Sulitnya Bikin Pomade Sendiri

Sulitnya Bikin Pomade Sendiri. Ini Solusinya!

Saat ini, semakin banyak orang yang membutuhkan pomade untuk membentuk rambut dengan gaya klasik. Tiap produk pomade memiliki kandungan yang berbeda-beda. Sehingga ada yang memutuskan untuk bikin pomade sendiri dan menjualnya. Sulitkah membuat pomade sendiri?

Pomade sendiri adalah produk untuk rambut yang biasanya digunakan untuk membentuk rambut dengan gaya klasik, dan terlihat selalu basah. Berbeda dengan gel, hairspray, atau mousse, pomade menggunakan bahan dasar wax (lilin) untuk mempertahankan bentuk rambut tanpa membuat rambut menjadi kering.

Membuat produk pomade sendiri tentu lebih murah daripada membelinya. Tapi kita harus melakukan proses quality control, dan riset produk sendiri. Bahkan Anda harus mengurus perizinan BPOM dan sertifikasi CPKB. Bagaimana cara menghilangkan proses-proses tersebut namun tetap bisa memproduksi pomade dengan formula yang diinginkan? Jawabannya maklon one stop service.

Sebab maklon one stop service bisa membantu usaha kita dalam banyak hal, yaitu:

  • Membuat Anda bisa fokus pada bidang pemasaran dan penjualan produk
  • Anda tidak akan dipusingkan dengan proses produksi barang
  • Mengurangi resiko permodalan
  • Bebas dari birokrasi produk (izin BPOM dan sertifikat CPKB)
  • Menurunkan resiko kegagalan produk
  • Memangkas supply chain

Ingin tahu lebih banyak seputar maklon one stop service? Diskusikan dengan kami disini, dan ketik pertanyaan Anda pada form hijau di sebelah kanan layar. Kami akan membantu Anda secepatnya.

Sulitnya Bikin Pomade Sendiri. Mau Coba?

Sulitkan bikin pomade sendiri? Sulit dan… repot. Ada beberapa langkah yang dilakukan untuk membuat pomade yang berbahan dasar minyak (beeswax) yaitu:

1. Siapkan Panci Tim (double boiler)

Untuk membuat pomade dengan beeswax. Hal pertama yang dilakukan adalah mencairkan dulu beeswax, sehingga bisa dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

2. Masuk dan kukus beeswax

Masukkan air dan panaskan panci tim diatas kompor, kemudian kukuslah 20 sendok teh beeswax.

3. Lelehkan beeswax

Dalam waktu yang tidak beeswax akan mulai meleleh. Aduklah beeswax cair dengan sendok kayu hingga meleleh sepenuhnya.

4. Tambahkan bahan lainnya

Ketika beeswax sudah meleleh semuanya, tambahkan minyak kelapa murni 20 sendok teh, dan essential oil dengan wangi yang Anda sukai sebanyak 20 tetes. Atau Anda bisa menambahkan 3 sendok teh shea butter, untuk setiap 2 sendok teh beeswax pastilles.

5. Aduk terus

Setelah semua bahan dimasukkan, aduklah sampai semua bahan tercampur dengan merata dan meleleh semua.

6. Tuangkan ke wadah

Jika sudah merasa yakin semua bahan tercampur dengan sempurna, tuangkanlah campuran tersebut ke sebuah wadah.

7. Dinginkan

Biarkan bahan pomade untuk dingin, dan tunggu hingga kurang lebih tiga jam. Kemudian pomade bisa digunakan.

Jika ingin bikin pomade sendiri dalam jumlah banyak untuk dipasarkan, maka prosesnya bisa lebih rumit dari itu. Anda mesti melakukan riset produk dulu, sebelum melakukan proses produksi pomade. Kemudian, Anda pun harus melakukan quality control setiap produk pomade yang sudah siap dijual.

Pomade Minyak Dan Air

Sebelum membeli pomade atau membuat pomade sendiri, sebaiknya kita tahu dulu seperti apa produk pomade yang bagus dan yang buruk. Hal ini sangat subjektif, karena setiap orang memiliki preferensi berbeda terhadap produk pomade.

Namun ada dua jenis pomade yang beredar di pasaran yaitu, pomade yang menggunakan bahan dasar minyak, dan pomade dengan bahan dasar air. Pomade berbahan dasar minyak sudah dikembangkan sejak 50 tahun yang lalu. Biasanya merupakan campuran minyak alami atau buatan, dengan wax. Pomade minyak membuat rambut lebih berkilau, mudah dibentuk, dan lebih murah.

Sedangkan pomade berbahan dasar air memiliki kelebihan yang tidak ada pada pomade minyak yaitu, mudah untuk dibilas dari rambut. Meskipun kalah berkilau, namun pomade air lebih populer. Kelebihan lain dari pomade berbahan air adalah biasanya terbuat dari bahan-bahan yang lebih aman, dan tidak menimbulkan gangguan kulit. Namun harga pomade air lebih mahal, dan membuat rambut sulit untuk diubah lagi.

No Comments

Post A Comment