Foot Cream: Intip Tren Segmen Perawatan Kaki di Indonesia

Foot Cream: Intip Tren Segmen Perawatan Kaki di Indonesia

Perawatan pada kaki tidak hanya sebatas mencuci kaki saja. Namun, serangkaian perawatan yang dapat membersihkan, membuat kaki terasa relaks, hingga penggunaan foot cream untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul. Bagaimana dengan tren perawatan kaki di Indonesia? Apa saja jenis foot cream yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada kaki? 

Tren Perawatan Kaki di Indonesia

Berikut jenis-jenis perawatan kaki yang biasa dilakukan di Indonesia.

Pedikur

Pedikur merupakan jenis perawatan kaki yang biasanya dilakukan di salon kecantikan. Perawatan kaki ini ditujukan untuk membuat kaki terasa relaks dengan merendam kaki pada air hangat. Setelah itu, petugas salon akan membantu mengelupas kulit mati di kaki menggunakan batu apung. Usai menghilangkan kulit mati, perawatan dilanjutkan dengan memotong kuku, menghilangkan kutikula, dan berakhir dengan pijat relaksasi.

Selain air hangat, pedikur juga bisa dilakukan dengan media ikan. Caranya kurang lebih sama, yaitu merendam kaki pada wadah atau kolam berisi ikan kecil-kecil. Ikan-ikan inilah yang kemudian menggigit sel-sel kulit mati di kaki. Selain membersihkan kulit mati, ikan-ikan ini juga memberikan sensasi pijatan ringan.

Scrubber Kaki

Scrubber kaki merupakan perawatan kaki yang bertujuan membersihkan kotoran-kotoran di kaki sekaligus membuang sel-sel kulit mati. Perawatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan krim kaki berbentuk scrub yang mengandung bahan eksfoliasi.

Foot Spa

Prosedur perawatan kaki pada foot spa hampir mirip dengan pedikur. Perawatan yang ditujukan untuk membuat kaki lebih relaks ini juga dimulai dengan merendam kaki menggunakan air hangat. Hanya saja, perendaman kaki pada foot spa juga melibatkan penambahan garam dan minyak esensial.

Saat direndam, kaki juga akan digosok, dipijat, dibersihkan, dan didetoks untuk menghilangkan racun dan memberikan efek relaksasi. Rangkaian perawatan ini ditutup  dengan pemberian losion kaki hingga penambahan nail polish sesuai selera konsumen.

Pasar dan Target Konsumen Produk Perawatan Kaki

Produk perawatan kaki adalah produk yang membantu pengguna dalam perawatan preventif dan korektif mulai dari betis hingga ujung kuku kaki. Produk-produk ini umumnya dapat memperbaiki kondisi kuku dan mengatasi berbagai masalah di kaki, seperti menghaluskan tumit atau mengatasi nyeri pada jari kaki, tumit, dan jari.

Produk perawatan kaki tersedia dalam berbagai bentuk, antara lain krim kaki, losion, salep, dan lulur atau scrub. Melansir dari Straits Research, konsumen yang membutuhkan produk perawatan kaki adalah mereka yang mencari solusi untuk berbagai masalah kaki, seperti kulit kering, tumit pecah-pecah, dan kapalan. Ini  bisa berasal dari berbagai kalangan usia, mulai dari remaja hingga dewasa, baik wanita mau pun pria.

Jenis-Jenis Foot Cream Berdasarkan Kandungannya

Setiap orang memiliki permasalahan kulit kaki yang berbeda-beda. Ada yang mengalami kulit pecah-pecah, kering, atau baunya tidak sedap. Oleh karena itu, membutuhkan jenis perawatan kaki yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis foot cream berdasarkan kandungan utamanya dan manfaatnya untuk kaki:

Hydrating Foot Cream

Hydrating foot cream merupakan krim khusus kaki yang mengandung pelembap yang dapat membuat kulit lebih lembap dan lembut. Umumnya, krim ini digunakan untuk mengatasi masalah kulit kaki yang kering atau bersisik. Beberapa agen pelembap yang biasanya ada di dalam foot cream, antara lain:

Brightening Cream

Brightening cream pada produk perawatan kaki ditujukan untuk membuat kulit kaki lebih halus sekaligus mencerahkan dan meratakan warna kulit. Foot cream ini biasanya mengandung bahan utama, seperti:

  • Ceramide
  • Kolagen
  • Shea Butter
  • Protein gandum
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Minyak esensial alami

Krim Penghilang Bau Kaki

Umumnya, bau kaki disebabkan oleh bakteri atau jamur yang berkembang biak di kaki. Oleh karena itu, dibutuhkan krim yang dapat menghilangkan bau kaki sekaligus bersifat antibakteri. Krim penghilang bau kaki ini biasanya mengandung bahan utama, seperti:

  • Ekstrak lidah buaya
  • Sage
  • Sirih
  • Minyak kayu putih
  • Aluminium klorida
  • Tawas (aluminium)
  • Sodium salicylate
  • Zinc

Krim Eksfoliasi

Untuk menghaluskan kulit kaki yang kasar dan pecah-pecah, dibutuhkan krim yang mengandung bahan eksfoliasi. Foot cream jenis ini dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus mempercepat regenerasi kulit. Bahan eksfoliasi tersebut, antara lain:

  • AHA
  • Ekstrak portulaca
  • Habbatussauda
  • Bath salt
  • Vitamin C
  • Citric acid

Mengembangkan Produk Perawatan Kaki dengan Maklon Foot Cream

Ketika Smartpreneur berencana mengembangkan produk perawatan kaki yang cocok untuk berbagai jenis kulit orang Indonesia, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih mitra maklon foot cream yang tepat. Indocare B2B adalah salah satu mitra maklon yang bisa Smartpreneur pertimbangkan.

Indocare B2B tidak hanya menyediakan maklon skincare, tetapi juga maklon personal care yang dapat mengembangkan produk foot cream terbaik dengan formula terbaru. Indocare B2B akan membantu Smartpreneur dalam mengatasi seluruh tahapan proses pengembangan produk – mulai dari konsep, formulasi, uji stabilitas dan kompatibilitas, desain produk dan kemasan, registrasi, hingga produksi massal.

 

Ditinjau oleh dr. Raissa Aprilia

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.