Suplemen Kecantikan: Tren Kandungan, Manfaat dan Pasarnya

Suplemen Kecantikan: Tren Kandungan, Manfaat dan Pasarnya

Suplemen kecantikan menjadi solusi perawatan kulit sekaligus kesehatan tubuh dengan manfaat yang tahan lama, dan rendah risiko inflamasi topikal. Dengan fokus pada kandungan dan manfaatnya, serta peluang pasar, membantu Smartpreneur untuk mengembangkan produk suplemen yang sesuai dengan tuntutan target konsumen. 

Suplemen Kecantikan: Terobosan Baru dalam Industri Kecantikan

Dalam era kecantikan yang terus berkembang, suplemen kecantikan menjadi inovasi yang revolusioner dalam pendekatan perawatan kulit. Diperkaya dengan nutrisi khusus yang mendukung kesehatan kulit dari dalam, suplemen ini menawarkan solusi yang lebih holistik dan sehat. 

Sebagai perlindungan dari dalam, suplemen kecantikan dapat membantu menjaga kelembapan, memerangi kerusakan akibat radikal bebas, dan meningkatkan elastisitas kulit. Ini memberikan opsi perawatan yang lebih sehat untuk kulit dan tubuh, memberdayakan konsumen untuk mencapai kecantikan alami dan berkelanjutan. 

Bagi Smartpreneur yang ingin terus berinovasi, memasuki ranah suplemen kecantikan dapat menjadi langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin cerdas dan berorientasi pada kesehatan.

Tren Kandungan Suplemen Kecantikan

Suplemen kecantikan telah menjadi buah bibir dalam industri perawatan kulit, mencakup produk-produk populer seperti suplemen biotin, kolagen, dan vitamin E. Namun, untuk memenuhi ekspektasi konsumen yang mencari produk yang lebih segar, modern, dan menggunakan teknologi terkini, perlu memperhatikan tren kandungan suplemen terkini. 

Berdasarkan riset pasar terkini dan minat konsumen, kami merangkum beberapa tren kandungan suplemen yang dapat mengatasi masalah kulit konsumen dengan pendekatan yang lebih sehat, alami, dan teruji secara klinis.

Kolagen Laut

Atau disebut juga dengan marine collagen merupakan bahan yang ramah lingkungan dan lebih mudah diserap oleh tubuh. Semakin mudah diserap, maka fungsinya akan semakin optimal. Ini bisa menjadi pilihan kolagen yang cocok untuk konsumen yang menjalankan gaya hidup berkelanjutan, ingin mengencangkan kulit, dan membuat kulit terlihat jauh lebih muda. 

Ceramide

Ceramide kini dapat diakses dalam bentuk kapsul atau tablet. Fungsi utamanya adalah memperkuat barier kulit, dan bertindak sebagai pelindung kulit dari risiko lingkungan yang merugikan. Ceramide dapat mengatasi kulit kering, mengunci kelembapan, dan meningkatkan elastisitas kulit. 

Prebiotik dan Sinbiotik

Selain probiotik yang sudah akrab, prebiotik melestarikan lingkungan hidup pada bakteri baik di permukaan kulit, sehingga kulit dapat terhindari dari masalah peradangan yang diakibatkan oleh pertumbuhan bakteri berlebihan. 

Sementara sinbiotik, yang menggabungkan prebiotik dan probiotik dalam satu produk, bermanfaat untuk memperkuat koloni baik dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan yang juga akan mendorong kesehatan kulit. 

Penelitian menunjukkan bahwa suplemen oral yang mengandung prebiotik, probiotik, atau sinbiotik dapat mengurangi inflamasi kulit seperti kasus dermatitis atopik. 

Herba Adaptogenik

Adaptogenik adalah sekelompok tumbuhan atau zat yang diyakini dapat membantu tubuh beradaptasi dan merespons lebih baik terhadap stres fisik, mental, atau lingkungan. Dengan memanfaatkan herba seperti reishi dan cordyceps, suplemen kecantikan bukan hanya dapat meregulasi stres, tetapi juga memberikan efek positif pada kulit melalui sifat antiinflamasi dan menangkan. 

Selain untuk kulit, herba adaptogenik juga dapat mencegah kulit kering dan rambut rontok. 

Ekstrak Botani

Ekstrak botani merupakan alternatif alami dari vitamin C dan vitamin E yang terkenal untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Misalnya, ekstrak antioksidan dari beri, seperti blueberry atau acai, sedang populer karena kemampuannya melawan radikal bebas dan mendukung kecerahan kulit. 

Dengan memanfaatkan sumber alam, suplemen kecantikan dengan ekstrak botani menjadi pilihan yang menarik bagi Smartpreneur yang ingin menjaga kesehatan kulit konsumen dengan cara yang alami dan efektif.

Pasar Suplemen Kecantikan

Potensi pertumbuhan pasar suplemen kecantikan di Indonesia memang cukup besar, tetapi saat ini mayoritas produk yang tersedia masih diimpor. Dalam mengembangkan produk suplemen, fokus pada personalisasi, sertifikasi Halal, dan eksplorasi kandungan lokal bisa menjadi kunci kesuksesan.

Dengan menghadapi beberapa tantangan seperti penelitian ilmiah yang memakan waktu, edukasi konsumen, serta regulasi dan sertifikasi yang kompleks, bermitra dengan Indocare B2B dapat memberikan kemudahan dalam pengembangan produk yang sesuai dengan standar BPOM dan Halal. 

Sebagai pelopor di industri suplemen sejak 1988, Indocare B2B telah berhasil menciptakan beragam merek di berbagai segmen, memberikan keyakinan bahwa bekerja sama dengan kami dapat membawa kesuksesan dalam pengembangan produk suplemen kecantikan di Indonesia. 

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.