Zinc Oxide: Pengertian dan 6 Manfaatnya untuk Kulit

Zinc Oxide: Pengertian dan 6 Manfaatnya untuk Kulit

Zinc oxide adalah kandungan skincare yang paling umum ditemukan pada produk tabir surya. Kandungan ini dapat melindungi kulit secara menyeluruh dari bahaya sinar UV yang dapat menimbulkan kerutan, flek hitam, hingga kanker kulit. Selain tabir surya, apa saja manfaat dan keunggulan seng oksida pada produk lainnya?

Pengertian Zinc Oxide

Zinc oxide (ZnO) adalah senyawa mineral yang sering digunakan pada produk perawatan kulit, produk perawatan bayi, dan produk farmasi. Seng oksida memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba, yang dapat melindungi dan merawat kesehatan kulit. 

Seng oksida tersedia dalam 3 sediaan, meliputi:

  • Krim

Zinc oxide sering ditemukan dalam bentuk krim atau losion. Ini merupakan bentuk yang umum digunakan dalam produk tabir surya dan perawatan kulit.

  • Bedak

Zinc oxide juga digunakan dalam bedak kompak dan bedak tabur. Ini adalah pilihan yang baik untuk produk makeup yang mengandung perlindungan matahari.

  • Salep

Dalam produk perawatan kulit dan farmasi, zinc oxide dapat ditemukan dalam bentuk salep atau krim yang digunakan untuk mengatasi masalah kulit tertentu, seperti iritasi atau luka bakar ringan.

6 Manfaat Zinc Oxide untuk Kulit

Seng oksida memiliki banyak manfaat dan keunggulan untuk menjaga kesehatan kulit, seperti di bawah ini:

Melindungi dari Sinar Matahari

Zinc oxide merupakan bahan utama yang digunakan dalam produk tabir surya, dan ini tidak terjadi tanpa alasan. Seng oksida akan melindungi kulit dari bahaya sinar UV, dengan menciptakan lapisan fisik di atas kulit yang memantulkan atau menyerap sinar matahari. Hal ini akan mencegah sinar UV meresap ke dalam kulit, mengurangi risiko sunburn, penuaan kulit, dan masalah serius seperti kanker kulit.

Mencegah Jerawat

Zinc oxide memiliki sifat antimikroba yang membantu mengatasi dan mencegah jerawat. Sifatnya ini akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi risiko penyumbatan pori-pori, yang merupakan penyebab munculnya jerawat. Oleh karena itu, seng oksida sangat direkomendasikan oleh kulit berjerawat seperti acne-prone.

Mengurangi Peradangan

Zinc oxide juga memiliki sifat antiinflamasi yang meredakan peradangan kulit, seperti sunburn, dan iritasi kulit akibat pemakaian produk perawatan yang kurang tepat. Karenanya, seng oksida juga bisa digunakan pada kulit sensitif.

Studi juga menyebutkan bahwa penggunaan zinc oxide secara topikal terbukti dapat mengurangi peradangan pada dermatitis atopik atau eksem, kondisi yang ditandai dengan penurunan fungsi pelindung kulit, peningkatan stres oksidatif seluler, dan inflamasi yang terjadi akibat bakteri. 

Menyembuhkan Luka

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa seng oksida memiliki sifat antiinflamasi. Sifat ini sangat penting untuk mempercepat penyembuhan luka, dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak, sehingga proses regenerasi kulit menjadi lebih cepat. Oleh karena itu, banyak produk farmasi yang dijual bebas, seperti salep atau krim penyembuh luka yang mengandung zinc oxide

Melindungi Kulit dari Polusi

Dalam lingkungan yang padat penuh dengan polusi dan partikel-partikel berbahaya, kulit sering kali menjadi sasaran paparan yang berpotensi merusak kulit. Polusi udara dapat menimbulkan tanda-tanda penuaan dini, dan iritasi pada kulit. 

Dengan sifat antioksidannya, seng oksida akan membentuk lapisan pelindung pada kulit, sehingga melindungi kulit dari debu, asap kendaraan, dan zat-zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. 

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Zinc oxide bekerja sebagai antioksidan yang efektif dengan menangkap radikal bebas dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh reaksi berantai radikal bebas, seperti kerusakan struktural kulit, penuaan dini, peradangan, hingga peningkatan risiko kanker kulit. 

