takaran kecil dan terkontrol, blue light dinilai tidak membahayakan. Bahkan, sinar ini justru bermanfaat bagi kulit karena menunjukkan sifat antibakteri, antimikroba, dan antiinflamasi sehingga sering digunakan untuk mengobati psoriasis, dermatitis atopik, eksim, dan jerawat.

Secara umum, intensitas blue light buatan jauh lebih lemah dibandingkan blue light alami sehingga dampak kerusakannya juga jauh lebih rendah. Namun, jika terpapar secara berkelanjutan, tentu hal ini bisa membahayakan kulit. terutama bagi mereka yang memiliki riwayat hiperpigmentasi. 

Blue light alami maupun buatan dapat meningkatkan melasma, bintik-bintik, dan masalah pigmentasi lainnya. Berikut dampak blue light pada kulit jika terpapar secara berlebihan atau tidak menggunakan pelindung kulit. 

  • Kulit menjadi berjerawat
  • Warna kulit tidak merata 
  • Area bawah mata menghitam
  • Kulit tampak pucat 
  • Muncul garis halus dan kerutan
  • Memicu stres oksidatif
  • Memengaruhi produksi hormon
  • Memicu penuaan dini karena rangsangan produksi radikal bebas di kulit 
  • Mengganggu siklus tidur yang berdampak pada kualitas tidur

Paparan blue light juga berdampak pada kesehatan mata. Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan di International Journal of Ophthalmology pada Desember 2018, paparan blue light dapat menyebabkan katarak, mata kering, dan degenerasi makula. 

5 Kandungan Skincare Anti Blue Light

Cara paling mudah untuk mengurangi dampak blue light adalah dengan mengurangi paparan perangkat elektronik maupun bola lampu, menggunakan pelindung layar, dan mengurangi kecerahan perangkat elektronik. Namun penggunaan skincare atau sunscreen juga wajib dilakukan. 

Namun, disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan spektrum luas. Ini karena tidak semua tabir surya yang bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB juga memberikan perlindungan yang sama terhadap blue light. Oleh karena itu, diperlukan tabir surya yang mengandung bahan-bahan untuk memblokir sebagian dari spektrum blue light

Berikut adalah lima kandungan skincare anti blue light yang terbukti efektif dalam memberikan perlindungan dari dampak blue light

  • Melatonin

Salah satu kandungan skincare terbaik dalam melindungi kulit dari blue light. Melatonin merupakan antioksidan kuat yang mampu menetralkan radikal bebas dan melindungi kulit dari stres oksidatif akibat paparan sinar biru.

Dengan mengurangi stres oksidatif pada kulit, melatonin akan menjaga kesehatan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen, elastisitas, maupun tekstur kulit. 

Melatonin juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Tentu ini bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki kulit sensitif atau  dengan kondisi seperti berjerawat, rosacea, dan eksim.

Penggunaan melatonin dalam produk skincare juga dapat membantu mengatur ritme tidur alami tubuh sehingga menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik. Jadi, menggunakan produk skincare yang mengandung melatonin tidak hanya melindungi dan memperbaiki kondisi kulit, tetapi juga dapat memperbaiki kualitas tidur dan kualitas hidup secara keseluruhan.

  • Vitamin C, E, atau Asam Ferulat

Ketiga bahan ini merupakan antioksidan yang dapat membantu menetralisasi radikal bebas akibat radiasi sinar biru. Penggunaannya dapat mencegah kerusakan kulit yang lebih parah sepert tanda-tanda penuaan.

  • Bakuchiol

Bakuchiol dikenal sebagai alternatif retinol nabati alami. Bahan skincare yang selama ini dikenal dapat meratakan tekstur kulit serta meminimalkan garis-garis halus dan kerutan ini juga dapat membantu melindungi kulit terhadap efek radiasi blue light.

  • Asam Hialuronat

Asam hialuronat merupakan bahan pelembap yang dapat meningkatkan hidrasi dan kekenyalan kulit. Dengan kinerjanya  ini, asam hialuronat dapat membantu melawan efek kekeringan pada kulit akibat radiasi blue light.

  • Titanium Dioxide, Zinc Oxide, atau campuran keduanya

Titanium dioxide dan Zinc oxide biasa digunakan pada mineral sunscreen. Selain melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, kedua bahan ini juga dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan blue light.

Pengembangan Produk Skincare Anti Blue Light

Di era digital ini, perangkat elektronik menjadi satu hal yang sulit dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Baik di kantor maupun di rumah, setiap orang selalu menggunakan ponsel pintar, tablet, atau laptop. Kebiasaan ini membuat daya tarik skincare anti blue light meningkat signifikan. Terlebih, kini mulai banyak konsumen yang sadar pentingnya melindungi kulit dari efek blue light.

Skincare anti blue light mulai dianggap penting untuk dimasukkan ke dalam rangkaian perawatan kulit sehingga meningkatkan permintaan akan solusi perlindungan kulit dari blue light. Smartpreneur dapat menangkap peluang ini dengan menciptakan produk skincare yang fokus melindungi kulit dari paparan blue light.

Bekerja sama dengan perusahaan maklon skincare andal seperti Indocare B2B jelas solusi tepat dalam mengembangkan produk skincare anti blue light berkualitas terbaik. Terlebih lagi, Indocare B2B dilengkapi fasilitas sesuai standar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan sudah tersertifikasi lembaga pendukung dalam industri manufaktur, baik secara nasional hingga sertifikasi internasional.

Bersama Indocare B2B, Smartpreneur dapat mengembangkan produk skincare yang aman dan efektif melawan efek buruk blue light. Hubungi Indocare B2B sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang maklon skincare anti blue light terbaik!

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.