White Label: Definisi dan Contohnya di Industri Kesehatan

White Label: Definisi dan Contohnya di Industri Kesehatan

Memiliki merek dagang sendiri menjadi hal penting yang wajib dimiliki oleh setiap bisnis, tak terkecuali pada industri kesehatan. Apalagi kini terdapat beberapa kategori merek dagang. Contohnya seperti white label.

Kini, sudah semakin banyak produk-produk kesehatan yang menggunakan merek dagang tersebut. Oleh karena itu, penting bagi Smartpreneur untuk mengetahui definisi dan keunggulan jenis label ini bagi produk bisnis mereka.

Definisi White Label

White label merupakan sebuah istilah yang menggambarkan produk yang dijual oleh retailer menggunakan merek dagang sendiri, tetapi proses produksinya dilakukan oleh pihak ketiga atau perusahaan manufaktur.

Artinya, produsen akan menjual barang atau produk yang sudah jadi kepada retailer tanpa memberikan label merek dagang. Dengan begitu, maka retailer tersebut dapat melabeli produknya sendiri sesuai branding perusahaan masing-masing. Baru setelahnya produk tersebut bisa dijual kembali.

Keunggulan White Label

Kini, produk dengan label putih bisa dengan mudah Anda temukan di bisnis ritel, e-commerce, hingga toko kelontong. Bahkan, sekarang sudah semakin banyak perusahaan farmasi di Indonesia yang bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memproduksi obat-obatan atau alat kesehatan lain.

Namun, sebenarnya apa saja keunggulan white label bagi bisnis di industri kesehatan? Berikut adalah beberapa keunggulannya yang perlu Anda ketahui sebagai Smartpreneur:

Perusahaan Tidak Melakukan Proses Produksi

Keunggulan pertama dari jenis label ini adalah perusahaan Anda tidak perlu melakukan proses produksi sendiri. Sebab, semua proses produksi akan sepenuhnya dilakukan oleh perusahaan manufaktur terkait. Jadi, Anda bisa langsung membeli barang atau produk jadi tersebut dari supplier.

Contohnya, jika Anda membutuhkan obat antibiotik, maka bisa langsung membelinya di perusahaan manufaktur yang memproduksi barang tersebut.

Operasional Bisnis Lebih Efisien

Keunggulan selanjutnya adalah membuat kegiatan operasional menjadi lebih efisien. Sebagai Smartpreneur, Anda cukup memikirkan kegiatan marketing dan distribusi produk hingga sampai ke tangan konsumen. 

Sedangkan untuk proses produksi, semuanya akan diserahkan pada perusahaan manufaktur terkait. Dengan begitu, proses marketing bisnis Anda bisa lebih maksimal.

Harga Pokok yang Lebih Kecil

Daripada membuat produk sendiri, label putih ini akan membuat pengeluaran perusahaan menjadi lebih minim. Hal ini karena harga pokok dalam operasional bisnis yang lebih kecil.

Hal ini dipengaruhi oleh harga produk dari supplier yang biasanya lebih terjangkau dari harga pasaran. Apalagi jika Anda membeli dalam jumlah besar. Dengan begitu, Anda bisa menentukan harga jual produk yang lebih kompetitif dan profitabel. 

Laba yang Lebih Besar

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, perusahaan yang menggunakan label putih ini memang cenderung akan mendapatkan laba yang lebih besar. Hal ini karena harga jual supplier yang murah serta biaya operasional yang minim.

Jadi, tidak heran jika kini mulai banyak perusahaan yang tertarik untuk menggunakan label putih pada produk yang mereka pasarkan.

Contoh White Label di Industri Kesehatan

Adapun contoh white label di industri kesehatan adalah saat perusahaan farmasi A membeli 1.000 pcs vaksin dari perusahaan manufaktur tanpa merek. 

Nantinya, vaksin ini akan dikemas dan dijual kembali secara eceran dengan menggunakan brand atau label dari perusahaan afirmasi A tersebut. Konsep penjualan seperti inilah yang disebut dengan label putih.

Tertarik Menggunakan White Label pada Produk Bisnis Anda?

Jadi, white label merupakan jenis label produk tanpa brand atau polos yang perusahaan manufaktur atau maklon serahkan kepada retailer, agar bisa memasang brand mereka sendiri pada label. 

Jika Anda adalah salah satu Smartpreneur retailer yang sedang mencari perusahaan maklon yang berpengalaman dan terpercaya lebih dari 20 tahun dalam membantu banyak perusahaan untuk memproduksi produk kesehatan seperti suplemen dan vitamin kesehatan, Indocare B2B adalah jawabannya.

Tidak hanya berpengalaman, Indocare B2B pun telah sukses menciptakan dan mengembangkan produk suplemen dan vitamin hingga ke seluruh ASEAN. Karena kualitas produk yang Indocare B2B hasilkan telah tersertifikasi ISO, GMP bertaraf internasional, lolos uji kehalalan MUI, hingga UKAS Quality Management.

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya