Tips-Bisnis-Marketing

Tips Bisnis Menengah dan Kecil: Marketing

Marketing butuh biaya besar. Apa betul? Lalu bagaimana tips bisnis menengah dan kecil dalam hal marketing? Apa yang bisa dilakukan dengan budget terbatas? Jangan khawatir, semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Begitu juga masalah terbatasnya budget untuk memasarkan produk Anda.

Tips Bisnis 1: Maksimalkan Internet Marketing

Ada dua cara internet marketing yaitu content marketing, dan paid marketing.

  • Content marketing: Kelebihan content marketing hampir tidak adanya biaya media untuk menayangkannya. Konten tersebut dapat digunakan pada akun sosial media, blog perusahaan, serta website resmi perusahaan. Bahkan konten SEO bisa bantu meningkatkan kesempatan website muncul di halaman pertama mesin pencarian.
  • Paid marketing: Kelebihan dari paid marketing ini adalah banyaknya opsi pembayaran, sehingga besar biaya bisa berdasarkan performa. Besar pembayaran paid marketing ini pun secara umum jauh lebih murah ketimbang media konvensional.

Tips Bisnis 2: Co Branding

Definisi Co Branding adalah strategi marketing dan rekanan periklanan antara dua merek dimana kesuksesan salah satu merek akan membawa kesuksesan pada merek rekanannya. Co Branding merupakan cara efektif dan efisien untuk membangun bisnis, meningkatkan awareness, dan mencoba masuk ke pasar yang baru.

Carilah bisnis rekanan yang komplementer dengan bisnis Anda, jangan menjadikan kompetitor Anda menjadi rekanan. Contohnya, seperti Red Bull dengan GoPro dalam kampanye bernama Strator. GoPro memberikan kamera action pada atlet dan petualang untuk merekam aksi-aksi mereka pada event-event yang disponsori oleh Red Bull.

Tips Bisnis 3: Manfaatkan Apa Saja Yang Anda Miliki Untuk Promosi Merek

Contohnya seperti branding kendaraan. Jika bisnis Anda sudah memiliki kendaraan operasional yang secara rutin Anda kemudikan, pertimbangkan untuk menempelkan merek dan logo perusahaan pada mobil operasional tersebut. Pastikan untuk mencantumkan informasi penting dari perusahaan.

Anda juga dapat memasang papan nama perusahaan, jika kantor atau toko berlokasi di pinggir jalan utama. Anda juga dapat memajang program diskon terbaru produk Anda, atau mengumumkan produk terbaru yang Anda jual. Tujuannya agar para pejalan kaki mau berhenti dan mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan Anda. Contoh lainnya adalah membuat seragam pekerja yang dilengkapi logo.

Tips Bisnis 4: Lakukan Kegiatan Public Relation

Salah satu kegiatan public relation yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengundang media-media lokal untuk meliput bisnis Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengirimkan rilis berita kepada kantor-kantor media serta menjaga hubungan dengan para reporter setempat.

Selain dengan pihak media lokal, Anda juga dapat menggunakan jasa social media influencer. Social media influencer adalah seseorang yang punya pengaruh besar di dalam media sosial. Anda bisa menggunakan jasanya untuk mempromosikan produk, jasa atau kampanye marketing yang sedang dilakukan.

Tips Bisnis 5: Meningkatkan loyalitas konsumen

Ada beberapa cara untuk meningkatkan loyalitas konsumen, yaitu:

  • Tingkatkan customer experience. Merupakan interaksi antara perusahaan dan kustomer. Interaksi ini terdiri dari tiga bagian yaitu perjalanan kustomer, titik dimana kustomer mulai berinteraksi dengan merek, dan lingkungan dimana pengalaman dirasakan oleh kustomer (termasuk lingkungan digital). Customer experience yang berarti apa yang dialami kostumer dalam berinteraksi dengan produk itu sesuai dengan apa yang mereka harapkan.
  • Customer Relationship  Management. Kumpulkan data-data pelanggan Anda dan tingkatkan hubungan Anda menggunakan data tersebut. Anda bisa ‘mendekatkan diri’ dengan kustomer dengan mengirimkan email ucapan ulang tahun, hari besar agama, atau hari besar nasional lainnya ke email personal kustomer. Anda pun bisa mengetahui preferensi mereka terhadap produk-produk yang Anda tawarkan.
  • Program Advokasi. Meningkatkan loyalitas konsumen juga bisa dilakukan dengan memperkenalkan program advokasi bagi konsumen. Dalam program ini, konsumen yang memperkenalkan konsumen baru pada bisnis Anda, akan mendapatkan keringan belanja atau diberikan produk gratis.

Saran Dari Para Praktisi

Selain tips-tips diatas, para praktisi marketing juga memberikan beberapa saran untuk memanfaatkan kecilnya budget marketing. Berikut beberapa sarannya:

  • Steve Pritchard, Founder, Cuuver: Jangan ragu untuk membagikan sampel gratis produk Anda. Sampel gratis dapat memberikan konsumen kesempatan untuk merasakan kelebihan produk atau jasa yang Anda pasarkan.
  • Marc Prosser, Co-founder, Fit Small Business: Cek perangkat online Anda. Apakah website resmi Anda sudah diperbarui, dan apakah informasi di dalamnya masih valid.
  • Kasey Bayne, Marketing Consultant, KaseyBayne.com: Kembangkan marketing lewat email. Temukanlah cara agar para konsumen Anda mau mendaftarkan emailnya, bisa melalui penawaran e-book gratis lewat website resmi, atau berlangganan blog resmi perusahaan.
  • Derek Miller, Content Marketing Specialist, CopyPress: Daur dan kemas ulang konten-konten lama Anda. Daur ulang konten lama dapat dilakukan dengan cara memperbarui data dan fakta dalam salah satu konten terpopuler, kemudian publish ulang. Anda juga bisa mengemas ulang konten dengan cara memposting konten sama, namun diubah formatnya.
No Comments

Post A Comment