Tahapan Proses Pembuatan Kosmetik yang Wajib Anda Ketahui

Tahapan Proses Pembuatan Kosmetik yang Wajib Anda Ketahui

Melejitnya penggunaan kosmetik di segala golongan di Indonesia mendorong rasa ingin tahu soal proses pembuatan kosmetik di industri manufaktur. Belakangan ini konsumen sadar bahwa kosmetik tidak hanya soal kecantikan tetapi juga kesehatan, sehingga mengetahui cara atau proses pembuatan kosmetik bisa mencegah risiko potensial di kemudian hari. 

Artikel ini diterbitkan tidak hanya untuk konsumen yang ingin mengedukasi diri tetapi juga calon Smartpreneur yang ingin mengembangkan bisnis kosmetik di Indonesia. Mengetahui proses pembuatan kosmetik sebagai salah satu manajemen risiko yang akan membuat rencana bisnis lebih jelas dan terprediksi. 

Definisi kosmetik

Menurut BPOM, kosmetik adalah bahan atau sediaan yang digunakan pada bagian luar tubuh manusia termasuk kulit, rambut, kuku, bibir, organ genital bagian luar, atau gigi dan membrane mukosa mulut yang berguna untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan, dan/atau memperbaiki bau badan hingga memelihara tubuh. 

Dalam kata lain, kosmetik adalah produk yang digunakan di seluruh tubuh terutama bagian luar; dan tidak terbatas pada produk makeup saja. 

Definisi jasa maklon

Proses produksi barang dilakukan oleh pabrik-pabrik yang dimiliki dan dikelola oleh perusahaan manufaktur. Umumnya ada 2 tipe perusahaan manufaktur, yaitu perusahaan yang memproduksi produk sendiri dan dijual dengan merek sendiri, dan perusahaan manufaktur yang memproduksi produk orang lain dengan merek orang lain tersebut, atau sering disebut dengan jasa maklon.

Jasa maklon adalah layanan produksi yang disediakan oleh perusahaan manufaktur dengan mengikuti brief dari klien. Singkatnya, mereka memproduksi barang yang diminta oleh klien mereka. Oleh karena aktivitas produksi membutuhkan keahlian khusus dan fasilitas yang harus sesuai standar nasional, banyak Smartpreneur yang bekerja sama dan mempercayakan proses produksi pada maklon. 

Proses pembuatan kosmetik

Mengerti bagaimana maklon membuat kosmetik akan sangat menguntungkan Anda. Ini dapat memberi Anda gambaran yang jelas soal bisnis kosmetik, dan dapat membantu Anda untuk evaluasi produk mana yang paling cocok dengan rencana bisnis Anda. Hal ini termasuk juga tentang komposisi produk, teknik manufaktur, hingga indikator uji mutu agar produk aman dan lulus sertifikasi. 

Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai tahapan proses pembuatan kosmetik di pabrikasi:

Formulasi

Formulasi adalah proses pembuatan resep produk kosmetik yang menentukan jenis dan jumlah bahan yang dibutuhkan untuk mencapai sifat dan karakteristik yang diinginkan. Ini melibatkan pemilihan bahan baku yang memiliki sifat fungsional yang diperlukan agar produk bekerja secara efektif, serta bahan kosmetik seperti warna, wewangian, dan tekstur yang akan menarik konsumen.

Formulasi dilakukan oleh tenaga R&D dengan kualifikasi strata 1 jurusan Bioteknologi maupun Kimia, atau jurusan lain dengan konsentrasi yang serupa. Proses formulasi dilakukan dengan uji sampling bahan baku di laboratorium yang sudah terstandardisasi BPOM. 

Penimbangan dan pengukuran

Setelah formulasi selesai dan memenuhi ekspektasi klien dan legal, bahan ditimbang dan ditakar sesuai resep. Ini biasanya dilakukan dengan menggunakan timbangan presisi dan peralatan pengukur untuk memastikan jumlah setiap bahan akurat dan konsisten.

Pencampuran

Langkah selanjutnya dalam proses ini adalah mencampur bahan untuk membuat produk akhir. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik tergantung pada produk dan proses pembuatannya. Misalnya, beberapa produk mungkin dicampur menggunakan peralatan pencampur berkecepatan tinggi, sementara yang lain mungkin memerlukan teknik yang lebih lembut seperti emulsifikasi atau homogenisasi.

Pemanasan dan pendinginan

Banyak produk kosmetik memerlukan pemanasan dan pendinginan selama proses produksi untuk melelehkan atau melarutkan bahan, atau untuk menstabilkan formulasinya. Ini biasanya dilakukan dengan menggunakan peralatan khusus seperti bejana berjaket atau ketel uap, dan suhu serta durasi pemanasan dan pendinginan akan bergantung pada produk yang dibuat.

Pengisian dan pengemasan

Setelah produk diproduksi, produk diisi ke dalam wadah dan dikemas untuk didistribusikan. Ini mungkin melibatkan mesin pengisian dan pengemasan otomatis untuk MOQ yang lebih besar, atau pengisian dan pengemasan manual untuk MOQ yang lebih kecil. Wadah dan bahan pengemas yang digunakan akan bergantung pada produk dan pasar yang dituju, dan dapat mencakup botol, guci, tabung, atau jenis wadah lainnya.

Uji mutu

Atau quality control adalah bagian penting dari proses pembuatan untuk memastikan bahwa produk akhir memenuhi persyaratan keselamatan dan peraturan, serta karakteristik dan sifat yang diinginkan. Uji mutu melibatkan pengujian stabilitas, konsistensi, pH, dan parameter kualitas lainnya untuk memastikan produk tersebut memenuhi spesifikasi dan aman untuk digunakan oleh konsumen.

Langkah-langkah di atas adalah proses pembuatan kosmetik secara teknis. Sebelum dan sesudah proses produksi adalah lain soal karena merupakan proses yang sangat kompleks dan ketat seperti persyaratan atau regulasi dari pemerintah, manajemen rantai pasok, dan pertimbangan lingkungan seperti pengelolaan limbah dan keberlanjutan. 

Menciptakan dan mengembangkan kosmetik bukanlah perkara mudah, Anda harus memenuhi spesifikasi nasional dan bila perlu global. Tenaga yang berada di dalamnya membutuhkan keahlian dalam formulasi, teknik pembuatan, dan uji mutu agar memastikan produk yang dihasilkan aman dan efektif. 

Di mana untuk produksi kosmetik?

Anda tidak perlu khawatir memilih tempat produksi kosmetik dengan metode produksi yang terjamin dan dipantau oleh BPOM dan Kementerian Agama. Di Indocare B2B, seluruh kegiatan produksi, dari sebelum produksi hingga distribusi telah lulus uji dari BPOM dan Halal dari Kementerian Agama. 

Dengan metode one-stop product development, kami akan menemani Anda dari pembuatan konsep, pemilihan bahan baku dengan profitabilitas tinggi, hingga izin edar dari BPOM dan Halal.

Konsultasikan konsep produk Anda bersama kami di sini, atau klik bar hijau di sebelah kanan layar Anda. 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.