Awas, Kandungan Skincare Ini Tidak Boleh Dicampur!

Awas, Kandungan Skincare Ini Tidak Boleh Dicampur!

Semua orang ingin punya kulit sehat, bersih, dan bersinar, dan banyak yang mengandalkan skincare untuk mendapatkannya. Namun ternyata tidak semua jenis skincare bisa dipakai secara bersamaan. Di sini kamu akan menemukan informasi waktu terbaik penggunaan skincare dan kombinasi kandungan skincare yang tidak boleh dicampur.

Jangan pakai 5 kandungan skincare ini bersamaan!

1.Retinol dan Vitamin C

Retinol atau retinoid adalah turunan dari vitamin A yang banyak ditemui pada produk skincare. Kandungan ini berfungsi untuk mengatasi tanda-tanda penuaan seperti kerutan, flek atau bintik hitam, hiperpigmentasi, dan tanda-tanda lainnya. Kandungan ini cukup berat sehingga tidak direkomendasikan untuk segala usia. 

Nah, sebelum membeli produk retinol kamu harus tahu bahwa tidak semua produk skincare cocok jika dikombinasikan dengan produk anti-aging ini, contohnya vitamin C. Vitamin C adalah produk yang mampu mencerahkan kulit dan merawat kulit kusam, dan sifatnya pun cukup kuat sehingga tidak direkomendasikan digunakan bersamaan dengan retinol atau retinoid. Jika retinol dan vitamin C digabungkan, mereka dapat mengakibatkan iritasi, kemerahan, dan membuat kulit jadi lebih sensitif. 

2. Retinol dan kandungan yang bersifat asam

Selain vitamin C, retinol juga tidak direkomendasikan dengan kandungan yang bersifat asam seperti alpha-hydroxy acid (AHA), beta-hydroxy acid (BHA), glycolic acid, dan salicylic acid. Karena sifat eksfoliasinya, jika kandungan yang bersifat asam digunakan bersamaan dengan retinol, maka dapat menyebabkan over-eksfoliasi, kekeringan, kemerahan, iritasi, dan rasa gatal. 

3. Niacinamide dan Vitamin C

Niacinamide adalah kandungan populer yang membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi tampilan pori-pori besar sementara vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang dapat mencerahkan warna kulit seperti hiperpigmentasi. Karena sama-sama bekerja sebagai eksfoliator, kamu tidak seharusnya menggunakan niacinamide dan vitamin C bersamaan karena dapat membuat iritasi dan membuat manfaat kandungannya hilang. 

4. Benzoyl Peroxide dan Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Benzoyl peroxide adalah kandungan kuat untuk mengatasi jerawat sedangkan AHA membantu mengeksfoliasi kulit. Jika digunakan secara bersamaan, kulit akan menjadi sangat kering dan rentan iritasi terutama pada kulit sensitif dan kering. 

5. Salicylic Acid dan Glycolic Acid

Tidak seperti AHA dan BHA yang bisa digabungkan meski sama-sama bersifat asam, salicylic acid dan glycolic acid tidak direkomendasikan untuk digunakan bersamaan. Kedua kandungan ini bekerja sebagai agen eksfoliator yang membantu membersihkan pori-pori dan memperbaiki tekstur kulit. Jika digunakan bersama, mereka dapat membuat kulit kamu menjadi over-eksfoliasi sehingga kulit menjadi semakin kering dan kemerahan. 

Tips memilih kandungan skincare

Sebelum menggunakan kandungan skincare, kamu harus paham kondisi kulit kamu sendiri karena tidak semua kandungan skincare cocok untuk semua orang. Nah, sebelum memilih kandungan skincare yang cocok dan tidak mengiritasi kulit, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. 

  • Apa jenis kulitmu?

Mengetahui jenis kulit adalah langkah awal memulai perjalanan skincare kamu. Beberapa kandungan skincare tidak diciptakan untuk jenis kulit tertentu, contohnya kandungan oil seperti olive oil dan mineral oil untuk kulit berminyak karena akan membuat kulit menjadi lebih berminyak.

  • Apa tujuan kamu?

Apakah itu untuk menghilangkan jerawat, membuat kulit tampak lebih muda, atau memperkecil tampilan pori-pori? Kamu bisa fokus di tujuan skincare kamu karena akan lebih mudah dalam memilih kandungan yang kamu inginkan. 

  • Jangan terburu-buru

Jika ingin menggunakan produk skincare baru (terutama lebih dari satu produk), jangan menggunakannya secara bersamaan. Berilah jeda dua atau tiga hari di setiap penggunaan produk skincare yang baru untuk membuat kulit beradaptasi. Cara ini juga penting untuk mengetahui apakah kandungan tersebut membuat iritasi atau sebaliknya. 

Jadi Smartpreneur di Industri Skincare

Tertarik di dunia skincare? Berani menyebut diri kamu skincare guru? 

Kamu bisa manfaatkan pengetahuan dan keahlian kamu menjadi lebih profitable lho. Bikin produk skincare merek kamu sendiri dengan kandungan terbaik dari rekomendasi para ahli. Jadi Smartpreneur sekarang dengan produksi terjamin di Indocare B2B, perusahaan manufaktur kontrak yang telah berdiri sejak 1988 di bawah PT. Indocare Citrapasific

Indocare B2B akan menemani kamu dari pematangan konsep, formulasi, sampling, hingga produk berhasil diproduksi dan siap dipasarkan. 

Konsultasi hari ini GRATIS. Klik di sini, atau klik bar hijau di sebelah kanan layar komputer kamu. 


Share this article


Berikan Komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Please fill in your information and chat with me

    YesNo
    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    Silakan isi informasi Anda dan chat dengan saya

      YesNo
      This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.