5 Alasan Zinc Oxide Wajib Menjadi Kandungan Skincare Anda

Mengembangkan produk perawatan dengan kandungan zinc oxide adalah rekomendasi terbaik dari Indocare B2B. Senyawa anorganik ini memiliki prospek yang positif, yang dapat dilihat dari indikator keunggulannya seperti di bawah ini.

Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Senyawa ZnO merupakan pilihan yang sangat cocok untuk semua jenis kulit, termasuk sensitif, berminyak, dan kulit berjerawat. Sifat alami zinc oxide yang lembut menjadikannya bahan yang tidak komedogenik dan tidak menyebabkan iritasi, sehingga aman digunakan pada berbagai jenis kulit, bahkan kulit bayi. 

Perlindungan UV Terbaik

Dibanding kandungan utama sunscreen lainnya, zinc oxide tidak meresap ke dalam lapisan kulit tetapi efektif melindungi kulit dari spektrum lengkap sinar UV, termasuk UVA dan UVB. Zinc oxide akan menciptakan penghalang fisik yang melindungi kulit dari risiko paparan sinar UV berbahaya. 

Formulasi Fleksibel

Seng oksida memungkinkan pelaku usaha untuk mengembangkan beragam jenis produk dengan berbagai sediaan, seperti krim, losion, hingga gel, tanpa mengorbankan efektivitas perlindungan UV. 

Fleksibilitas dalam formulasi memungkinkan Smartpreneur untuk menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan berbagai preferensi dan masalah kulit. Hal ini juga dapat meningkatkan daya saing produk di pasar yang semakin beragam dan kompetitif, sehingga menguntungkan bisnis dengan meningkatkan pangsa pasar dan keuntungan.

Potensi Pasar yang Luas

Indonesia memiliki iklim tropis yang cenderung panas sepanjang tahun, sehingga perlindungan kulit dari paparan sinar UV menjadi penting. Dari remaja hingga orang tua, semua orang membutuhkan tabir surya. 

Pun, sifatnya yang non-komedogenik dan cocok untuk semua jenis kulit juga memungkinkan Smartpreneur untuk menargetkan segmen pasar yang lebih luas. Potensi pasar yang luas ini dapat memperluas jangkauan bisnis, meningkatkan pendapatan, dan mendapatkan kepercayaan konsumen yang berdampak pada pertumbuhan merek secara keseluruhan. 

Dukungan Pasar yang Kuat

Masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya perawatan kulit yang efektif, terutama dalam menghadapi tantangan iklim tropis. Peningkatan kesadaran juga didorong oleh meningkatnya pendapatan per kapita, dan perubahan gaya hidup yang lebih sehat setelah pandemi. 

Zinc oxide memberikan solusi yang komprehensif, membuat produk skincare yang mengandung seng oksida semakin diminati. Tak hanya dari konsumen, pemerintah dan tenaga kesehatan juga ikut mendukung penggunaan produk kecantikan yang multifungsi, yang bisa melindungi kulit dari risiko kanker dan masalah kesehatan lainnya. 

Ciptakan Skincare Anda Sendiri!

Mengembangkan produk skincare berbahan seng oksida menjadi lebih mudah dan efisien dengan bantuan Indocare B2B. Sebagai sebuah manufaktur terkemuka di Indonesia, Indocare B2B telah membuktikan kualitas dan komitmen dalam menghasilkan produk perawatan kecantikan yang berkualitas tinggi. 

Kami memahami pentingnya seng oksida dalam produk skincare, baik dalam hal perlindungan dari sinar matahari maupun manfaat perawatan kulit lainnya. Dengan menggunakan layanan Indocare B2B, Anda dapat mengembangkan merek skincare Anda sendiri dengan formula eksklusif yang mengintegrasikan senyawa anorganik ini dengan riset dan pengembangan inovatif.

Kami menyediakan dukungan penuh, mulai dari penelitian dan pengembangan produk hingga proses produksi yang berkualitas. Ini memberi Anda keunggulan kompetitif dalam pasar yang semakin ketat. Dengan Indocare B2B, Anda dapat memenuhi permintaan konsumen akan produk skincare yang efektif, berkualitas, dan aman. 

Segera wujudkan merek skincare Anda sendiri dan berkolaborasi dengan Indocare B2B untuk menjadikan produk perawatan kulit berbahan zinc oxide sebagai salah satu andalan dalam portofolio merek Anda.

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya