Minyak Marula: Diekstraksi dari Mitos demi Perawatan Tubuh

Minyak Marula: Diekstraksi dari Mitos demi Perawatan Tubuh

Minyak marula adalah salah satu jenis minyak esensial yang banyak digunakan pada produk perawatan kulit dan tubuh. Minyak ini memiliki banyak manfaat, termasuk membuat kulit lebih kencang, menghilangkan hiperpigmentasi, dan menjaga kulit dari bahaya radikal bebas. 

Berasal dari Pohon Kehidupan

Minyak marula atau marula oil berasal dari buah marula, yang merupakan tumbuhan asli dari Afrika Selatan. Buah marula (Sclerocarya birrea) adalah buah yang tumbuh dari pohon marula, yang dianggap sakral bagi beberapa suku di Afrika Selatan, seperti suku Bantu. 

Pohon marula juga sering disebut sebagai Tree of Life, dalam beberapa budaya di Afrika, karena hampir semua bagian dari pohon ini digunakan. Buahnya digunakan untuk makanan dan minuman, serta bahan dasar dalam produk kecantikan, sementara kulitnya bisa digunakan untuk pengobatan tradisional. 

Dalam beberapa budaya, buah marula dianggap memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesuburan, sehingga banyak dikonsumsi oleh perempuan yang ingin memiliki anak. Keeratan hubungan antara minyak marula dan perempuan juga bisa dilihat dari fungsi yang ditawarkan minyak marula pada kecantikan wajah dan tubuh perempuan. 

Manfaat Minyak Marula untuk Perawatan Tubuh

Minyak marula adalah salah satu essential oil pendatang baru di industri perawatan kulit dan tubuh di Indonesia. 

Berikut ini adalah manfaat minyak marula yang perlu diketahui untuk perawatan tubuh.

Fatty Acid

  • Oleic Acid: Melembapkan dan menjaga kelembaban kulit, menjaga kulit tetap lembut dan elastis
  • Linoleic Acid: Menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan, cocok untuk kulit sensitif
  • Stearic Acid: Meningkatkan kekenyalan kulit dan melindungi lapisan pelindung kulit

Vitamin

  • Vitamin C: Meningkatkan produksi kolagen sehingga mengurangi garis halus dan kerutan
  • Vitamin E: Melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas sehingga membuat kulit tampak muda karena dapat mengurangi kerutan

Senyawa Bioaktif

  • Sterols: Meredakan iritasi kulit dan membantu memperbaiki kerusakan sel kulit
  • Flavonoid: Memberikan perlindungan antioksidan, melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas
  • Anthocyanin: Memperbaiki peredaran darah dan mengurangi peradangan
  • Procyanidin: Melindungi kolagen dalam kulit dari kerusakan

Manfaat Minyak Marula untuk Wajah

  • Menghidrasi dan memberikan kelembapan intensif untuk kulit wajah, membuatnya tetap segar dan lembut
  • Kandungan antioksidan membantu mengurangi kerutan, garis halus, dan tanda-tanda penuaan pada kulit wajah
  • Membantu mempercepat proses penyembuhan luka kecil dan peradangan pada kulit wajah
  • Dengan meningkatkan elastisitas kulit, marula oil membantu menjadikan kulit wajah tampak lebih kencang

Manfaat Marula Oil untuk Rambut

  • Memberikan efek mengkilau pada rambut secara alami, sehingga rambut tampak lebih sehat dan bersinar
  • Melindungi rambut dari kerusakan akibat alat penata rambut seperti hair dryer atau catokan
  • Melembutkan rambut yang kasar dan susah diatur

Manfaat Marula Oil untuk Tubuh

  • Menutrisi dan melembapkan kulit di seluruh tubuh
  • Meratakan warna kulit dan membuatnya lebih cerah
  • Merawat, melembapkan, dan mencegah kuku kering dan rapuh

Kelebihan Minyak Marula Dibanding Minyak Lainnya

Penggunaan minyak esensial pada produk skincare bukan hal baru lagi. Minyak esensial memiliki efek terapeutik dan kandungan antiinflamasi yang sangat bermanfaat bagi kulit. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan jenis essential oil lainnya, minyak marula memiliki beberapa keunggulan, seperti:

Multifungsi

Minyak marula adalah bahan alami yang multifungsi dalam produk skincare. Minyak ini dapat digunakan dalam berbagai jenis produk seperti pelembap, serum, krim mata, dan produk perawatan rambut. Ini akan mengurangi biaya bahan baku dan pengembangan produk yang berbeda.

Penyerapan Lebih Cepat

Marula oil memiliki konsistensi yang ringan dan dapat menyerap dengan cepat tanpa meninggalkan rasa lengket di kulit. Hal ini membuatnya ideal untuk produk perawatan yang memberikan kelembapan dan nutrisi dalam hitungan detik. 

Sifat Anti-aging

Marula oil adalah agen antipenuaan yang efektif, karena memiliki sifat anti-kolagenase. Kolagenase adalah enzim yang dapat merusak kolagen, protein penting dalam jaringan kulit yang memberikan kekencangan dan elastisitas. Dengan kata lain, anti-kolagenase digunakan untuk mencegah atau mengurangi kerusakan pada kolagen kulit, yang dapat mengakibatkan penuaan kulit, kerutan, dan garis halus.

Dibudidayakan dan Berkelanjutan

Marula oil semakin banyak dibudidayakan secara berkelanjutan. Memiliki rantai pasokan yang berkelanjutan memberikan manfaat jangka panjang bagi bisnis karena memenuhi tuntutan konsumen yang semakin meningkat untuk produk berkelanjutan.

Daya Tarik Ekologi

Minyak marula memiliki cerita ekologis yang kuat. Budi daya dan penggunaannya sering berhubungan dengan program perlindungan alam dan membantu komunitas lokal. Ini memberikan daya tarik tambahan untuk merek yang peduli terhadap lingkungan dan tanggung jawab sosial.

Dengan kelebihan-kelebihan ini, minyak marula adalah pilihan yang menarik bagi bisnis perawatan kulit yang ingin menawarkan produk skincare berkualitas dengan fokus pada keberlanjutan dan manfaat alami.

Rancang Produk Anda Sekarang

Indocare B2B adalah salah satu manufaktur kontrak skincare yang terkemuka di Indonesia, yang memiliki reputasi dalam pengembangan dan produksi produk skincare, terutama berbahan baku minyak marula. 

Dengan dedikasi tinggi terhadap inovasi dan kualitas, Indocare B2B telah memperkuat posisinya sebagai mitra bisnis yang andal bagi berbagai merek skincare yang mencari solusi kustomisasi dan bermutu tinggi. 

Proses produksi mengikuti standar tertinggi dalam industri dan didukung oleh tim ahli yang berpengalaman dalam penelitian dan pengembangan, peraturan perizinan, dan pengolahan minyak marula yang berkualitas. 

Sebagai solusi bisnis yang komprehensif, Indocare B2B menawarkan pengalaman bekerja sama yang inklusif, dari konsep awal produk hingga pengantaran produk jadi, memungkinkan merek skincare untuk memanfaatkan manfaat minyak marula dalam portofolio produk mereka.

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari

 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya